Pencernaan

Bersihkan Usus Anda dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 12 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berbagai jenis asupan bisa menumpuk dan mengotori usus. Tapi tenang, sejumlah makanan pembersih usus berikut dapat membantu mengatasinya.

Bersihkan Usus Anda dengan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Ini

Usus adalah organ vital yang berfungsi mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh setelah seluruh nutrisi terserap dengan sempurna.

Selain itu, usus memiliki peran penting bagi kesehatan. Pasalnya, 70 persen sel-sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh berada di dinding usus Anda.

Sayangnya, dengan alasan kesibukan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari, sebagian orang, atau mungkin termasuk Anda, sering kali lupa memperhatikan kondisi usus. Akibatnya, usus pun menjadi rentan mengalami beragam gangguan kesehatan.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat menjaga kesehatan usus. Di bawah ini adalah rekomendasi makanan yang baik untuk usus.

1. Lemon

Siapa tidak kenal lemon? Buah masam berwarna kuning terang ini kaya vitamin C dengan antioksidan tinggi. 

Tak hanya bagus buat daya tahan tubuh, lemon juga baik untuk usus karena dapat menetralkan racun dan membuat tubuh segera mengeluarkannya.

Artikel lainnya: Wajib Tahu, Ini Fungsi Usus Halus untuk Kesehatan Anda

2. Alpukat

Buah alpukat antara lain terkenal dengan kandungan omega-3. Nah, kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah perkembangan racun di dinding usus sehingga semua sisa makanan dapat luruh.

Jadi, siapa yang hari ini sudah makan alpukat?

3. Sayuran hijau

Makanan terbaik untuk usus berikutnya adalah sayuran hijau. Jenis sayuran seperti brokoli, kangkung dan kol memiliki tekstur yang kaya akan serat. 

Serat dapat membantu membersihkan usus dari racun serta kotoran yang menempel di dinding usus. Sayuran juga mengandung mineral dan antioksidan yang membantu melindungi diri dari racun.

Untuk menjaga kandungan nutrisinya agar tidak hilang, Anda disarankan memasak sayur dengan cara direbus. Bila hendak ditumis, gunakanlah minyak zaitun agar dapat menambah nutrisinya.

4. Apel

Apel banyak disukai karena bersifat menenangkan, antiinflamasi, dan kaya akan serat. Utamanya, jika Anda memakan kulitnya, yang kaya akan pektin dan antioksidan.

Kandungan tersebut baik untuk membantu membersihkan usus.

Artikel lainnya: Mengenal Penyakit TBC Usus dan Gejalanya

5. Yogurt

Yogurt merupakan produk susu fermentasi yang dikenal sebagai penangkal penyakit alami. 

Minuman ini mengandung probiotik, vitamin D, dan juga kalsium, yang merupakan nutrisi penting untuk menurunkan risiko kanker usus besar.

6. Ikan Salmon

Lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon dapat pula mengurangi risiko kanker usus besar. 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa asupan ikan berlemak dalam jumlah yang tepat seperti salmon dapat mengurangi peradangan di usus besar dan meningkatkan kesehatan usus.

7. Varian Teh

Teh dapat menyingkirkan racun dari tubuh, khususnya apabila Anda minum teh hijau yang merupakan sumber antioksidan.

Kandungan tersebut dapat meningkatkan fungsi usus dengan membantu membersihkannya.

8. Air Putih

Minuman pembersih usus selanjutnya adalah air putih. Usus yang mengalami dehidrasi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sembelit. Kondisi ini akan berujung dengan penumpukan racun dalam usus besar.

Cobalah untuk selalu teratur meminum air putih dalam jumlah yang cukup. Jika Anda suka dan tidak memiliki masalah lambung, tambahkan tetesan lemon atau jeruk nipis sebagai penambah rasa.

Artikel lainnya: Kanker Usus Besar Bisa Disebabkan Faktor Genetik, Ini Faktanya

9. Chia Seed

Biji chia mengandung serat dan omega-3 yang bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga usus. 

Asam lemak omega-3, misalnya, dapat menstabilkan dinding sel dan mengurangi risiko peradangan.

10. Protein Nabati

Kandungan daging merah yang tinggi dalam diet harian dapat menambah berat badan dan meningkatkan peluang kanker usus besar. 

Menurunkan asupan daging merah dan menggantinya dengan protein nabati, seperti kedelai dan biji-bijian lainnya, dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Bonusnya, Anda dapat mengurangi risiko kanker usus besar secara signifikan.

11. Oatmeal

Makanan pembersih usus selanjutnya adalah oatmeal. Tak heran, oatmeal mengandung banyak serat, kalsium, dan kandungan vitamin D. Oatmeal sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Menambahkan oatmeal dalam makanan dapat membantu Anda menjaga kesehatan usus dan juga menunjang kesehatan jantung.

Mengonsumsi minuman dan makanan untuk kesehatan usus di atas dapat membantu menjaga kesehatan usus Anda. Dengan demikian, kesehatan Anda pun turut terjaga.

Jika Anda mengalami gejala gangguan pencernaan, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek kesehatan Anda langsung dengan dokter. Gunakan layanan Live Chat 24 Jam untuk berkonsultasi dengan dokter berkompeten. 

(HNS/JKT)

Gangguan Pencernaan

Konsultasi Dokter Terkait