Sukses

4 Manfaat Olahraga TRX bagi Tubuh

Olahraga TRX bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin langsing dan memiliki otot kuat.

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin pernah melihat tali-tali yang bergelantungan di tempat gym. Kemungkinan besar itu adalah peralatan olahraga TRX (Total Body Resistance Exercise). Dipopulerkan oleh mantan tentara Angkatan Laut AS Randy Hetrick, TRX merupakan metode latihan yang melibatkan bobot tubuh, gaya gravitasi, dan  resistensi sembari menggunakan tali khusus. 

Olahraga TRX dinilai dapat membentuk kekuatan, keseimbangan, koordinasi, fleksibilitas, serta stabilitas sendi dan otot-otot core. Apa saja manfaat yang didapat jika seseorang rutin melakukan TRX?

  1. Total body workout (melatih tubuh secara keseluruhan)

Anda ingin membentuk otot, menurunkan berat badan, melatih fleksibilitas, atau meningkatkan ketahanan? TRX dapat menjadi latihan yang tepat untuk Anda. Sebuah studi yang dilakukan The American Council on Exercise pada 16 pria dan wanita yang sehat (antara usia 21-71 tahun), mencoba menelaah dampak jangka panjang dari latihan TRX ini.

Hasilnya, responden yang melakukan latihan TRX sebanyak 3 kali seminggu selama 8 minggu mengalami peningkatan kekuatan otot, penurunan berat badan, tekanan darah stabil pada level yang normal, dan penurunan risiko penyakit jantung.

  1. Menurunkan berat badan

TRX kini menjadi pilihan latihan yang populer untuk menurunkan berat badan. Bergantung dari jenis latihan dan kondisi tubuh Anda, pada umumnya dalam 1 sesi (60 menit) latihan TRX Anda bisa membakar hingga 400 kalori. Selain bisa menurunkan berat badan, TRX juga dapat menurunkan lingkar pinggang serta persentase lemak tubuh Anda.

  1. Membentuk otot

Bagi Anda yang ingin membentuk otot, latihan TRX bisa menjadi pilihan. Otot Anda akan terbentuk karena adanya beban tertentu yang diaplikasikan pada otot, sehingga sejumlah reaksi seperti penebalan massa otot dan jumlah serat otot akan terbentuk.

Kunci dari pembentukan otot adalah beban yang diaplikasikan pada otot harus cukup signifikan sehingga otot dapat beradaptasi. Menurut penelitian, latihan TRX (jika dilakukan dengan tepat) dapat lebih meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas otot, dan ketahanan otot bila dibandingkan dengan latihan otot konvensional.

  1. Bermanfaat untuk semua level fitness (mulai dari atlet profesional hingga orang lanjut usia)

Salah satu kelebihan latihan TRX adalah Anda dapat memodifikasi intensitas dari sesi latihan hanya dengan mengubah posisi tubuh. Pengubahan posisi tubuh tersebut dapat menambah atau mengurangi resistensi otot Anda karena latihan TRX kebanyakan mengandalkan bobot tubuh dan gaya gravitasi. Sehingga, latihan TRX dapat dilakukan mulai dari level amatir hingga atlet profesional.

Anda pun dapat mengontrol sendiri intensitas latihan. Selain itu, latihan TRX juga dapat dilakukan di mana saja, mulai dari di rumah, tempat kerja, ataupun saat Anda pergi liburan. Anda hanya perlu membawa perangkat tali khusus TRX yang bisa dikaitkan di mana pun.

Olahraga TRX dapat memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Namun untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal, Anda perlu melakukan latihan minimal 3 kali setiap minggunya, selama 60 menit per sesi. Sebelum memulai latihan TRX ataupun latihan baru lainnya, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kedokteran olahraga untuk menentukan jenis serta latihan yang tepat bagi kondisi Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar