Sukses

Tips Aman Bermain Gawai agar Tak Merusak Mata

Sering bermain gawai bisa mengganggu kesehatan mata Anda. Jika Anda hobi memainkannya, lakukan tips ini agar kesehatan mata terjaga.

Klikdokter.com, Jakarta Gawai seakan sudah menjelma menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat zaman sekarang. Menghadapi itu, Anda dituntut untuk terus waspada dan berhati-hati. Pasalnya, penggunaan gawai secara berlebihan berhubungan erat dengan kerusakan mata atau penglihatan.

Beberapa jenis penyakit mata diketahui dapat menjadi semakin berat dengan kebiasaan menggunakan gawai dalam waktu lama. Penyakit tersebut, antara lain sindrom mata kering (dry eyes), rabun jauh (miopia), mata lelah (astenopia), dan degenerasi sel retina (ARMD–Age-related Macular Degeneration).

  1. Sindrom mata kering

Sindrom mata kering menujukkan adanya gangguan pada sistem produksi maupun distribusi air mata, yang bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit (multifaktorial). Kondisi mata kering juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata dan menyebabkan pandangan menjadi buram. Bila dibiarkan, keadaan itu bisa berujung pada kerusakan lapisan kornea mata secara permanen.

Keluhan yang sering terjadi pada kasus mata kering adalah sebagai berikut:

  • Rasa perih dan kekeringan pada mata
  • Terasa seperti ada benda asing atau sensasi permukaan mata berpasir
  • Mata merah
  • Sering berair
  • Iritasi mata
  • Mata silau
  • Penglihatan sedikit terganggu

Penggunaan gawai secara berlebihan diketahui berkaitan dengan sindrom mata kering akibat frekuensi berkedip yang otomatis berkurang. Padahal, kedipan mata sangat berperan dalam menyebarkan air mata yang diproduksi oleh kelenjar di mata, untuk membasahi permukaan mata.

  1. Rabun jauh (miopia)

Miopia atau rabun jauh merupakan suatu kondisi adanya keburaman saat melihat benda-benda yang berjarak jauh. Meski begitu, mata tetap mampu melihat benda yang berada di jarak dekat dengan jelas.

Beberapa penelitian terbaru menemukan korelasi antara aktivitas melihat jarak dekat yang berlebihan (extensive near work) sebagai salah satu faktor yang memperberat rabun jauh. Keadaan tersebut sejalan dengan telepon pintar dan gawai lain, yang termasuk dalam kategori aktivitas melihat jarak dekat dalam waktu lama.

  1. Mata lelah

Saat mata terasa lelah, tegang, serta pandangan menjadi kabur setelah bekerja intens dan dalam waktu yang lama, maka kemungkinan besar Anda sedang mengalami Astenopia.

Astenopia atau eye strain adalah kondisi yang terjadi ketika mata mengalami kelelahan setelah beraktivitas secara berlebihan. Melihat gawai terlalu lama juga dikaitkan dengan terjadinya kondisi ini.

  1. Degenerasi sel retina (ARMD)

Penelitian terbaru mengaitkan penggunaan gawai berlebihan dengan percepatan penyakit kerusakan sel retina (ARMD). Kondisi tersebut berhubungan dengan sinar biru yang dipancarkan oleh gawai, yang diteliti secara in vitro dapat merusak sel-sel makula yang ada di retina. Meski masih butuh setudi lanjutan, hasil penelitian tersebut sudah sepatutnya menimbulkan kewaspadaan.

Tips agar gawai tidak merusak mata

Untuk memperkecil risiko terjadinya penyakit-penyakit di atas, berikut adalah beberapa tips aman bermain gawai yang bisa Anda lakukan:

  • Hindari penggunaan gawai secara berlebihan. Contohnya, ambil waktu untuk mengistirahatkan mata setelah 30 menit hingga 45 menit beraktivitas menggunakan gawai.
  • Jangan gunakan gawai dalam jarak yang terlalu dekat. Akan lebih baik bila Anda beri jarak sekitar 30–45 cm.
  • Rutin mengistirahatkan mata setelah melihat gawai dengan cara melakukan pandangan jauh, misalnya melihat jauh keluar jendela. Cara ini dapat mengurangi risiko terjadinya astenopia.
  • Tutup mata selama 30 detik. Cara ini dapat membantu menyebarkan air mata secara merata ke seluruh permukannya.
  • Seringlah berkedip ketika Anda melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi mata dalam jangka waktu lama.

Gawai memang bisa memberikan kemudahan sekaligus sebagai media hiburan di kala senggang. Namun, jangan sampai Anda terlena sehingga menggunakannya secara sembarangan atau berlebihan. Anda tak ingin mengalami kerusakan mata atau gangguan penglihatan, bukan?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar