Sukses

Membersihkan Lidah Bisa Atasi Bau Mulut, Benarkah?

Meski rajin menyikat gigi, kita terkadang masih mengalami bau mulut. Hal itu bisa saja terjadi karena Anda jarang membersihkan lidah.

Pernah mengalami bau mulut padahal selalu rutin menyikat gigi? Ternyata, hal itu bisa disebabkan karena Anda jarang membersihkan lidah. Lalu, mengapa lidah yang tidak dibersihkan dapat memicu bau mulut? Dan bagaimana cara menghilangkan bau mulut tak sedap ini? 

Membersihkan Lidah Bisa Atasi Bau Mulut?

Menggosok gigi dua kali sehari sudah menjadi kebiasaan rutin sebagian besar orang. Namun, membersihkan lidah setelahnya seringkali dilewatkan atau dianggap kurang perlu. 

Padahal, permukaan lidah merupakan tempat berkumpulnya bakteri sehingga dapat menimbulkan bau mulut. Hal ini dikarenakan pangkal lidah adalah area yang lembap di antara rongga mulut dan tenggorokan yang jarang tersentuh.

Permukaan lidah yang tidak dibersihkan dapat menjadi rumah yang nyaman, baik untuk bakteri, virus, dan sisa makanan. Bakteri dapat berkembang biak dan menghasilkan gas sulfur (VSC) yang menyebabkan terjadinya bau mulut. 

Bukan cuma bau mulut, bakteri yang menempel dan menumpuk di permukaan lidah juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan mulut.

Untuk menghilangkan bau mulut secara total, Anda perlu mencari tahu dulu penyebabnya. Jadi memang tidak bisa dengan membersihkan lidah saja. Tapi setidaknya membersihkan lidah secara rutin dapat membantu mengurangi munculnya bau mulut.

Artikel Lainnya: Cek Kondisi Kesehatan Anda dari Warna Lidah

1 dari 3 halaman

Manfaat Membersihkan Lidah

Selain untuk menjaga kesehatan lidah itu sendiri dan menghilangkan bau mulut, membersihkan lidah juga punya beberapa manfaat. Berikut diantaranya:

  • Meningkatkan Indra Perasa

Penggunaan tongue scraper akan membuat permukaan lidah menjadi lebih bersih, sehingga dapat meningkatkan sensasi rasa pada lidah, seperti rasa pahit, asam, asin dan manis.

  • Memperbaiki Penampilan Lidah

Permukaan lidah yang tidak dibersihkan akan terlihat seperti lapisan yang berwarna putih. Dengan membersihkan lidah, lapisan putih tersebut bisa dihilangkan.

  • Mengusir Bakteri

Ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa dengan membersihkan lidah, Anda dapat mengurangi angka insiden bakteri Streptococcus mutans dan Lactobacilli di dalam mulut. Kedua jenis bakteri tersebut dapat menyebabkan timbulnya gigi berlubang dan bau mulut.

  • Meningkatkan Kesehatan Mulut

Dengan rajin membersihkan lidah, bakteri dapat hilang sehingga mampu mencegah timbulnya berbagai penyakit mulut. Misalnya gigi berlubang, penyakit gusi, atau penyakit mulut lainnya.

Artikel Lainnya: Lidah Anda Bermasalah? Mungkin Ini Sebabnya

2 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Lidah dengan Benar

Membersihkan lidah harus dilakukan dengan rutin dan hati-hati agar tidak melukai permukaan lidah. Berikut ini adalah cara membersihkan lidah dengan benar.

  1. Menggunakan Pembersih Lidah

  • Berdirilah di depan cermin, lalu bukalah mulut Anda, kemudian julurkan lidah.
  • Tempatkan alat khusus pembersih lidah di bagian pangkal lidah. Bila terasa mual, Anda bisa memulainya pada bagian tengah lidah terlebih dahulu secara bertahap.
  • Gosoklah lidah secara perlahan ke arah ujung lidah dengan satu tarikan.
  • Setelah satu tarikan, bersihkan alat pembersih lidah dengan tisu atau lap bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  • Ulangi hingga 2-3 kali atau saat Anda merasa lidah sudah bersih.
  • Bila sudah selesai, selalu bersihkan alat pembersih lidah dengan menggunakan air hangat, lalu keringkan. Simpan alat tersebut di tempat yang bersih dan kering.
  • Setelah selesai, bilas mulut dengan air.
  • Bersihkan permukaan lidah dua kali sehari setelah menggosok gigi. Atau jika mulut terasa kering atau merasakan rasa tak sedap di mulut pada siang hari, bersihkan lidah segera.

Artikel Lainnya: Stres Picu Bau Mulut

  1. Menggunakan Sikat Gigi

  • Jika ingin menyikat lidah yang benar menggunakan sikat gigi, sebaiknya lakukan setelah selesai menyikat gigi dan meludah tapi sebelum berkumur. Jadi pada mulut dan sikat gigi masih ada busa sikat gigi.
  • Letakkan sikat gigi pada permukaan lidah sejauh mungkin di bagian pangkalnya, lalu gosokkan perlahan sambil bergerak menuju ke ujung lidah.
  • Lalu lanjutkan untuk menyikat permukaan pipi bagian dalam, dan juga langit-langit supaya seluruh rongga mulut ikut menjadi bersih.
  • Apabila Anda memiliki refleks muntah yang sensitif, jangan menggosoknya terlalu kencang. Selain itu, menggosok lidah dengan kencang dapat membuat lidah luka atau meradang.
  • Gunakan tekanan yang ringan saja, lalu bisa sambil melakukan exhale atau buang nafas, dan tahan selama beberapa detik sambil melakukan penyikatan pada lidah. 
  • Jika terdapat luka atau radang pada lidah, hentikan menyikat lidah 1-2 hari sampai luka sembuh kembali. Lalu mulailah menyikat lidah dengan tekanan yang ringan.

Artikel Lainnya: Rajin Sikat Gigi, Tapi Kok Tetap Bau Mulut?

  1. Menggunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur bisa membersihkan lidah sekaligus rongga mulut dengan mudah. Anda bisa melakukannya setiap habis sikat gigi. 

Agar mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus mengetahui jenis obat kumur mana yang berfungsi sebagai antiseptik. Karena antiseptik bisa membunuh bakteri penyebab mulut bau. Oleh karena itu, pilihlah obat kumur yang mengandung bahan cetylpyridinium chloride. 

Menurut American Dental Association (ADA), menghilangkan bau mulut sebenarnya tidak efektif jika hanya dengan membersihkan lidah saja. Kegiatan lain seperti menggosok gigi, membersihkan karang gigi di dokter gigi setiap enam bulan sekali, membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi (flossing), dan berkumur juga tak kalah penting.

Membersihkan lidah memang dapat mencegah timbulnya bau mulut. Namun, bila bau mulut tak kunjung hilang, segera konsultasikan dengan dokter gigi untuk mencari tahu penyebabnya dan mendapatkan solusi yang tepat. 

Untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah gigi dan mulut Anda, bisa melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. 

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar