Sukses

5 Resolusi Sehat Menyambut Tahun Baru

Sambut Tahun Baru dengan tubuh yang lebih sehat dan fit. Caranya? Mudah saja, Anda bisa praktikkan lima resolusi sehat di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tahun Baru 2019 segera tiba! Tak hanya menyambut dengan penuh sukacita, Anda juga mesti menargetkan beberapa hal penting yang mesti diwujudkan di tahun depan, termasuk soal kesehatan. Bukan sekadar wacana, upaya perbaikan konkret harus benar-benar dilakukan. Untuk itulah, lima resolusi sehat di bawah ini dapat Anda terapkan untuk menyambut Tahun Baru 2019.

  1. Makan dengan tenang

Saat ini, makan dengan mata terpaku di layar smartphone atau televisi adalah hal biasa. Namun, makan saat Anda terganggu akan menyebabkan Anda makan berlebihan. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk memperlambat dan memperhatikan makanan Anda, berhenti sejenak untuk meletakkan peralatan di antara gigitan.

"Ketika Anda makan dengan fokus dan penuh kesadaran, akan lebih mudah untuk memperhatikan ketika Anda merasa kenyang, plus Anda lebih mungkin untuk menikmati setiap suapan," kata ahli diet Johns Hopkins dan ahli gizi penelitian Diane Vizthum.

  1. Maksimalkan waktu santai dan istirahat

Boleh sibuk, tapi jangan lupa beristirahat dan bersantai. Ketika tiba waktunya tidur, gunakan waktu tersebut secara disiplin dan optimal. Gelapkan ruangan Anda dengan menutup tirai, mematikan lampu, atau meredupkan layar pada alarm untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Pada dasarnya, tidak ada waktu tertentu yang tepat untuk tidur malam. Namun, rata-rata tidur yang efektif bagi manusia dalam sehari adalah sekitar 8 jam. Faktor lain seperti usia, kondisi kesehatan, dan gaya hidup turut memengaruhi.

  1. Belajar bersyukur

Meski terdengar sepele, belajar mempraktikkan rasa syukur dapat mengubah fokus Anda dan meminimalkan pengaruh stres yang menyimpang. Dengan bersyukur, Anda dapat sanggup mengingat setiap aspek positif baik besar ataupun kecil setiap hari dalam kehidupan. Hal ini akan meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan Anda secara personal.

  1. Berjalan setiap 30 menit sehari

Anda dapat memaksimalkan waktu 30 menit olahraga setiap hari. Kebiasaan ini bisa Anda mulai dengan cara sederhana, seperti jalan kaki. Jika Anda memiliki jadwal yang sibuk, bagilah 30 menit tersebut menjadi masing-masing 10 menit, yakni sebelum bekerja, sebelum makan siang, dan setelah bekerja.

Jadikan aktivitas itu menyenangkan dengan cara mengajak rekan kerja untuk membantu Anda menjalani rutinitas ini. Kemudian, Anda bisa meminta seorang teman atau anggota keluarga untuk ikut menemani berjalan-jalan malam hari.

Berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari dapat menurunkan risiko beragam penyakit metabolik. Antara lain diabetes mellitus (kencing manis), kolesterol tinggi (dislipidemia), hipertensi, dan penyakit jantung koroner.

  1. Biasakan naik dan turun tangga

Melakukan perubahan kecil setiap hari seperti naik tangga - bukannya lift - mungkin tampak kecil. Namun nyatanya, kebiasaan ini dapat membuat perbedaan besar bagi jantung Anda dalam jangka panjang. Faktanya, individu yang aktif secara fisik jauh lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit kardiovaskular.

Jadi, sudah siap menyongsong hidup yang lebih sehat pada tahun baru 2019? Yuk, terapkan resolusi sehat di atas untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas tahun depan. Tapi ingat, tidak hanya sekadar wacana, Anda pun harus berkomitmen dan konsisten menjalankan resolusi Anda. Dengan begitu, mimpi Anda memiliki tubuh prima dan terjaga pun bukan cuma sekadar harapan!

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar