Sukses

8 Cara Hindari Jet Lag Saat Traveling

Kondisi jet lag dapat sangat mengganggu aktivitas Anda usai traveling. Agar tak terjadi pada liburan kali ini, lakukan cara-cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Liburan akhir tahun tak jarang dimanfaatkan sebagian orang untuk melakukan traveling hingga ke luar negeri. Perjalanan yang ditempuh dengan pesawat terbang saat liburan dapat menyebabkan Anda mengalami kelelahan dan kebingungan akibat perbedaan waktu yang disebut juga dengan jet lag.

Jet lag sendiri dapat menyebabkan gangguan pola tidur, sehingga membuat kondisi tubuh menjadi tidak prima. Maka, penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri menghadapi perjalanan panjang agar aktivitas Anda tidak terganggu oleh jet lag.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah jet lag sebelum, selama, dan setelah penerbangan.

1. Buat jadwal harian Anda lebih fleksibel

Jika Anda seseorang dengan jadwal yang kaku, cobalah untuk menjalankan aktivitas dengan jadwal yang lebih fleksibel sebelum penerbangan Anda. Memiliki rutinitas makan dan tidur yang kaku akan membuat Anda kesulitan menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru.

2. Istirahat berkualitas sebelum terbang

Tidak sedikit orang yang akhirnya hanya tidur beberapa jam sebelum penerbangan panjang. Hal ini merupakan kesalahan besar. Karena tidur malam yang nyenyak sebelum penerbangan justru akan membuat Anda lebih siap dalam mengatasi jet lag.

3. Pilih jadwal penerbangan terbaik

Jika memungkinkan, pilih penerbangan yang tiba di siang hari dibandingkan dengan malam hari. Hal Ini akan membuat Anda tetap terjaga dan lebih bersemangat untuk menjelajahi destinasi liburan.

Banyaknya aktivitas di siang hari juga memberikan waktu bagi tubuh untuk beradaptasi, sehingga Anda dapat beristirahat di waktu yang tepat

4. Rencanakan jeda untuk penerbangan berikutnya

Jarak yang jauh tak jarang harus ditempuh dengan beberapa penerbangan sambungan yang menyebabkan Anda harus singgah di suatu kota terlebih dahulu. Jika memungkinkan, beristiratlah dan menginap di tempat persinggahan, agar tubuh Anda memiliki lebih banyak waktu untuk beradaptasi dengan rutinitas baru.

5. Hindari penggunaan obat tidur

Mengandalkan obat tidur agar dapat beristirahat selama melakukan penerbangan jarak jauh bukanlah ide yang baik. Obat tidur tidak membantu memulihkan jet lag dan justru akan membuat Anda merasa lemas pada saat terbangun.

Obat tidur juga dapat menyebabkan Anda kesulitan tidur saat tidak mengonsumsinya. Usahakan beristirahat dengan cara yang alami, seperti menggunakan penutup mata.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

6. Hindari kopi dan alkohol

Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan minuman berenergi. Sebab, kandungan di dalamnya akan memengaruhi kemampuan Anda untuk tidur dan memperpanjang waktu pemulihan jet lag.

Tubuh Anda berfungsi paling baik ketika mendapat cukup cairan. Jadi, minum banyak air adalah cara yang paling baik untuk mengimbangi efek jet lag.Selain itu, hindari juga mengonsumsi minuman beralkohol sebelum melakukan perjalanan.

Efek alkohol pada ketinggian akan mempercepat timbulnya rasa lelah dan menyebabkan dehidrasi. Anda pun semakin sulit untuk menghalau jet lag.

7. Atur asupan dan pola makan

Berlatihlah untuk makan di waktu-waktu makan sesuai dengan zona waktu baru di lokasi tujuan, misalnya beberapa hari sebelum keberangkatan, meskipun Anda harus makan pada pukul 11 malam. Namun, usahakan tetap mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang cukup agar tubuh tetap bugar sambil beradaptasi dengan zona waktu baru.

Yang tak kalah penting, jaga kondisi tubuh tetap prima dengan menjaga kualitas menu makanan Anda. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta kurangi asupan makanan yang kurang sehat, seperti makanan siap saji, makanan berlemak, dan makanan yang terlalu manis.

Hal ini juga akan mempersiapkan saluran pencernaan Anda pada kondisi terbaiknya untuk melewati perjalanan yang jauh.

8. Tetap berolahraga

Tetaplah berolahraga rutin sebelum berangkat berlibur. Hal ini berguna untuk mencegah tubuh cepat lelah dan pegal selama penerbangan. Anda juga bisa melakukan beberapa latihan untuk meningkatkan hormon endorfin dan meregangkan otot yang kaku pada penerbangan jarak jauh.

Saat ini hampir semua maskapai memiliki majalah (inflight magazine) yang berisikan beberapa tips peregangan sederhana untuk penerbangan jarak jauh. Yang paling sederhana adalah lakukan peregangan pada pergelangan kaki dan bahu.

Jangan lupa untuk memanfaatkan waktu persinggahan jika Anda menaiki penerbangan sambungan untuk melakukan peregangan yang lebih rinci.

Mencegah timbulnya jet lag saat traveling pada dasarnya adalah menjaga kondisi tubuh tetap prima mulai dari sebelum, selama, dan setelah penerbangan usai. Saat tiba di tujuan, segera adaptasikan tubuh dengan zona waktu setempat untuk mempercepat proses pemulihan jet lag.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar