Sukses

Jelang Tahun Baru, Sortir Koleksi Kosmetik Anda

Perayaan Tahun Baru sudah di depan mata. Ini saatnya Anda memeriksa kotak kosmetik kesayangan. Jangan-jangan, ada yang sudah kedaluwarsa.

Klikdokter.com, Jakarta Sudah menjadi kebiasaan bahwa wanita kerap menimbun berbagai jenis kosmetik dengan alasan coba-coba atau sekadar mengoleksinya. Mulai dari berbagai warna cat kuku, lipstik, hingga berbagai merek alas bedak cair. Menjelang Tahun Baru, saatnya Anda menyeleksi mana kosmetik yang masih bisa dipakai, atau yang sudah lewat tanggal pemakaiannya.

Tujuannya? Ya, untuk mencegah Anda menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa dan menggunakan aplikator riasan yang sudah kelewat kotor! Lagi pula, menghindarkan Anda dari dua hal tersebut sama saja dengan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda, kan? Jadi, yuk sortir lagi perlengkapan kosmetik Anda!

1. Pilih bulu kuas yang masih bagus, lalu bersihkan

Sama seperti sikat gigi, kuas yang digunakan untuk mengaplikasikan produk kosmetik juga harus diganti dan dibersihkan secara rutin. Tugas Anda adalah menyortir kuas-kuas yang bulunya sudah tak layak pakai, misalnya banyak yang rontok dan sudah sulit dibersihkan.

Cara membersihkannya cukup mudah, bahkan sudah ada alat yang khusus dibuat untuk membersihkan sisa-sisa riasan pada bulu kuas yang bisa Anda beli secara online maupun membelinya langsung di toko alat kecantikan.

Namun, apabila Anda tidak memiliki alat tersebut, rendam saja kuas dalam air hangat yang sudah diberi cairan sabun, lalu diamkan semalaman. Jika sudah, bilas dengan air bersih, kemudian jemur hingga kering.

Dilansir dari Everyday Health, menyortir dan mencuci kuas riasan yang masih bisa digunakan bertujuan untuk membersihkan segala bakteri yang terjebak dalam bulu-bulu kuas yang dipenuhi oleh sisa make up. Hal ini sekaligus menghindarkan Anda terkena jerawat akibat bakteri yang menempel pada kuas.

2. Buang semua kosmetik yang sudah mengering dan kedaluwarsa

Biasanya, tanggal yang tercantum dalam kemasan kosmetik adalah tanggal produksi dan bukan tanggal kedaluwarsanya. Untuk itu, dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter memberikan detail dari masing-masing batas waktu penggunaan ragam kosmetik yang dapat Anda terapkan supaya terhindar dari alergi kosmetik.

Berikut masa kedaluwarsa dan masa pakai terbaik dari suatu kosmetik setelah kemasannya dibuka (period after opening):

  • Lipstik dan lipgloss

Masa kedaluwarsa 30 bulan dengan period after opening 6-18 bulan.

  • Maskara dan eyeliner

Masa kedaluwarsa 24 bulan dengan period after opening 6 bulan. Tetapi dilansir dari Everyday Health, sebaiknya Anda mengganti maskara setiap 3 atau 4 bulan sekali. Sebab, ketika maskara sudah mengering, biasanya akan muncul bakteri yang bisa menimbulkan infeksi mata, dengan gejala gatal, kemerahan, dan mata menjadi berair.

  • Eyeshadow, perona pipi, concealer, foundation dan primer

Masa kedaluwarsa 36 bulan dengan period after opening 12 bulan.

  • Bedak

Masa kedulawarsanya 60 bulan dengan period after opening 36 bulan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Perhatikan tanda-tanda perubahan pada kosmetik Anda

Sering kali kosmetik yang sebenarnya sudah kedaluwarsa tidak terlalu menunjukkan perubahan yang signifikan, terutama kosmetik kering seperti eyeshadow, blush on, dan bedak. Untuk itu, Anda wajib memperhatikan batasan waktu di atas, meskipun sebenarnya kosmetik tersebut jarang Anda gunakan dan isinya masih banyak.

Beda halnya dengan kosmetik cair seperti maskara, eyeliner, dan liquid foundation, saat batas waktu pemakaiannya sudah lewat, kosmetik tersebut akan cenderung mengering dan menggumpal. Bahkan untuk liquid foundation, antara air dan minyaknya juga akan mulai terpisah dan sulit untuk disatukan kembali meski sudah dikocok.

Jika maskara belum mengering meski sudah berbulan-bulan dibuka, tapi ketika dipakai justru membuat gatal, berarti sudah waktunya maskara itu untuk dibuang. Sedangkan untuk kosmetik yang berupa krim biasanya akan menguning, menggumpal, dan ada juga yang mengering.

Lalu, bagaimana dengan lipstik? Nah, menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, lipstik yang sudah kedaluwarsa biasanya akan berubah warna dan mengeluarkan bau yang aneh.

Jika Anda menemukan ada kosmetik yang sudah mengalami perubahan seperti tanda-tanda di atas, sebaiknya disingkirkan saja.

4. Bersihkan meja dan kotak rias Anda

Jika Anda sudah menyortir kosmetik yang sudah tak layak pakai, kini giliran meja dan kotak rias yang mesti dibersihkan. Sebab, percuma saja kalau kosmetik Anda sudah oke semua tapi tempat penyimpanannya yang tak beres?

Maka dari itu, bersihkan meja dengan menggunakan kain bersih yang telah disemprot cairan pembersih perabotan. Kemudian, lap juga tiap kotak yang ada, lalu jemur sejenak di bawah sinar matahari. Setelah itu, barulah Anda bisa meletakkan kembali koleksi kosmetik Anda dengan rapi.

Punya setumpuk kosmetik yang sudah lama tak terjamah? Keempat cara di atas  dapat membantu Anda dalam menyortir koleksi kosmetik yang ada di rumah. Cara-cara tersebut sekaligus dapat menjaga meja serta kotak rias Anda tetap rapi dan bersih. Menyambut tahun baru, dengan membuang kosmetik yang tidak terpakai lagi sepertinya jadi salah satu solusi ampuh untuk selalu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar