Sukses

Tips Anti Mabuk Perjalanan Saat Liburan Akhir Tahun

Mabuk perjalanan bisa amat menyebalkan, apalagi ketika terjadi saat liburan akhir tahun. Lakukan hal-hal berikut ini untuk menghalaunya.

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini tentu Anda tengah menikmati liburan akhir tahun dan menuju tempat rekreasi bersama keluarga. Tentunya Anda tak sabar ingin cepat sampai di tempat tujuan. Namun, apa jadinya bila mabuk perjalanan menyerang secara tiba-tiba?

Berdasarkan penjelasan dr. Atika dari KlikDokter, mabuk perjalanan bisa terjadi secara perlahan-lahan, tak selalu muncul secara tiba-tiba. Kondisi ini disebabkan oleh konflik yang terjadi antara stimulus-stimulus yang diterima oleh sistem keseimbangan tubuh.

Sebelum penjelasan berlanjut, dr. Atika turut memaparkan 3 pengatur sistem keseimbangan manusia, yakni sistem vestibular yang terletak di organ telinga, sistem penglihatan pada organ mata dan sistem perabaan serta otot (somatosensorik).

“Ketiga sistem ini saling memberikan masukan pada tubuh untuk memberikan informasi seputar status keseimbangan tubuh Anda. Ketika stimulus dari ketiganya tidak sesuai, maka Anda akan mengalami mabuk perjalanan,” ujar  dr. Atika.

Kiat mencegah mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan saat liburan akhir tahun sebenarnya tampak normal. Namun, terdapat beberapa kelompok yang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya, misalnya pada wanita dan ibu hamil, terkait siklus menstruasi, pengguna kontrasepsi oral, penderita migrain, hingga pengidap gangguan pada sistem vestibular.

Berdasarkan anjuran dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mencegah serangan mabuk perjalanan saat liburan.

1. Makan sebelum memulai perjalanan

Sebaiknya Anda tidak bepergian dalam perut kosong. Penting untuk mengisi perut sebelum bepergian, dan jenis makanan disarankan untuk dikonsumsi adalah yang bersifat rendah lemak.

“Anda bisa membawa camilan atau makanan ringan selama perjalanan, karena cara ini juga dapat mengurangi mabuk darat,” ujar dr. Sara. Agar lebih sehat, Anda dapat membawa buah kering bebas gula tambahan ataupun kacang-kacangan.

2. Melihat pemandangan ke kaca jendela

Bila posisi duduk Anda berada di kursi penumpang di belakang, Anda disarankan melihat pemandangan ke kaca jendela sepanjang perjalanan dibandingkan melihat area dalam mobil terus-menerus. Pemandangan bantaran sawah yang hijau atau pepohonan yang cantik dinilai mampu mengatasi mual akibat mabuk perjalanan.

3. Menjadi pengendara

Bila kondisi memungkinkan, salah satu cara agar Anda terhindar dari mabuk darat adalah dengan menjadi pengendara mobil yang digunakan. Menjadi pengendara akan membuat Anda memegang kontrol atas pergerakan mobil, sehingga Anda pun dapat memperkirakan arah perpindahannya.

4. Memilih tempat duduk area depan

Bila tidak dapat menjadi pengendara, sebaiknya pilih tempat duduk di area depan yang membuat Anda mampu mengobservasi jalanan dari kaca depan. Sistem visual Anda akan merespons pergerakan pemandangan, dan menyesuaikannya dengan stimulus dari sistem vestibular.

“Selain itu, dengan duduk di depan, Anda lebih mudah memperkirakan pergerakan kendaraan karena bisa ikut memperhatikan tanda berhenti, tanda berjalan, dan sebagainya,” kata dr. Sara, menambahkan penjelasan terkait mabuk perjalanan.

5. Mengonsumsi obat

Siapkan obat pencegah mabuk perjalanan untuk berjaga-jaga. Obat jenis ini dijual bebas di apotik. Kendati demikian, Anda tidak boleh mengabaikan efek samping yang dapat terjadi. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obat bebas ini.

Sebagai alternatif pengganti obat, Anda dapat mengonsumsi permen jahe yang disebut-sebut mampu mengurangi mabuk darat. Meski penelitian mengenai hal ini masih dibutuhkan, tak ada salahnya  jika Anda coba, kan?

Liburan tahun baru adalah momen untuk berkumpul dan bersenang-senang bersama keluarga dan orang tersayang. Namun bila mabuk perjalanan menyerang saat Anda tengah menikmati liburan akhir tahun, tentunya akan sangat mengganggu. Nah, agar liburan Anda bebas drama, ikuti langkah-langkah di atas, sehingga Anda pun terbebas dari mabuk perjalanan. Selamat berlibur!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar