Sukses

Musim Hujan, Hindari 3 Lokasi Ini Saat Liburan Akhir Tahun

Liburan akhir tahun telah tiba! Mengingat musim hujan menyelimuti sebagian besar wilayah Indonesia, hindari lokasi-lokasi ini saat berlibur.

Klikdokter.com, Jakarta Menyambut pergantian tahun, banyak orang yang memanfaatkannya untuk liburan akhir tahun. Hanya saja, pada musim hujan seperti ini, sebaiknya pilihlah destinasi berlibur yang aman, sekaligus menghindari beberapa lokasi yang diketahui rawan bencana.

Terkait rawan bencana, kejadian tsunami Selat Sunda di beberapa wilayah di Banten dan Lampung pada hari Sabtu malam lalu (22/12) bisa menjadi acuan. Banyak korban tsunami yang kala itu tengah berlibur di pantai, seperti di Tanjung Lesung dan Anyer. Tak hanya bangunan yang rusak berat, tsunami pun mengakibatkan jatuhnya ratusan korban jiwa, lebih dari seribu korban luka-luka, serta puluhan yang belum diketahui keberadaannya.

Belajar dari musibah tersebut, langkah-langkah antisipasi ekstra sebaiknya dilakukan, apalagi jika destinasi liburan bersentuhan dengan alam.  Demi kelancaran, kenyamanan, dan keselamatan saat liburan akhir tahun, berikut ini adalah beberapa tempat yang sebaiknya Anda hindari saat musim hujan:

1. Pantai

Pantai merupakan salah satu destinasi favorit saat liburan. Suara ombak yang berdebur, angin sepoi-sepoi, atau membayangkan menyeruput es kelapa muda sambil berjemur memang menyenangkan.

Namun, biasanya saat musim hujan ombak di pantai lebih sering pasang dan cenderung tinggi, sehingga sebaiknya dihindari. Apalagi jika letak pantai tak begitu jauh dari gunung berapi yang diketahui aktif, atau beberapa bulan belakangan dilaporkan mengalami peningkatan aktivitas. Selain itu, berenang di laut saat ombak sedang tinggi juga bisa berbahaya.

2. Arung jeram di sungai

Saat libur akhir tahun, banyak juga orang yang memanfaatkannya dengan melakukan aktivitas yang menantang. Contohnya adalah rafting atau arung jeram di sungai. Hanya saja, satu hal yang harus menjadi pertimbangan saat melakukan arung jeram saat musim hujan adalah debit air yang lebih tinggi, serta arus yang cenderung lebih kencang. Salah satu yang rentan terjadi ketika debit air tinggi adalah banjir bandang.

3. Area puncak, daerah bertebing, atau gunung

Puncak atau daerah yang identik dengan ketinggian dan tebing juga bisa berbahaya untuk dijajaki saat musim hujan. Akibat curah hujan tinggi, lokasi-lokasi tersebut menjadi rawan longsor.

1 dari 2 halaman

Rekomendasi tempat liburan

Tiga destinasi di atas memang sebaiknya dihindari saat musim hujan. Namun, bukan berarti liburan akhir tahun Anda lantas dijamin suram. Ada beberapa destinasi liburan yang bisa Anda pilih, yang tetap bisa membuat Anda senang tanpa ada risiko yang mengintai akibat musik hujan. Apa saja?

  • Museum

Tak hanya aman, tapi tujuan ini punya nilai edukatif. Harganya pun murah. Tak melulu soal artefak, foto, pakaian tradisional, atau diorama masa lampau, banyak pula jenis museum lainnya yang menawarkan konsep yang berbeda, seperti seni kontemporer. Selain itu, cobalah rajin cek jadwal pergelaran seni atau eksibisi yang bisa Anda datangi saat liburan.

  • Planetarium

Tempat ini sungguh pas jika Anda berencana mengajak si Kecil. Anda bisa memperkenalkannya dengan angkasa, tata surya, astronomi, atau benda-benda langit lainnya dengan tampilan yang atraktif.

  • Pertunjukan sirkus

Memasuki liburan akhir tahun, ada banyak aktraksi atau wahana hiburan yang bisa dipilih untuk dinikmati bersama teman atau keluarga, misalnya pertunjukan sirkus. Pertunjukan ini biasanya menampilkan aksi akrobatik, trapeze, tarian, atraksi api, juggling, badut dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencari tahu pertunjukan sirkus seperti apa yang tengah berlangsung sekaligus jadwalnya di area sekitar tempat Anda tinggal.

Saat musim hujan, sebaiknya Anda mengindari beberapa lokasi yang rawan demi kelancaran, kenyamanan, serta keselamatan liburan akhir tahun Anda dan keluarga. Jika tak ada rencana ke mana-mana untuk liburan Tahun Baru, Anda tetap dapat menikmati liburan akhir tahun dengan teman-teman atau keluarga. Bukan masalah ke mana tujuannya, tapi yang penting adalah dengan siapa saja Anda menghabiskan waktu yang berkualitas.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar