Sukses

Melatih Keseimbangan Tubuh Anda dengan 6 Cara Ini

Keseimbangan tubuh penting bagi siapa saja agar tidak mudah jatuh. Yuk melatih keseimbangan tubuh dengan cara-cara mudah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat berolahraga biasanya orang lebih fokus untuk membentuk tubuh dan mengurangi berat badan. Meski kerap disepelekan nyatanya keseimbangan tubuh sangat dibutuhkan dalam berbagai aktivitas harian.

Faktanya, keseimbangan tubuh yang baik dapat meningkatkan kemampuan gerak secara keseluruhan. Karenanya, melatih keseimbangan akan sangat baik untuk menunjang kebugaran.

Sebagai catatan penting, otot-otot yang mendukung keseimbangan tubuh bakal melemah ketika Anda memasuki usia 30 tahun. Pada usia tersebut, jangkauan kaki mulai memendek. Tak hanya itu, kecepatan langkah kaki berkurang, pandangan mata yang mendukung koordinasi tubuh pun kabur.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Menurut A. Lynn Millar, seorang profesor fisioterapi di Winston-Salem State University, Amerika Serikat (AS), keseimbangan tubuh tidak melemah hanya dengan pertambahan usia. Latihan fisik secara rutin akan membantu Anda untuk mempertahankannya.

Pentingnya menjaga keseimbangan tubuh

Menjaga keseimbangan tubuh penting untuk mencegah tubuh dari gangguan internal, misalnya jatuh. Sekitar 20 persen wanita dewasa yang mengalami fraktur pinggul mengalami cacat fisik permanen, dan 20 persen lainnya meninggal setiap tahun.

Manfaat yang Anda peroleh dari menjaga keseimbangan tubuh tidak hanya melindungi Anda dari berbagai gangguan internal. Memiliki keseimbangan tubuh yang baik juga bermanfaat dalam mendukung mobilitas, mengurangi cedera, dan memperkuat fisik selama berolahraga.

Untuk memastikan hal-hal di atas, berikut ini adalah 6 cara mudah melatih keseimbangan tubuh yang bisa sesegera mungkin Anda terapkan.

1. Berdiri dengan satu kaki

Untuk melatih keseimbangan, berdiri dengan satu kaki bisa Anda jadikan rutinitas. Lakukan pada kedua kaki secara bergantian, dengan rentang waktu 30 detik.

2. Berjalan menggunakan tumit dan jari kaki

Berjalanlah sebanyak 20 langkah ke depan dengan tumit dan bergantian dengan jari kaki. Lakukan juga dengan berjalan mundur.

3. Berlatih squat

Kaki yang kuat akan menurunkan risiko Anda jatuh. Squat bisa melatih kekuatan otot kaki sebagai tumpuan utama tubuh Anda. Tak hanya itu, squat juga bisa mengencangkan otot paha bagian depan.

Cara melakukannya, rentangkan kaki, tekuk kedua lutut, lalu perlahan turunkan pinggul seakan Anda ingin berjongkok. Lakukan gerakan ini seputar 8-10 kali.

4. Memutar kaki dan tangan searah jarum jam

Berdirilah dengan satu kaki, tubuh lurus, dengan tangan diletakkan di pinggang. Gerakan sebelah tangan Anda dengan mengikuti posisi jam 12, 3, dan 9 sebaik mungkin tanpa kehilangan keseimbangan tubuh. Lakukan secara berulang dan bergantian dengan tangan lainnya.

Masih dengan posisi berdiri satu kaki, luruskan satu kaki ke dapan, lalu bayangkan diri Anda adalah pusat jam. Lalu, arahkan kaki memutar setengah lingkaran seperti arah jarum jam 12, 9, dan 3, dengan tangan terus memegangi pinggang. Lakukan juga pada kaki satunya.

5. Tidur malam cukup

Tidurlah secara cukup, yakni 7-8 jam setiap malamnya. Penelitian dari California Pacific Medical Center, Amerika Serikat (AS), menunjukkan adanya keterkaitan antara kurangnya waktu tidur dengan kemungkinan jatuh.

6. Menguji keseimbangan tubuh

Setelah mengetahui cara-cara untuk melatih keseimbangan tubuh, kini saatnya Anda mengujinya. Berikut tiga cara untuk mengujinya:

  • Berdiri dengan dua kaki

Berdirilah menggunakan kedua kaki, lalu pejamkan mata. Jika Anda memiliki keseimbangan tubuh yang baik, Anda akan mampu menjaga posisi ini selama 60 detik tanpa adanya pergeseran kaki.

  • Berdiri dengan satu kaki

Tumpukanlah beban tubuh pada satu kaki. Biasanya, orang berusia di bawah 60 tahun mampu melakukannya selama rata-rata 29 detik dengan mata terbuka, dan rata-rata 21 detik dengan mata tertutup.

  • Berdiri dengan telapak kaki bagian depan

Berjinjitlah menggunakan satu kaki. Jika Anda memiliki keseimbangan tubuh yang baik, Anda dapat melakukannya selama setidaknya 25 detik.

Proses melatih keseimbangan tubuh juga perlu diimbangi dengan menjaga kesehatan tubuh. Caranya tentu saja dengan memperhatikan pola makan yang baik, pola tidur, aktivitas fisik, serta stres. Dengan didukung badan yang sehat, keseimbangan tubuh pun dapat diraih dengan lebih optimal.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar