Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jelang Tahun Baru, Ini Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Hangover

Jelang Tahun Baru, Ini Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Hangover

Hangover usai pesta tahun baru bisa mengganggu aktivitas. Tenang, Anda bisa mencoba beberapa makanan ini untuk menghilangkan hangover.

Banyak orang yang merayakan tahun baru sembari ditemani minuman beralkohol. Tak jarang pula ada yang meminumnya berlebihan hingga mabuk, sehingga hangover saat bangun pagi. Untuk mengusirnya, ada beberapa pilihan makanan untuk hangover yang bisa dikonsumsi. Apa saja?

Hangover adalah sekumpulan gejala yang umum terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Gejala yang timbul bisa bervariasi, seperti sakit kepala, badan lemas, dan iritabilitas. Mual dan terus-menerus merasa haus juga umum dialami.

Tingkat keparahan gejala umum berkorelasi dengan seberapa banyak alkohol yang dikonsumsi pada malam sebelumnya.

Biasanya, hangover bisa hilang sendiri setelah cukup istirahat. Namun, gejala-gejalanya tetap bisa mengganggu aktivitas. Jangan sampai hangover mengganggu hari pertama di tahun baru. Segera atasi dengan mengonsumsi makanan ini.

1 dari 5 halaman

1. Telur

Minuman beralkohol dapat mengurangi jumlah antioksidan glutation di dalam tubuh. Bila kadarnya berkurang, jantung akan berdebar-debar dan mulut menjadi kering. Kabar baiknya, telur kaya akan sistein, yakni asam amino yang digunakan tubuh untuk menghasilkan glutation.

Telur adalah sumber taurin dan asam amino sistein yang berperan membantu kerja hati. Sistein bekerja memecah asetaldehida,  senyawa sisa etanol yang diproses organ hati.

Asetaldehida ini yang memicu sakit kepala ketika hangover terjadi. Sementara itu, taurin bisa meningkatkan kerja hati serta mencegah penyakit hati. Seperti diketahui, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan berisiko penyakit hati.

2. Alpukat

Minuman beralkohol memiliki efek diuretik, sehingga membuat tubuh kehilangan elektrolit. Salah satu elektrolit atau ion dalam tubuh yang dapat mengalami penurunan adalah kalium.

Konsumsi alpukat dapat memberikan tubuh asupan kalium yang dibutuhkan tubuh. Bahkan, para peneliti di Jepang telah menemukan lima senyawa dalam alpukat yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan organ hati.

Artikel lainnya: Air Kelapa dalam Cocktail Bermanfaat Kurangi Mabuk!

2 dari 5 halaman

3. Bubur atau Oatmeal

Ingin sesuatu makanan penghilang hangover yang biasa disajikan di pagi hari? Bubur adalah jawabannya! Namun, untuk menghilangkan efek mabuk, bubur yang disarankan adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya oatmeal.

Oatmeal bisa melepaskan gula secara lambat dan stabil. Efeknya, suasana hati bisa meningkat sekaligus mengurangi rasa lelah berlebih.

Sebagai bonus, serat larut dalam oatmeal dapat menurunkan penyerapan kolesterol jahat bila pada pesta tahun baru semalam Anda makan banyak makanan berlemak.

4. Roti Gandum Panggang dengan Madu

Menurut Royal Society of Chemistry, mengolesi roti gandum panggang dengan madu saat sarapan dapat memberikan asupan natrium, kalium, dan fruktosa untuk mengembalikan kondisi tubuh saat hangover.

Menurut sebuah studi dari Delta State University, Amerika Serikat (AS), madu dapat mempercepat proses eliminasi alkohol dari tubuh sebanyak 32 persen.

5. Pisang

Pisang adalah buah kaya kandungan kalium. Itu sebabnya, buah ini sangat baik dalam menggantikan kalium yang hilang dari tubuh akibat efek diuretik, yaitu meningkatnya frekuensi buang air kecil akibat alkohol.

Agar lebih menggugah selera, lebih disarankan untuk mencampurkan pisang, dengan yoghurt ataupun buah lainnya untuk dijadikan smoothie.

Artikel lainnya: Muntah Darah setelah Mabuk Alkohol, Apa Penyebabnya?

3 dari 5 halaman

6. Semangka

Makanan untuk menghilangkan hangover berikutnya adalah semangka. Bila salah satu gejala hangover yang dirasakan adalah sakit kepala, itu berarti terjadi penurunan aliran darah ke otak. 

Nah, dengan makan semangka yang kaya akan L-citrulline, aliran darah dapat meningkat, sehingga nyeri kepala bisa berkurang.

7. Sup Ayam

Sebuah penelitian dari Universitas Negeri Iowa, AS, mengungkapkan, kaldu dari sup ayam lebih efektif menghidrasi daripada air putih dan ataupun minuman olahraga.

Tak hanya sup ayam, sup daging, soto, mi rebus, atau makanan berkuah hangat lainnya juga bisa digunakan sebagai pengusir hangover. Selain lezat, sup dapat memasok kebutuhan natrium dan cairan dalam tubuh.

8. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, sehingga bisa mempercepat proses metabolisme alkohol dengan mempertahankan glutation. Agar hasilnya maksimal, jangan menjadikannya jus. Kupas kulitnya dan makan langsung.

Hindari minum jus jeruk dalam kemasan yang sudah ditambahkan pemanis buatan, karena itu dapat meningkatkan kadar gula darah.

Artikel lainnya: Waspadai Penyakit Akibat Sering Minum Alkohol di Masa Muda

4 dari 5 halaman

9. Ubi

Setelah menenggak minuman beralkohol dalam jumlah banyak, Anda akan kehilangan cadangan vitamin A dalam tubuh. Padahal, vitamin A berfungsi untuk memerangi peradangan dan memelihara sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengatasinya, konsumsilah ubi jalar karena tinggi akan vitamin A. Selain dikukus, Anda juga bisa memanggangnya.

10. Air kelapa

Air kelapa mengandung natrium, kalium, dan elektrolit lainnya. Itu semua akan membantu mengisi dan memulihkan tubuh sambil menghilangkan dahaga.

Satu penelitian di Malaysia menemukan, air kelapa sama efektifnya dengan minuman olahraga untuk rehidrasi. Air kelapa tidak menimbulkan efek samping mual atau sakit perut.

11. Makanan Berprotein

Setelah konsumsi lemak, gula, atau alkohol yang berlebih saat perayaan tahun baru, tubuh niscaya akan bekerja ekstra keras untuk kembali ke kondisi normal.

Nah, Anda dapat membantu proses tersebut dengan menambah asupan tinggi protein. Akan tetapi, perlu diingat, efek alkohol dapat menghambat kerja tubuh dalam mencerna protein. Itu sebabnya, Anda disarankan untuk makan dalam porsi sedikit, tapi sering.

Itu dia berbagai menu makanan untuk hangover pasca-pesta tahun baru. Selain itu, Anda juga bisa meredakannya dengan mencukupi cairan tubuh, tidur, dan olahraga. 

Daripada harus mengobati, lebih baik mencegahnya dengan membatasi jumlah alkohol yang dikonsumsi. Hindari minuman yang mengandung zat congener tinggi, seperti tequila, wiski, dan cognac.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter seputar masalah kesehatan lainnya melalui layanan Live Chat dari Klikdokter

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar