Sukses

Asupan Tidak Sehat Ini Bikin Anda Cepat Mati!

Hati-hati, cita-cita Anda untuk memiliki umur panjang bisa sirna gara-gara konsumsi asupan tidak sehat berikut ini.

Setiap orang ingin memiliki umur panjang dan kesehatan yang baik. Sayangnya, sering kali hal ini menjadi sulit diwujudkan karena lebih banyak orang yang memilih makanan enak ketimbang sehat.

Hasilnya, tidak sedikit orang yang terkena penyakit kronis meskipun masih terbilang muda. Contoh penyakit kronis ini adalah penyakit jantung, hipertensi, diabetes, hingga kanker.

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang bisa berisiko mempercepat kematian:

1. Makanan Tinggi Garam

Banyak yang merasa makanan hambar tanpa garam tidak nikmat. Oleh sebab itu, kebiasaan makan dengan tambahan garam menjadi sukar dihilangkan.

Namun, konsumsi makanan tinggi garam tidak baik untuk kesehatan Anda sehingga menjadi makanan yang bisa mempercepat kematian.

Makanan dengan kandungan garam tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, stroke, bahkan kanker lambung. Selain itu, makanan tinggi garam dapat mempercepat proses penuaan sel-sel tubuh.

Artikel Lainnya: 5 Aktivitas di Bawah 10 Menit yang Bikin Panjang Umur

1 dari 4 halaman

2. Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Makanan tinggi garam termasuk makanan yang mematikan, begitu juga makanan dan minuman yang tinggi gula. Hal ini karena konsumsi gula terlalu banyak dapat meningkatkan risiko diabetes.

Penelitian yang ada menunjukkan, orang dewasa yang minum 700 ml minuman manis setiap hari berisiko dua kali lipat untuk meninggal akibat penyakit arteri koroner dibandingkan dengan yang tidak minum.

3. Makanan Tinggi Lemak Jahat

Anda gemar makanan tinggi lemak jahat seperti gorengan, piza, keripik, dan daging merah berlemak? Jika ya, Anda sebaiknya berhati-hati. Sebab, makanan jenis ini termasuk makanan yang bisa mempercepat kematian.

Konsumsi makanan tinggi lemak jahat secara berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Jadi, mulai sekarang hindarilah makanan-makanan tersebut, khususnya yang digoreng dengan teknik deep fried.

4. Makanan yang Dibakar

Makanan yang dibakar atau dipanggang mengandung karsinogenik yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, makanan yang diproses dengan cara ini termasuk makanan yang berisiko membuat Anda cepat mati.

Artikel Lainnya: Ikigai, Resep Panjang Umur Penduduk Okinawa

Daging yang dibakar pada suhu tinggi akan membuat zat penyebab kanker muncul. Meskipun setiap orang memiliki ketahan tubuh yang berbeda, umumnya penderita kanker akan memiliki usia harapan hidup yang lebih pendek.

2 dari 4 halaman

5. Daging Olahan Berpengawet

Banyak orang yang menyukai daging olahan seperti sosis, kornet, dan smoked beef. Selain karena rasanya enak, daging olahan juga mudah untuk dihidangkan.

Namun, hindarilah mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, daging olahan berpengawet merupakan kombinasi makanan yang menyebabkan kematian dan berkaitan dengan risiko kematian dini.

6. Ikan Fugu

Ikan fugu yang terkenal di Korea Selatan dan Jepang adalah salah satu makanan yang bisa mempercepat kematian.

Ikan fugu memiliki racun (tetrodotoxin) pada kulit dan organ mereka. Tetrodotoxin ini dianggap 1.200 kali lebih beracun dibandingkan dengan sianida. Bahkan, satu ikan fugu mengandung banyak racun yang dapat membunuh 30 orang dewasa.

Jadi, berhati-hatilah bila ingin mengonsumsinya. Diperlukan sertifikat khusus untuk dapat mengolah ikan fugu dengan benar.

7. Gurita Hidup

Gurita hidup mungkin tampak menjijikan bagi sebagian orang. Namun, tidak sedikit orang yang menyukainya juga.

Artikel Lainnya: Benarkah Orang yang Suka Makan Cabai Berumur Panjang?

Sayangnya, gurita hidup dapat meningkatkan risiko kematian. Gurita ini biasa disajikan masih menggeliat. Bila gurita ini menyangkut di tenggorokan Anda, bisa saja Anda mengalami kesulitan bernapas.

3 dari 4 halaman

8. Almond Mentah

Kacang yang banyak digunakan sebagai bahan makanan penutup ini ternyata mengandung sianida bila dimakan mentah. Oleh karena itu, almond mentah adalah salah satu makanan yang bisa bikin mati!

Berhati-hatilah jika memakan almond yang masih mentah dan periksalah kemasannya sebelum mengonsumsinya.

9. Ceri

Ceri yang memiliki rasa manis ternyata termasuk makanan mematikan.

Pada bijinya terkandung senyawa hidrogen sianida yang dapat berbahaya. Senyawa ini bisa membuat Anda menjadi sakit jika Anda memakan bijinya yang rusak.

10. Apel

Ternyata biji apel sama berbahayanya dengan biji ceri. Sama-sama mengandung sianida, buah apel dapat menyebabkan kelumpuhan, gagal jantung, bahkan kematian.

Namun, jangan khawatir karena efek fatal ini dapat terjadi jika Anda memakan sekitar 200 biji apel.

Beberapa jenis makanan dan minuman tertentu dapat membuat Anda berumur lebih pendek. Jadi, sebisa mungkin hindari atau batasi konsumsinya. Perbanyaklah mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi dan berolahraga teratur untuk menjaga kesehatan Anda.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda kepada dokter melalui layanan Live Chat dari aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar