Sehat dan Bugar

Tips agar Mudah Tidur Saat Melakukan Perjalanan Liburan

dr. Valda Garcia, 13 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Perlu kiat khusus agar Anda mudah tidur meski tengah melakukan perjalanan liburan. Perhatikan cara-caranya berikut ini.

Tips agar Mudah Tidur Saat Melakukan Perjalanan Liburan

Banyak orang kesulitan tidur saat perjalanan. Entah karena sangat bersemangat, atau memang tidak biasa tidur di mobil atau kendaraan saat sedang dalam perjalanan.

Kendati demikian, jika sudah waktunya tidur Anda harus memaksakan diri untuk tidur. Sebab, tidur adalah kebutuhan manusiawi yang tidak boleh dilewatkan. Tak peduli jika Anda sedang berlibur sekalipun, Anda tetap harus cukup istirahat.

Setiap orang punya periode optimal bila tubuhnya ingin tidur, biasanya sekitar pukul 11 malam sampai 7 pagi. Ini disebut 'jendela sirkadian'. Nah, setiap bepergian, terutama di dua atau lebih zona waktu, jendela sirkadian ini umumnya akan berantakan.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Berikut ini beberapa kiat agar Anda tetap bisa tidur saat dalam perjalanan:

1. Gerakkan Tubuh Anda

Sebelum memulai hari, mandi air hangat dan berolahraga bisa membantu tubuh lebih siap dalam beraktivitas.

Tindakan ini dimaksudkan untuk meningkatkan suhu tubuh. Dengan begitu, dapat memicu ritme sirkadian Anda.

Artikel Lainnya: Manfaat Tidur Siang yang Penting untuk Anda

2. Mandi Air Hangat

Kesulitan tidur saat dalam perjalanan? Cobalah mandi air hangat sebelum berangkat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mandi air hangat direkomendasikan untuk memicu ritme sirkadian.

Dengan mandi air hangat, tubuh Anda menjadi lebih relaks sehingga akan lebih mudah untuk tidur.

3. Minum Suplemen Melatonin

Kadar hormon melatonin alami biasanya naik sekitar 2 jam sebelum tidur, saat Anda mempersiapkan tubuh untuk beristirahat. Jika Anda bepergian, tubuh Anda mungkin perlu sedikit asupan yang mendukung.

Agar bisa tidur di perjalanan, salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi suplemen melatonin. Suplemen ini diketahui bisa membantu Anda tertidur ketika sedang dalam perjalanan.

4. Atur Strategi Tidur Anda

Tiga hari sebelum Anda melakukan perjalanan liburan ke tempat yang memiliki perbedaan waktu, cobalah untuk mengatur jam tidur Anda 1 jam lebih awal atau lebih lambat. Tambahkan 1 jam lagi pada malam kedua, dan 1 jam pada malam ketiga.

Hal ini bisa memudahkan Anda untuk menghadapi transisi zona waktu yang berbeda saat melakukan perjalanan.

Artikel Lainnya: Berbagai Kebiasaan Sebelum Tidur yang Baik untuk Kesehatan

5. Sinkronkan Jadwal

Bila Anda melakukan perjalanan jauh sampai beda zona waktu, jangan lupa untuk menyinkronkan jadwal dengan jadwal setempat.

Jika Anda mendarat saat orang lain bangun di tengah hari, Anda pun harus menyesuaikan dengan orang-orang. Jadi, pastikan untuk tidur sebanyak mungkin di pesawat.

Sebaliknya, jika pesawat akan mendarat pada malam hari, pastikan Anda tetap terjaga selama di pesawat. Barulah setelah sampai di tempat tujuan, Anda bisa tidur.

6. Menggunakan Aromaterapi

Cara lain yang bisa membantu Anda tidur di perjalanan adalah memanfaatkan aromaterapi. Ini dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan lebih mudah untuk tidur.

7. Menjaga Kebersihan Area Tempat Tidur

Di tempat yang baru, memang biasanya agak sulit untuk tidur. Supaya Anda lebih mudah untuk tidur, jagalah kebersihan area tempat tidur. Karena pada dasarnya, sleep hygiene merupakan kunci agar Anda lebih mudah untuk tidur.

Artikel Lainnya: Manfaat Pakai Penutup Mata Saat Tidur

8. Menggunakan Pakaian Tidur yang Nyaman

Ketika Anda ingin tidur, kenakanlah pakaian yang bersih dan berbahan nyaman. Hal ini dapat membantu Anda untuk dapat tidur dengan nyenyak.

9. Menggunakan Linen Spray

Pilihlah linen spray kesukaan Anda, khususnya yang bersifat menenangkan seperti lavender, chamomile, dan sejenisnya. Upaya ini dapat membantu Anda untuk lebih lelap ketika tidur.

10. Biarkan Tubuh Terkena Cahaya

Bila Anda bepergian dengan pesawat dan penerbangan Anda mendarat di pagi hari, bawalah kacamata hitam untuk meminimalkan paparan cahaya.

Selain itu, dapatkan pencahayaan yang maksimal saat pagi dan sore hari untuk menyesuaikan dengan zona waktu tujuan Anda.

Hal tersebut dilakukan untuk mengkalibrasi ulang jam, sehingga lebih dekat dengan jam tidur di tempat tujuan Anda.

Anda juga dianjurkan untuk makan di luar ruangan atau jalan-jalan agar Anda mengantuk pada malam harinya.

Bagi beberapa orang, melakukan perjalanan ke tempat yang jauh, misalnya negara dengan zona waktu yang berbeda, memang tidak mudah. Agar mendapatkan waktu tidur yang cukup saat dalam perjalanan, lakukan beberapa tips di atas.

Punya pertanyaan seputar topik terkait atau masalah kesehatan lain? Gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

Sulit TidurLiburan

Konsultasi Dokter Terkait