Sukses

Bersihkan Usus Anda dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini

Berbagai jenis asupan, bisa jadi menumpuk dan mengotori usus. Jika Anda ingin lebih sehat, bersihkan dengan konsumsi 4 makanan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Usus adalah organ vital yang berfungsi mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh setelah seluruh nutrisi terserap dengan sempurna. Selain itu, usus memiliki peran penting bagi kesehatan karena 70 persen sel-sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh, ada pada dinding usus Anda.

Sayangnya, dengan alasan kesibukan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari, sebagian orang atau mungkin termasuk Anda sering kali lupa memperhatikan kondisi usus. Akibatnya, usus pun menjadi rentan mengalami beragam gangguan  kesehatan.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, kunci menjaga kesehatan pencernaan yang paling utama adalah menerapkan pola makan teratur.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat membersihkan dan merawat kesehatan usus. Dilansir dari Reader’s Digest, inilah rekomendasi makanan sehat pembersih usus:

1. Buah-buahan

Buah sebagai makan yang kaya akan nutrisi memang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Ada beberapa buah yang dapat membersihkan usus, antara lain:

  • Lemon, kaya vitamin C dengan antioksidan tinggi, dapat menetralisir racun dan membuat tubuh segera mengeluarkannya.
  • Alpukat, kaya akan omega-3 bermanfaat mencegah perkembangan racun di dinding usus sehingga semua sisa makanan dapat luruh.
  • Apel bersifat menenangkan, antiinflamasi, dan kaya serat. Terutama jika Anda memakan kulitnya, yang kaya akan pektin dan antioksidan.
  • Pisang mengandung antasid alami yang menjaga kotoran dan racun dari menempel lendir di usus. Pisang kaya kalium, mineral penting untuk usus dan sistem pencernaan. Berkat kandungan potasiumnya, pisang meningkatkan pencernaan dan mengurangi rasa sakit serta peradangan yang terkait dengan diare dan masalah lainnya.

2. Sayuran hijau

Jenis sayuran seperti brokoli, kangkung dan kol memiliki tekstur yang kaya akan serat dan dapat membantu membersihkan usus dari racun serta kotoran yang menempel di dinding usus. Sayuran juga mengandung mineral dan antioksidan yang membantu melindungi diri dari racun.

Untuk menjaga kandungan nutrisinya agar tidak hilang, disarankan memasak sayur dengan cara direbus. Bila hendak ditumis, gunakanlah minyak zaitun agar dapat menambah nutrisinya.

3. Varian teh

Teh bisa membuang racun dari tubuh, khususnya bila Anda mengonsumsi teh hijau yang kaya akan antioksidan dan mampu meningkatkan fungsi usus dengan membantu membersihkan usus. Ada pula yoghurt dan kefir, salah satu produk difermentasi yang mengandung oligosaccharides untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Air putih

Usus yang dehidrasi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sembelit. Kondisi ini akan berujung dengan penumpukan racun dalam usus besar.

Cobalah untuk selalu teratur minum air putih dalam jumlah yang cukup. Jika Anda suka dan tidak memiliki masalah lambung, tambahkan tetesan lemon atau jeruk nipis sebagai penambah rasa.

Mengonsumsi makanan dan minuman seperti yang disarankan di atas, dapat membersihkan usus Anda. Dengan demikian, kesehatan Anda pun turut terjaga. Jika Anda mengalami gejala gangguan pencernaan, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar