Sukses

Jadikan 5 Kebiasaan Ini Resolusi Anda di Tahun 2019

Tahun baru, resolusi baru! Yuk, jadikan 5 kebiasaan ini sebagai resolusi di tahun 2019 nanti.

Klikdokter.com, Jakarta Apa, nih, resolusi tahun 2019 Anda? Tahun yang baru selalu dimulai dengan harapan yang baru baik dari sisi karier, keuangan, jodoh, hingga kesehatan. Untuk urusan meningkatkan kesehatan, Anda dapat memulainya dari hal-hal sederhana seperti lebih sering berjalan kaki atau minum segelas air putih lebih banyak.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa Anda jadikan resolusi tahun baru:

1. Lebih banyak menggunakan tangga

Jika Anda beraktivitas di tempat yang memiliki tangga, baik di rumah ataupun kantor, manfaatkanlah di setiap kesempatan. Hindari menggunakan eskalator atau lift jika Anda memiliki waktu.

Berjalan naik turun tangga berguna sebagai latihan kardio. Anda bisa melakukannya berulang kali untuk latihan yang lebih intens. Mulailah secara perlahan, kemudian tingkatkan saat Anda merasa lebih kuat.

2. Minum satu gelas ekstra air

Banyak manfaat kesehatan yang diperoleh saat Anda minum lebih banyak air putih. Kebutuhan cairan yang tercukupi akan membantu menjaga suhu tubuh normal, melumasi dan melapisi bantalan sendi, melindungi sumsum tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya, serta menghilangkan kotoran melalui buang air kecil, keringat, dan buang air besar.

Anda juga dapat menambahkan sedikit rasa pada air untuk menambah variasi, misal dengan membuatnya menjadi infused water dengan buah-buahan. Jangan terlalu banyak mencampurkan gula karena ini malah bisa berujung negatif pada tubuh Anda.

3. Berjalan kaki 10 menit

Tak perlu lama-lama, berjalan kaki 10 menit juga dapat menguntungkan. Jika Anda pekerja kantoran, berjalanlah menuju ke tempat makan siang. Atau jika Anda perlu membeli keperluan rumah tangga, berjalan kakilah ke toko ketimbang naik mobil.

Menyempatkan berjalan kaki dalam aktivitas Anda sehari-hari selama setidaknya 10 menit dapat melatih otot kaki, menjaga tubuh tetap bugar, dan meningkatkan metabolisme.

4. Memperbaiki postur tubuh

Memiliki postur tubuh yang baik dapat mencegah rasa nyeri dan mengurangi stres pada susunan otot dan tulang Anda. Anda dapat membuat sebuah catatan di meja kerja sebagai pengingat untuk menyesuaikan postur (duduk tegak), sampai menjadi kebiasaan tanpa disadari.

Tidak hanya saat duduk, postur tubuh saat berjalan juga harus diperhatikan, yakni tarik bahu Anda sedikit ke belakang dengan kepala terangkat. Hal ini juga bisa membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri, alias lebih percaya diri!

5. Menimbang berat badan secara rutin

Untuk menjaga agar berat badan tidak bertambah signifikan, tetapkan olahraga mingguan dan tentukan gol untuk diri Anda sendiri. Timbang diri Anda setiap minggu pada hari dan waktu yang sama – jangan lupa, kenakan pakaian yang sama setiap kali menimbang untuk hasil yang lebih aktual. Dengan begini, Anda akan mendapatkan sensasi pencapaian atas olahraga dan usaha menjaga berat badan yang Anda lakukan.

Membangun kebiasaan baru yang sehat bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan waktu yang panjang. Tetap fokus pada tujuan Anda dan jika Anda melanggar di sepanjang jalan, jangan buru-buru putus asa dan ragu untuk memulainya lagi. Dengan niat dan komitmen, niscaya di tahun 2019 kesehatan Anda akan semakin baik. Semoga resolusi Tahun Baru Anda lancar dan cepat tercapai, ya!

[RS/ RVS]

1 Komentar