Kesehatan Mental

Jangan Memulai Tahun Baru dengan Cara Buruk Ini

dr. Nadia Octavia, 01 Jan 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahun baru menjadi kesempatan untuk hidup baru dan memulai semuanya dengan lebih baik lagi. Berikut kebiasaan yang harus ditinggalkan di awal tahun baru.

Jangan Memulai Tahun Baru dengan Cara Buruk Ini

Memulai tahun yang baru merupakan momen untuk refleksi diri dan memperbaiki diri agar lebih baik lagi di tahun berikutnya. Sebagian orang pun seringkali membuat resolusi tahun baru yang berisi cita-cita dan harapan untuk tujuan yang lebih baik.

Salah satunya adalah menghindari kebiasaan buruk tahun baru yang sadar maupun tidak dilakukan. Apa saja kebiasaan buruk yang harus dikurangi saat tahun baru? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Terlibat atau Memicu Pertengkaran

Ya, ini merupakan salah satu kebiasaan buruk saat tahun baru. Apalagi, ketika kamu bertengkar dengan orang terdekat, seperti orang tua, sahabat, atasan, teman satu tim, ataupun pasangan.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari percakapan atau tindakan yang terbilang sensitif, serta tekan ego mau menang sendiri.

Pertengkaran di awal tahun hanya akan memengaruhi perjalanan hidup kamu selama setahun ke depan kelabu dan itu pasti akan membuat kamu tidak nyaman.

Pertengkaran juga bisa mengganggu fisik kamu. Beberapa gangguan kesehatan yang bisa kamu alami akibat pertengkaran adalah sakit kepala, sesak napas, sakit perut, hingga yang terburuk, serangan jantung.

2. Belanja Berlebihan

Diskon akhir tahun memang sangat menggiurkan. Kondisi ini sering membuat orang kalap berbelanja. Alhasil, bukannya tahun depan kamu menabung pundi-pundi, malah disibukkan dengan pembayaran cicilan yang bikin kamu kere setiap bulannya.

Lagi pula, dililit banyak utang bisa membuat kamu stres berat. Bukan tak mungkin, hal itu berujung pada gangguan kecemasan. Sayang sekali kan, kalau kamu mengalami hal tersebut hanya karena kalap berbelanja?

3. Tidak Membersihkan Kulkas

Membersihkan kulkas, selain berguna untuk menjaga kebersihan kulkas, akan “memaksa” kamu untuk menyortir makanan dan minuman yang sudah tak layak konsumsi lagi, alias sudah kedaluwarsa.

Membersihkan kulkas juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada kulkas dan menghalangi pertumbuhan bakteri yang sewaktu-waktu bisa menyerang kesehatan kamu, khususnya sistem pencernaan.

Selain itu, dengan membersihkan kulkas, kamu pun bisa menyingkirkan beragam makanan dan minuman tinggi gula dan lemak jahat. Pilihan makanan yang akan dikonsumsi pun akan semakin sehat.

4. Pesta Berlebihan

Tak ada salahnya menutup tahun dan membuka lembaran di tahun yang baru dengan berpesta bersama orang-orang terdekat. Namun, jangan sampai kamu terlalu terlena dengan pesta akhir tahun.

Apalagi, jika kamu sampai mabuk-mabukkan dan mengonsumsi banyak junk food atau makanan tidak sehat lainnya.

Ketika merayakan malam Tahun Baru dengan cara demikian, bisa dipastikan kamu akan melalui hari baru keesokannya dengan kepala pusing, mual, badan tak bugar, dan kesehatan menurun.

5. Menunda Pekerjaan

Libur akhir tahun merupakan saatnya kamu rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan yang padat. Bermalas-malasan dan tidak menyentuh pekerjaan saat liburan tentu sah-sah saja.

Namun, jangan sampai kebiasaan tersebut berlanjut terus pada hari-hari berikutnya. Bermalas-malasan dan terus menunda pekerjaan merupakan kebiasaan buruk tahun baru yang perlu kamu hindari.

Ini hanya akan akan menumpuk pekerjaan kamu dengan tenggat yang mendesak dan malah membuat kamu menjadi stres di kemudian hari.

6. Malas Berolahraga

Manfaat berolahraga bagi kesehatan tak hanya dapat membuat kamu terhindar dari berbagai risiko penyakit, tetapi juga “menyehatkan” mental.

Sayangnya, meski sudah tahu manfaat dari olahraga, banyak orang justru mencari alasan untuk malas melakukannya di awal tahun.

Hindari kebiasaan buruk tersebut, dan mulailah untuk rutin berolahraga. Dengan menumbuhkan rutinitas tersebut di awal tahun, pada bulan-bulan selanjutnya, kegiatan ini akan lebih mudah dilakukan.

7. Konsumsi Makanan Tidak Bergizi

Salah satu kebiasaan buruk yang harus dikurangi saat tahun baru yaitu tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Kadang-kadang, tanpa disadari momen liburan membuat sebagian orang memanfaatkannya dengan makan berlebihan sesuka hati tanpa memperhatikan kandungan gizi makanan yang dikonsumsi.

Makan makanan favorit kamu tentu boleh-boleh saja, tetapi tetap perhatikan kandungan gizinya. Hindari konsumsi makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan tinggi lemak jenuh agar terhindari dari berbagai risiko penyakit seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

8. Konflik atau Membuat Drama

Membuat drama ini mengacu pada pentingnya menghindari konflik yang dapat merusak hubungan sosial.

Bertengkar pastinya akan menghabiskan banyak energi emosional tanpa memberikan solusi yang konstruktif.

Hal ini akan membuang-buang waktu dan upaya yang bisa kamu lakukan untuk hal-hal yang lebih positif untuk memulai awal tahunmu.

Apapun resolusi tahun baru kamu, bulatkan tekad dan niat untuk menerapkannya sepanjang tahun.

Tidak hanya pada hari-hari pertama di awal tahun saja, termasuk meninggalkan ataupun menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas. Kamu dapat berkonsultasi masalah kesehatan lainnya lewat fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter.

Tahun Barupsikologiskesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait