Sukses

Kiat Hidup Sehat di Hari Natal yang Kudus

Hari Natal Anda yang kudus jangan sampai ternoda akibat tak menjaga kesehatan. Ikuti kiat hidup sehat berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Perayaan Natal identik dengan berkumpul bersama keluarga dan makan-makan setelah ibadah Natal. Momen ini kadang justru membuat Anda tidak memperhatikan kesehatan Anda. Pastikan Anda tetap menjalankan kiat hidup sehat saat merayakan Hari Natal yang kudus ini.

Ada banyak aktivitas menarik yang biasanya dilakukan umat Kristiani saat merayakan Natal, seperti bertukar kado, atau menikmati hidangan khas Natal. Hari Raya Natal selalu identik dengan berbagai menu yang lezat, baik makanan berat atau ringan. Berbagai makanan khas juga tentunya berjejer rapi di meja makan dan siap untuk disantap.

Pada perayaan hari besar, seperti Hari Natal, kadang orang-orang sampai lupa menjaga kesehatan mereka. Semua makanan yang ada disantap tanpa memikirkan jumlah kalori, kandungan lemak, dan bahayanya bagi tubuh Anda. Tak jarang, deretan menu Natal yang menggoda tersebut tak jarang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika asupannya tidak dikontrol.

Natal biasanya identik dengan makanan manis. Hal ini, menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, harus menjadi perhatian. Kalau bisa, jangan konsumsi terlalu banyak.

“Saat perayaan Natal mirip dengan perayaan Thanksgiving. Biasanya banyak terhidang makanan yang manis-manis, seperti kue yang manis atau makanan lainnya. Jadi, kiat sehatnya adalah kurangi manis-manis, apalagi yang dengan tambahan pemanis buatan. Selain itu, tetap lakukan aktivitas fisik dan cukup istirahat," ujar dr. Sepri ketika dikonfirmasi.

Perayaan Natal juga biasanya akan berlanjut kepada perayaan tahun baru. Ini karena jarak waktunya berdekatan. Untuk hal ini, dr. Sepri mewanti-wanti agar Anda jangan sampai begadang, jika memang tidak perlu.

"Jangan begadang, kalaupun harus begadang di malam tahun baru, besoknya tidurnya harus cukup," ucap dr. Sepri.

Kiat hidup sehat lainnya

Berbagai kegiatan sudah menanti ketika Hari Natal. Meski begitu, Anda harus tetap menjaga tubuh sehat dan bugar sehingga perayaan Natal Anda tidak membuat Anda sakit.

Berikut beberapa kiat lainnya saat merayakan Hari Natal:

  • Pilih minuman yang sehat

Minuman manis tak terhindarkan saat perayaan Natal, mulai dari sirup, es buah, sampai soda. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, terlalu banyak minum minuman dengan kandungan gula tinggi tidak baik untuk kesehatan. Lebih baik pilih air putih jika memungkinkan saat sedang berkumpul dengan keluarga. Jika ingin mencicipi minuman manis tentu boleh saja, tapi harus Anda batasi konsumsinya.

  • Cuci tangan

Tradisi merayakan Natal membuat Anda bertemu dan bersalaman dengan banyak orang. Menurut dr. Astrid, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang merupakan tempat berkumpul kuman.

Sebagai upaya pencegahan agar tidak menyebarkan atau tertular kuman saat bersalam-salaman, jangan lupa untuk cuci tangan sebelum dan setelah bersalaman dengan air mengalir dan sabun. Ingat, pakai sabun, itu karena efektif membunuh kuman dan bakteri di tangan daripadi hanya pakai air.

Meski ada beberapa hal yang Anda perhatikan untuk tetap menjaga kesehatan Anda saat merayakan Natal, namun Anda tidak perlu terlalu kaku. Yang terpenting Anda bisa mengontrol asupan apa saja yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Jangan sampai perayaan Hari Natal yang kudus Anda dan keluarga berubah menjadi mimpi buruk akibat tidak menjaga kesehatan. Lakukan kiat hidup sehat saat merayakan Natal yang dipaparkan di atas. Jadi, Anda tetap dapat bergembira saat merayakan Natal bersama keluarga dan teman-teman, sekaligus tetap sehat. Karena Anda perlu selalu memiliki kondisi tubuh yang prima, bahkan setelah Natalan selesai.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar