Sukses

Trik Atasi Hangover Usai Pesta Tahun Baru

Usai pesta Tahun Baru Anda mengalami hangover? Atasi kondisi pengar tersebut dengan beberapa cara di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam merayakan pergantian tahun. Ada yang berpesta di malam Tahun Baru, mengadakan barbeque di rumah, menonton acara Tahun Baru di televisi, atau tidur seperti biasanya. Apa pun yang Anda lakukan di malam pergantian tahun, tentu kembali pada kebiasaan masing-masing. Namun, usai pesta Tahun Baru hingga larut malam, Anda sering kali mengalami hangover atau pengar keesokan harinya karena banyak mengonsumsi alkohol.

Hangover merupakan kumpulan gejala (yang membuat tidak nyaman) yang terjadi setelah seseorang minum alkohol dalam jumlah yang banyak. Gejala hangover atau pengar biasanya muncul saat kadar alkohol di dalam darah turun drastis. Biasanya gejala ini dirasakan di pagi hari, saat terlalu banyak mengonsumsi alkohol di malam hari.

Bergantung dari minuman apa yang Anda konsumsi dan jumlahnya, biasanya gejala yang timbul antara lain kelelahan, lemah, haus berlebih, mulut kering, nyeri kepala, nyeri otot, mual, muntah, nyeri perut, pusing berputar, gemetar, tidak dapat berkosentrasi, gangguan mood (cemas, mudah tersinggung), berdebar, dan lebih sensitif terhadap cahaya atau suara.

Jika Anda mengalami gejala-gejala hangover tersebut, atasi dengan cara ini:

  • Batasi jumlah alkohol yang Anda konsumsi

Cara paling mudah untuk mengurangi gejala hangover adalah mengurangi jumlah alkohol yang Anda konsumsi. Tingkat keparahan gejala hangover akan semakin tinggi bersamaan dengan makin meningkatnya jumlah alkohol yang Anda konsumsi.

Banyak faktor yang berperan dalam terjadinya hangover. Mulai dari berat badan, gender, makanan terakhir yang Anda konsumsi, jenis alkohol yang diminum, dan kecepatan minum alkohol dapat mempengaruhi kadar alkohol di dalam darah.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Current Drug Abuse Reviews, beberapa individu dapat mengalami hangover setelah minum 2 - 3 gelas, sedangkan orang lain membutuhkan jumlah lebih banyak. Bahkan sekitar 23 persen peminum tidak mengalami hangover sama sekali.

  • Hindari minuman dengan zat congener tinggi

Pada industri minuman beralkohol, congener merupakan zat toksik yang terbentuk dalam jumlah kecil pada proses fermentasi. Seperti dilansir jurnal Alcoholism: Clinical and Experimental Research, mengonsumsi minuman dengan kadar zat congener tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya hangover dan tingkat keparahan hangover.

Congener juga dapat memperlambat metabolisme alkohol di dalam tubuh, sehingga durasi terjadinya gejala lebih lama. Minuman dengan kandungan congener yang tinggi, antara lain tequila, whiskey dan cognac. Studi tersebut menyebutkan bahwa bourbon whiskey mengandung kadar tertinggi.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Sarapan dengan menu sehat

Sarapan dengan menu sehat merupakan salah satu cara mengatasi hangover. Dengan sarapan, kadar gula darah Anda akan terjaga stabil. Karena kadar gula darah yang rendah dapat memperparah gejala hangover seperti mual, lemah, dan lelah.

Penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Investigation menyebutkan bahwa menjaga kadar gula darah stabil dapat memengaruhi metabolisme alkohol di dalam tubuh dan mengurangi risiko hangover. Oatmeal, jus buah, telur dadar, atau salmon dapat menjadi beberapa pilihan sarapan Anda.

  • Tidur cukup

Alkohol dapat menurunkan kualitas dan durasi tidur Anda. Meski kurang tidur tidak dapat menyebabkan hangover, tapi bisa memperparah gejala hangover yang Anda alami. Kelelahan, nyeri kepala, dan gelisah merupakan beberapa gejala hangover yang bisa terjadi karena kurang tidur. Tidur yang cukup akan membuat tubuh Anda memulihkan diri serta dapat mengurangi gejala hangover yang Anda alami.

  • Cukup minum air putih

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan Anda berisiko mengalami dehidrasi. Bagaimana caranya? Di dalam tubuh Anda, alkohol dapat menurunkan produksi hormon anti-diuretik (ADH) yang diperlukan tubuh untuk menyerap air. Dengan kadar hormon anti-diuretik yang rendah, tubuh Anda akan kehilangan cairan lebih banyak melalui urine.

Hal ini tentu akan membuat Anda rentan mengalami dehidrasi. Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebih juga dapat merangsang Anda untuk muntah-muntah. Kondisi ini akan membuat Anda kehilangan banyak cairan dan dapat menyebabkan dehidrasi. Jadi pastikan Anda cukup minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya.

Trik di atas bisa Anda lakukan untuk atasi hangover usai pesta Tahun Baru. Namun konsumsi alkohol - dalam jumlah sedikit atau banyak - tidaklah baik untuk tubuh. Jika alkohol dikonsumsi berlebihan, dapat berpotensi menyebabkan hangover. Dalam jangka panjang, konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya berbagai risiko penyakit dan kematian.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar