Gigi Mulut

Mulut Terasa Kering, Apa Penyebabnya?

Siti Putri Nurmayani, 06 Mei 2023

Ditinjau Oleh drg. Wiena Manggala

Mulut kering sepanjang hari padahal sudah banyak minum? Jangan terlalu cuek. Simak penyebab mulut kering yang harus diwaspadai di sini.

Mulut Terasa Kering, Apa Penyebabnya?

Kondisi mulut kering atau xerostomia merupakan sensasi yang kamu rasakan ketika tidak memiliki cukup air liur (ludah) di dalam mulut. Pada dasarnya, air liur adalah cairan yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan rongga mulut.

Fungsi air liur sangat diperlukan untuk banyak hal, mulai dari mengunyah, menelan makanan, hingga berbicara. Selain itu, air liur juga berfungsi untuk melindungi jaringan keras dan lunak di dalam rongga mulut, sehingga terhindar dari gangguan kesehatan.

Ketika mengalami mulut kering, biasanya ini merupakan gejala dari sebuah kondisi. Lalu, kenapa mulut terasa kering padahal sudah minum banyak? Yuk, cari tahu penyebab mulut kering di sini.

1. Efek Samping Obat-Obatan

Disampaikan drg. Wiena Manggala Putri, salah satu penyebab mulut terasa kering bisa jadi karena pengaruh obat-obatan tertentu.

“Sejumlah obat-obatan yang bisa menyebabkan mulut kering adalah obat antihistamin, obat tekanan darah tinggi, obat penenang, dekongestan, analgesik, antidepresan, dan obat-obatan terlarang seperti kokain,” jelasnya.

Selain itu, mulut yang kering juga bisa menjadi efek samping dari pelemas otot dan obat penenang.

2. Efek Samping Perawatan

Selain pengaruh obat-obatan, penyebab mulut terasa kering adalah efek samping dari perawatan medis.

Perawatan medis seperti kemoterapi untuk kanker bisa menyebabkan rusaknya kelenjar ludah. Fungsi dari kelenjar ludah sendiri adalah untuk memproduksi air liur.

Ketika kelenjar ludah rusak, maka produksi air liur bisa berkurang dan menyebabkan mulut menjadi kering.

3. Kerusakan Saraf

Mulut kering bisa disebabkan oleh kerusakan saraf di area kepala dan leher akibat cedera atau pembedahan.

Pada dasarnya, saraf di area wajah ini dapat memengaruhi fungsi dari kelenjar air liur. Ketika terjadi kerusakan saraf, maka produksi air liur bisa terganggu dan mengakibatkan mulut kering.

4. Dehidrasi

Kurang minum juga menjadi salah satu penyebab mulut lengket dan kering karena air liur menjadi lebih kental. Kondisi dehidrasi ini terjadi ketika tubuh kehilangan banyak cairan dan tidak diisi kembali.

Dehidrasi bisa dipicu oleh kondisi medis, seperti demam, muntah, diare, hingga kehilangan darah.

5. Gaya Hidup

Gaya hidup yang kurang sehat juga bisa menyebabkan mulut menjadi kering. Contohnya merokok yang dapat memengaruhi produksi air liur.

Kebiasaan yang buruk ini dapat mengakibatkan penurunan jumlah saliva, sehingga membuat mulut menjadi kering.

6. Infeksi Kelenjar Ludah

Salah satu penyebab mulut terasa kering adalah infeksi yang terjadi pada kelenjar ludah (sialadenitis). Kondisi ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang kelenjar ludah, tepatnya di bagian kelenjar parotis.

Infeksi kelenjar ludah dapat menimbulkan benjolan yang menyakitkan dan muncul nanah berbau busuk yang mengalir ke rongga mulut. Penyakit ini juga dapat menurunkan produksi air liur, sehingga menyebabkan kondisi mulut menjadi kering.

7. Diabetes

diabetes

Penderita diabetes umumnya mengalami gejala mulut kering. Meski tidak semuanya, namun sering kali mulut kering ini terjadi pada pengidap diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2

Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes bisa menyebabkan kadar air liur menurun. Karenanya, penderita diabetes sering mengalami gejala mulut kering.

Jika ingin mengatasinya, penderita diabetes dianjurkan mengunjungi dokter gigi secara rutin untuk meningkatkan kesehatan mulut.

8. Penyakit Ginjal

Keluhan mulut kering sering dialami pada penderita penyakit ginjal. Ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti gangguan pada kelenjar air liur, pembatasan asupan cairan, atau efek dari obat-obatan yang dikonsumsi.

Selain mulut kering, gejala ini juga disertai dengan munculnya bau mulut atau halitosis. Penyebabnya adalah meningkatnya kadar urea dalam darah dan air liur akibat terganggunya fungsi ginjal.

9. Sjogren Syndrome

Sindrom Sjogren merupakan gangguan autoimun yang dapat memengaruhi kelenjar ludah. Ini bisa menyebabkan mulut kering.

Ketika seseorang mengalami sindrom Sjogren, kelenjar air liur akan mengalami gangguan yang mengakibatkan munculnya gejala mulut kering. Selain itu, kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

10. Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat menimbulkan sensasi di mulut, termasuk rasa haus dan mulut kering. Penelitian yang dilakukan oleh Japanese Dental Science Review melaporkan bahwa asupan alkohol yang kronis bisa meningkatkan kekeringan mulut.

Alkohol dapat menyebabkan penurunan volume cairan tubuh, sehingga tak heran jika kamu mengalami dehidrasi dan mulut kering.

Artikel Lainnya: Cara Alami Mengatasi Mulut Kering

11. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, beberapa orang tua mengalami gejala mulut kering yang disebabkan oleh sejumlah faktor.

Umumnya, ini terjadi karena penggunaan obat-obatan tertentu, perubahan kemampuan tubuh untuk memproses obat, kekurangan nutrisi, dan memiliki masalah kesehatan jangka panjang.

Berkurangnya air liur di dalam rongga mulut dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa penyebab mulut menjadi kering.

#JagaSehatmu dengan memastikan kebersihan mulut. Gosok gigi dua kali sehari dan gunakan obat kumur supaya pembersihan gigi semakin maksimal.

Bila kondisi mulut kering disertai dengan gejala lain, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Bisa juga dengan konsultasi lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(NM)

DehidrasiMulut Kering

Konsultasi Dokter Terkait