HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMarshmallow, si Lembut yang Memiliki Banyak Manfaat
Diet dan Nutrisi

Marshmallow, si Lembut yang Memiliki Banyak Manfaat

dr. Sara Elise Wijono MRes, 16 Okt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak sekadar manis, ternyata marshmallow juga bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari untuk meredakan pilek hingga mengatasi nyeri.

Marshmallow, si Lembut yang Memiliki Banyak Manfaat

Sebagai penggemar makanan manis, Anda mungkin sudah tidak asing dengan marshmallow. Permen kenyal ini sudah ada sejak dahulu, dan dibuat dari tanaman dengan nama sama: marshmallow (Althea officinalis).

Area yang lembap merupakan ekosistem tanaman marshmallow. Oleh karena itu, tanaman ini umumnya tumbuh di benua Eropa, Afrika Utara, serta Asia.

Proses pembuatannya memanfaatkan akar tanaman marshmallow yang dimasak bersama dengan madu. Proses tersebutlah yang kemudian menghasilkan permen manis dan lembut.

Selain diolah menjadi permen manis, marshmallow juga sering kali dimanfaatkan bagian akar dan bunganya sebagai ramuan untuk membantu mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Lalu, apa sajakah manfaat marshmallow hingga kerap dijadikan obat herbal?

1. Meredakan Keluhan Batuk Pilek

Manfaat marshmallow yang pertama adalah meredakan keluhan batuk dan pilek. Sebuah studi menemukan bahwa obat batuk herbal yang mengandung akar marshmallow efektif untuk meredakan batuk, terutama batuk berdahak.

Semua orang yang terlibat dalam studi tersebut mengalami perbaikan gejala batuk dalam 12 hari setelah mengonsumsi obat batuk herbal ini.

Khasiat marshmallow untuk batuk diperoleh dari akarnya yang diperkirakan mengandung enzim yang dapat mengencerkan dahak, serta menghambat pertumbuhan bakteri.

Artikel Lainnya: Hati-Hati Jika Anak Gemar Ngemil Marshmallow

2. Mengatasi Iritasi Kulit

Kandungan marshmallow, terutama pada bagian akarnya, dapat bersifat antiperadangan sehingga dapat digunakan untuk mengatasi iritasi pada kulit. Misalnya, akibat dermatitis atau eksim.

Sebuah penelitian tahun 2013 menemukan bahwa salep yang mengandung 20 persen ekstrak akar marshmallow dapat mengurangi iritasi kulit.

3. Membantu Penyembuhan Luka

Masih berhubungan dengan kulit, sebuah studi lain yang dilakukan pada binatang menemukan bahwa manfaat marshmallow juga ditemukan dalam penyembuhan luka.

Hal ini diperoleh dari kandungan marshmallow yang bersifat antibakteriStudi tersebut menemukan sifat antibakteri pada marshmallow berpotensi membunuh bakteri gram-positif yang ditemukan pada lebih dari setengah kasus infeksi.

4. Mengatasi Nyeri

Selain bagi kulit, manfaat marshmallow pun dapat membantu mengatasi nyeri. Oleh karena itu, marshmallow sering digunakan untuk membantu mengatasi keluhan yang berkaitan dengan nyeri dan peradangan, seperti radang tenggorokan.

Artikel Lainnya: Gemar Mengunyah Permen Karet? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

5. Mengurangi Berbagai Keluhan Pencernaan

Pada sistem pencernaan, marshmallow dipercaya dapat membantu mengatasi konstipasi, rasa panas atau terbakar pada perut, serta kolik. Jadi, cukup banyak, kan, manfaat marshmallow untuk keluhan saluran pencernaan?

6. Menangani Peradangan Saluran Cerna

Selain mengatasi berbagai keluhan di saluran cerna, manfaat marshmallow, terutama akarnya dipercaya dapat mengatasi iritasi serta peradangan pada saluran cerna.

Penelitian menemukan bahwa akar marshmallow dapat membentuk lapisan protektif pada saluran cerna, juga menstimulasi sel yang berfungsi untuk regenerasi jaringan.

Bahkan, studi yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa bunga dari tanaman marshmallow berpotensi mengatasi tukak lambung.

7. Sebagai Antioksidan

Tanaman ini juga memiliki sifat antioksidan yang serupa dengan antioksidan standar. Oleh karena itu, manfaat marshmallow dipercaya dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Artikel Lainnya: Kapan Balita Boleh Makan Permen?

8. Mengatasi Kolesterol Tinggi

Studi pada hewan menemukan manfaat marshmallow untuk memperbaiki kadar kolesterol, khususnya HDL yang umumnya dikenal sebagai kolesterol baik. Kadar HDL yang normal membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Jika diamati, banyak sekali penelitian yang menunjukkan manfaat marshmallow untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Namun, studi lebih lanjut masih dibutuhkan, sebelum tanaman ini dapat direkomendasikan sebagai terapi untuk berbagai keluhan tersebut.

Selain itu, permen marshmallow yang dikenal saat ini sudah tidak lagi menggunakan ekstrak tanaman marshmallow, melainkan dibuat dari gula, gelatin, serta putih telur. Oleh karena itu, permen marshmallow umumnya tinggi kalori serta dianggap tidak memiliki nilai nutrisi.

American Heart Association menyarankan Anda untuk membatasi konsumsi gula harian sebanyak 100 kalori bagi wanita dan 150 kalori bagi pria. Jumlah ini setara dengan enam hingga sembilan sendok teh gula.

Jadi, batasi konsumsi permen marshmallow Anda 6-9 buah per hari. Jumlah tersebut adalah batas maksimal yang disarankan apabila Anda tidak mengonsumsi sumber gula lainnya.

Apabila memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, Anda dapat menanyakan secara langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

Marshmallow

Konsultasi Dokter Terkait