Sukses

Akhir Tahun, Hindari Makanan Ini agar Bebas Gangguan Pencernaan

Libur akhir tahun tiba, beragam kegiatan seru menanti, termasuk makan-makan. Tapi ingat, hindari makanan ini agar bebas gangguan pencernaan.

Klikdokter.com, Jakarta Libur akhir tahun tiba! Kegiatan apa yang Anda rencanakan untuk mengisi liburan Tahun Baru ini? Apa pun itu, menjaga kesehatan adalah aspek terpenting agar momen liburan dapat dijalani dengan penuh sukacita. Namun, kurangnya kontrol pada saat liburan akhir tahun sering jadi masalah bagi kesehatan Anda. Tak sedikit yang kemudian mengalami gangguan kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi saat sedang berlibur adalah gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan biasanya disebabkan oleh kurang asupan serat, kurang minum, hingga terlalu banyak duduk. Menurut dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, gangguan pencernaan biasanya ditandai dengan adanya nyeri perut.

“Selain nyeri perut yang datang tiba-tiba atau sangat hebat, tanda gangguan pencernaan dapat berupa keluhan muntah, BAB darah atau cairan kehitaman, timbul nyeri dada, sesak napas, hingga pingsan,” ujarnya.

Perubahan frekuensi buang air besar (BAB) seperti diare atau konstipasi juga kerap terjadi mengiringi gangguan pencernaan. Pada tingkat lanjut, diare menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan sehingga rentan dehidrasi.

Untuk menghindari gangguan pencernaan saat liburan akhir tahun, dr. Nadia Octavia dari KlikDokter menganjurkan Anda untuk menghindari daftar makanan di bawah ini.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas dapat membuat keluhan sakit perut Anda semakin parah, terlebih jika Anda memiliki sakit mag. Hal ini terjadi karena makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung.

  1. Makanan asam

Makanan yang terlalu asam seperti jeruk, lemon, mangga muda, termasuk minuman bersoda dapat mengiritasi lapisan lambung dan memicu peningkatan asam lambung. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghindari asupan ini saat sedang mengalami gangguan pencernaan.

  1. Makanan berlemak

Makanan berlemak seperti gorengan dapat merangsang kontraksi pada saluran pencernaan. Alhasil, pengosongan lambung menjadi lebih lambat dan Anda akan semakin sulit buang air besar.

“Di satu sisi, makanan jenis ini juga dapat meningkatkan kontraksi pada saluran cerna, dan membuat diare semakin parah,” kata dr. Nadia.

  1. Keripik dan camilan ringan

Seolah tidak berpengaruh, tapi nyatanya keripik dan camilan ringan dapat menimbulkan gangguan pencernaan karena mengandung pengawet serta tinggi garam. Akibatnya, makanan jenis ini dapat membuat rasa tidak nyaman di perut atau begah. Selain itu, kandungan serat yang rendah pada makanan ini juga dapat membuat susah buang air besar.

  1. Susu dan produk olahannya

Para pengidap gangguan seperti intoleransi laktosa, saat mengonsumsi susu dan produk olahannya dapat menyebabkan gejala kembung, perut begah, serta diare. Masih ingin mendapatkan manfaat dari susu dan produk olahan sejenisnya? Cobalah ganti asupan dengan alternatif, seperti susu kedelai atau susu almond.

Hindarilah daftar makanan di atas saat liburan akhir tahun agar gangguan pencernaan tidak menghampiri Anda. Tak lupa, penuhi juga kebutuhan serat tubuh dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayur dan buah. Imbangi pula dengan minum air putih, olahraga, dan aktivitas fisik lainnya. Dengan begini, Anda bisa menikmati liburan tahun baru dengan tubuh sehat!

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar