Sukses

Ini Dia Resolusi Sehat Tahunan yang Layak Anda Coba

Jika Anda belum menjalankan pola hidup sehat, tahun 2019 cobalah untuk memulainya. Jadikan resolusi sehat ini sebagai panduan.

Klikdokter.com, Jakarta Tahun yang baru seharusnya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya mengenai pencapaian diri, tapi juga dalam hal kesehatan. Jika selama tahun 2018 Anda belum berhasil menerapkan pola hidup sehat, cobalah untuk memulainya tahun 2019. Ada beberapa resolusi sehat yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi.

Memang, menetapkan resolusi itu lebih mudah daripada merealisasikannya. Namun, ada saran dari dr. Vito A. Damay, SpJP(K), FIHA, FICA, dari KlikDokter.

“Tuliskan resolusi kesehatan Anda dengan tulisan tangan yang jelas. Taruh tulisan tersebut di depan cermin kamar mandi, di depan pintu kamar, atau mungkin di langit-langit atas tempat tidur. Dengan begini, Anda akan melihat dan teringat resolusi tersebut, dan terus termotivasi untuk melakukannya,” ujar dr. Vito.

Sebelum mencatat resolusi Anda, mungkin Anda juga perlu mencatat resolusi yang dilansir dari TIME berikut ini - yang tentunya juga diamini banyak ahli kesehatan - ini sebagai tambahan.

1. Lebih aktif secara fisik

Kebanyakan orang tak mengindahkan rekomendasi untuk berolahraga secara rutin, yaitu 150 menit olahraga intensitas moderat atau 75 menit olahraga aerobik intensitas tinggi per minggu, plus latihan kekuatan otot dua kali seminggu.

Kabar baiknya, mencapai rekomendasi latihan fisik tersebut tak sesulit yang dibayangkan. Aktivitas sehari-hari seperti berjalan, bersih-bersih rumah, menari, atau naik turun tangga bisa berperan besar, sehingga ini bisa menjadi solusi.

2. Ketahui tekanan darah Anda

Tekanan darah tinggi dikaitkan dengan meningkatnya risiko stroke dan penyakit jantung. Karenanya, penting untuk selalu mengecek tekanan darah Anda. Menjaga tekanan darah lewat pola makan yang tepat, olahraga rutin, serta mengelola stres dengan baik dapat menjadi strategi mengontrol tekanan darah.

3. Kurangi konsumsi makanan olahan

Konsumsi terlalu banyak makanan olahan, yang umumnya tinggi gula, garam, lemak, dan bahan kimia, dihubungkan dengan banyak gangguan kesehatan. Mulai dari diabetes tipe 2 hingga kanker.

Sebagai permulaan yang baik, ganti minuman bersoda atau minuman manis lainnya dengan air putih. Daripada membeli makanan olahan, membuat sendiri makanan Anda dengan menggunakan sumber alami dan protein nabati juga strategi jitu.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Batasi minum minuman alkohol, atau hentikan sama sekali

Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan wanita untuk minum tak lebih dari satu gelas, sedangkan untuk pria tak lebih dari dua gelas. Jika dikonsumsi lebih dari itu atau dikonsumsi berlebihan, banyak penelitian yang menyebut adanya risiko gangguan kesehatan seperti penurunan fungsi kognitif hingga kanker.

Anda bisa mencoba strategi Dry January, dimana Anda berhenti mengonsumsi alkohol selama sebulan penuh. Penerapannya bisa membantu Anda mengotrol kebiasaan minum alkohol. Namun, jika Anda bermasalah dalam mengendalikannya, bisa jadi Anda membutuhkan bantuan tenaga ahli seperti konsultasi dengan psikolog atau psikiater.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok tak hanya membuat Anda berisiko terkena kanker paru, tapi juga dikaitkan dengan kondisi lainnya seperti penyakit jantung dan jenis kanker lainnya. Untuk beberapa orang, berhenti merokok memang tidak mudah. Namun pengganti nikotin seperti patch nikotin atau permen karet nikotin bisa membantu. Berhenti secara perlahan dengan perencanaan dan motivasi yang kuat juga bisa efektif.

6. Mengelola stres dengan lebih baik

Pada level rendah, stres bisa baik. Namun, stres kronis dapat mengancam kesehatan fisik, mental, dan kognitif. Oleh karena itu, kemampuan mengelola stres dengan baik harus Anda miliki.

Kemampuan mengelola stres pada tiap orang bisa berbeda-beda. Namun, ada penelitian yang menyatakan bahwa aktivitas yang menimbulkan respons relaksasi, seperti yoga, meditasi, bahkan berdoa, dapat membantu. Tak hanya itu, olahraga juga diketahui ampuh usir stres.

7. Vaksinasi

Vaksinasi adalah salah satu cara efektif untuk mencegah penyakit, mulai dari flu hingga campak. Dengan turunnya risiko jatuh sakit, Anda juga bisa menurunkan risiko penularan penyakit ke orang lain, sehingga populasi pun menjadi lebih sehat. Cek dengan dokter, apa saja vaksin untuk Anda dan keluarga yang dibutuhkan sesuai kondisi dan kebutuhan.

Sudah mencatat poin-poin di atas sebagai resolusi sehat Anda? Jangan hanya untuk tahun 2019, upayakan untuk menjadikannya kebiasaan yang berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya. Demi kehidupan yang lebih sehat, sebaiknya jalankan resolusi tersebut sejak sekarang.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar