Sukses

Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Saat Traveling

Meski sedang traveling, upayakan untuk tidak melewatkan aktivitas fisik dengan melakukan olahraga ringan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Jika diperhatikan, semakin banyak orang yang memperhatikan kesehatan, dengan pola makan sehat dan berolahraga rutin. Pilihan olahraga pun beragam, mulai dari joging, nge-gym, yoga, boxing, muay thai, zumba, dan masih banyak lagi. Saat sedang traveling, tentu Anda mau tak mau harus “bolos” dari olahraga yang biasa Anda lakukan. Namun, jangan biarkan hal tersebut membuat Anda melewatkan aktivitas fisik rutin. Sebagai gantinya, ada beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengganggu jadwal traveling Anda.

Ya, sebaiknya, kebiasaan rutin berolahraga tetap dilanjutkan walaupun Anda sedang berlibur. Meski tak bisa datang ke gym atau kelas yang biasa Anda ikuti, Anda tetap bisa melakukan olahraga ringan. Berikut di bawah ini adalah contoh-contohnya.

1. Lari, joging, atau sekadar berjalan kaki

Berlari ataupun joging merupakan salah satu olahraga termudah yang bisa Anda lakukan. Bangunlah lebih pagi, pakai pakaian dan sepatu lari yang nyaman, lalu larilah di area sekitar hotel Anda menginap. Udara segar dan pemandangan baru akan membuat Anda bersemangat. Jangan lupa untuk menyesuaikan durasi dan kecepatan dengan kemampuan Anda.

Bagi Anda yang tak terbiasa berlari, usahakan sesering mungkin berjalan kaki selama traveling. Jika tujuan wisata tak terlalu jauh, lebih baik berjalan kaki ketimbang menggunakan mobil atau motor. Daripada makan malam di restoran hotel atau mengandalkan room service, lebih baik berjalan kaki mengeksplorasi kuliner lokal yang dekat dari tempat Anda menginap.

2. Yoga

Yoga juga mudah dilakukan di mana saja, dan beberapa hotel menyediakan kelas khusus. Jika tidak, Anda bisa melakukan gerakan yoga di kamar. Untuk para pemula, Anda bisa sambil menonton video tutorial di internet dan mengikuti intruksinya.

3. Latihan saat perjalanan

Perjalanan yang panjang, baik dengan mobil, pesawat, atau kereta api, bisa dimanfaatkan untuk melakukan olahraga ringan. Jika ada ruang gerak yang cukup, Anda bisa berjalan-jalan di lorong. Jika tidak, Anda bisa berolahaga ringan sembari duduk untuk melancarkan peredaran darah.

Beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Mengangkat dan menahan kaki selama 5-10 detik
  • Menggerakkan pergelangan kaki secara memutar
  • Letakkan tangan pada sandaran tangan, lakukan gerakan mengangkat badan (seperti push-up tapi dilakukan sambil duduk) selama 20 detik, lalu kembali ke posisi semula
  • Pastikan Anda mengencangkan otot perut saat melakukan latihan-latihan di atas

4. Latihan sambil mengantre

Biasanya, liburan akhir tahun lebih dipadati turis, dan ini dapat memengaruhi antrean saat memasuki tujuan wisata tertentu, restoran, ATM, hingga toilet umum. Daripada mengeluh tentang panjangnya antrean, lebih baik manfaatkan waktu menunggu ini dengan melakukan beberapa latihan, seperti:

  • Lakukan latihan calf raises, yang serupa dengan berjinjit
  • Kencangkan otot bokong, tahan sebisa mungkin, lalu lepaskan
  • Kencangkan otot perut, lalu bernapas seperti biasa sembari tetap mengencangkan perut.

5. Latihan di kamar

Kamar tempat Anda menginap merupakan tempat ideal yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan olahraga ringan. Selain yoga, Anda bisa melakukan latihan lainnya seperti push-up, sit-up, lunges, squat, plank, dan masih banyak lagi.

Kabar baiknya, sudah ada banyak sekali aplikasi olahraga yang bisa Anda manfaatkan sebagai panduan Anda berlatih. Unduhlah sebelum Anda berangkat berlibur.

Meski sedang traveling, tapi jangan sampai olahraga yang rutin Anda lakukan jadi “bolong-bolong” dengan alasan sedang jalan-jalan. Ada banyak olahraga ringan yang tetap bisa Anda lakukan saat traveling, yang menyesuaikan dengan kondisi destinasi liburan akhir tahun Anda. Membiasakan untuk tetap berolahraga rutin juga akan membuat Anda tetap disiplin berlatih sekembalinya Anda dari liburan.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar