Sukses

Bakar Kalori Setelah Natal dengan 5 Olahraga Ini

Makan enak dengan porsi banyak saat Natal kemarin tentu bisa bikin berat badan naik. Yuk, bakar kalori kemarin dengan olahraga ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tentu rasanya tak lengkap merayakan Natal bersama keluarga dan kerabat, serta sahabat tanpa makan-makan. Apa saja yang dihidangkan di meja makan pun disantap, mulai dari olahan daging hingga kue-kue manis. Saat menikmati hari libur seperti ini, diet pun sering kali ikut “libur”, akibatnya porsi makan tak lagi terjaga. Ini tentu saja dapat memengaruhi angka timbangan. Daripada hanya dipenuhi rasa bersalah melihat angka timbangan bergeser ke kanan, lebih baik lakukan aksi nyata dengan membakar kelebihan kalori pasca kumpul-kumpul hari Natal kemarin.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa membantu Anda membakar kalori berlebih dari perayaan Natal kemarin. Jika salah satu dari olahraga ini adalah aktivitas fisik favorit Anda, segera lakukan.

1. Lompat tali (skipping)

Kerap disepelekan, faktanya lompat tali ampuh untuk membakar kalori. Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BmedSc(Hons), dari KlikDokter, olahraga yang sebenarnya memiliki tingkat intensitas tinggi itu dapat membakar 400 kalori dalam waktu 30 menit.

Tak cuma dapat membakar kalori, lompat tali juga dapat memperkuat serta menjaga kepadatan tulang. Bahkan, lompat tali juga bisa menguatkan otot kaki, sehingga Anda tak mudah lelah saat berjalan kaki ataupun menaiki tangga.

2. Lari

Tak punya alat olahraga apa pun di rumah? Jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan Anda absen atau menunda berolahraga pasca makan-makan perayaan Natal. Jika cuaca mendukung, pakai pakaian olahraga yang nyaman, gunakan sepatu lari andalan, berlarilah mengelilingi komplek rumah.

“Lari dengan kecepatan 12 km per jam akan membakar kalori paling banyak, yaitu 1.000 kalori,” kata dr. Jesslyn.

Kendati demikian, usahakan untuk tidak berlari dengan intensitas yang tinggi terus-menerus. Cobalah lari cepat selama 2 menit, kemudian dilanjutkan dengan joging 1 menit, sehingga Anda tidak mengalami kelelahan yang berlebih. Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan sebelum, selama, dan sesudah berlari.

3. Sepak bola, basket, atau bersepeda bersama

Faktanya, berolahraga bersama akan lebih menyenangkan sekaligus memotivasi. Ajak keluarga atau sahabat yang punya “dosa” yang sama saat perayaan Natal kemarin untuk berolahraga tim seperti sepak bola, futsal, atau basket.

“Sepak bola dapat membakar kalori hingga 1.000 per jam karena pemainnya terus berlari mengejar bola. Sedangkan basket, olahraga tersebut bisa membakar 700 kalori per jam,” jelas dr. Jesslyn.

Jika tidak ada lapangan atau fasilitas olahraga untuk bermain sepak bola atau basket di dekat tempat Anda tinggal, cobalah bersepeda. Sambil menelusuri jalan-jalan yang dulu sering dilewati saat masih sekolah, Anda bisa melakukan konvoi sepeda untuk membakar kalori sebanyak 500-700 kalori per jam.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Boxing

Punya samsak di rumah? Jangan dibiarkan menganggur. Manfaatkan untuk boxing alias berlatih tinju. Jika tak punya sarung tinju, Anda bisa melilit tangan dengan kain. Olahraga ini menawarkan pembakaran sebanyak 550-800 kalori per jam.

5. Berenang

Berenang selama 1 jam mampu membakar sebanyak 546 kalori. Namun, jumlah kalori yang terbakar sangat bergantung dengan jenis gaya renang yang dilakukan. Renang gaya kupu-kupu dan gaya dada termasuk gaya renang yang paling menghabiskan kalori.

Untuk menurunkan berat badan, olahraga memegang peran penting. Menurut anjuran dr. Atika dari KlikDokter, olahraga yang paling tepat untuk seseorang yang ingin menurunkan lemak dan mengalami obesitas adalah olahraga yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama, misalnya durasi olahraga harus mencapai 45 menit hingga 1 jam (hingga cadangan lemak harus dibakar untuk memperoleh energi).

“Lakukanlah olahraga yang tidak terlalu berat (intensitas ringan-sedang), asalkan rutin yakni minimal 3 kali per minggu,” dr. Atika menambahkan.

Jika Anda makan berlebihan saat perayaan Natal kemarin hingga bikin berat badan bertambah, tebus “dosa” tersebut dengan segera berolahraga. Lakukanlah olahraga-olahraga yang disebutkan di atas untuk membantu Anda membakar kalori. Perhatikan juga porsi dan jenis makanan yang Anda konsumsi dan pastikan Anda cukup tidur.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar