Sukses

4 Makanan yang Buruk untuk Gigi

Anda ingin gigi selalu sehat? Hindari empat makanan ini karena dapat berdampak buruk pada gigi.

Klikdokter.com, Jakarta Gigi adalah salah satu organ penting manusia untuk memotong dan mengunyah makanan sehingga dapat dicerna dengan baik. Namun, masalah gigi - seperti gigi berlubang - tentu dapat mengganggu kenikmatan Anda saat makan. Salah satu cara paling sederhana untuk mencegah datangnya masalah gigi adalah dengan rutin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari.

Selain merawat kesehatan gigi, memahami makanan yang hendak Anda konsumsi juga amat diperlukan. Seperti dilansir dari healthline.com, berikut sejumlah makanan yang buruk untuk kesehatan gigi yang dapat menimbulkan penyakit.

1. Permen asam

Hampir semua  jenis kudapan ini memiliki kandungan asam sangat tinggi yang dapat mengikis enamel, lapisan terluar gigi. Parahnya lagi, menyikat gigi setelah makan permen asam tidak bisa mencegah kerusakan tersebut, justru memperparah.

Ya, Jika enamel gigi sudah telanjur pecah, menyikat gigi justru semakin mengikisnya. Selain itu, permen asam umumnya memiliki tekstur kenyal sehingga dapat menempel pada gigi tanpa disadari dalam jangka waktu yang lama. Sisa permen tersebut dapat menyebabkan plak yang lama-lama membusuk dan menggerogoti gigi jika tidak dibersihkan dengan benar.

2. Minuman beralkohol

Siapa pun tahu bahwa alkohol tidak baik bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali masalah kesehatan yang dipicu oleh minuman satu ini, salah satunya pada kesehatan gigi.

Minum alkohol dapat membuat mulut kering dan dehidrasi yang berdampak pada kesehatan Anda. Pada dasarnya, mulut membutuhkan air liur untuk membersihkan sisa-sisa makanan serta melindungi jaringan lunak dari iritasi dan infeksi. Jika dibiarkan, kotoran tersebut juga bakal berdampak buruk pada kesehatan gigi Anda.

3. Jeruk

Siapa yang tidak suka dengan jeruk? Kandungan vitamin C dalam buah tersebut sangat berguna bagi tubuh. Namun apabila Anda terlau sering mengonsumsi jeruk, kandungan asamnya dapat mengikis enamel sehingga gigi Anda akan lebih rentan terhadap pembusukan.

Hal ini bakal lebih parah apabila Anda sedang mengalami luka pada mulut dan menyebabkannya terasa lebih sakit. Demi menetralkan hal tersebut, kombinasikan jeruk dengan air putih usai mengonsumsi.

4. Buah kering

Anda mungkin berasumsi bahwa buah kering adalah camilan sehat. Meski begitu, buah kering tetap berbeda dengan buah segar. Buah yang dikeringkan seperti kismis, aprikot, plum, ara, dan lainnya, memiliki tekstur yang sangat manis dan cenderung lengket terhadap gigi.

Faktanya, kondisi tersebut memungkinkan buah terjebak di sela-sela gigi dan berpotensi menimbulkan plak yang akan mengundang bakteri. Plak gigi yang menumpuk lama-lama dapat membuat sakit gigi bahkan berlubang. Pastikan Anda berkumur atau minum banyak air putih setelah memakan buah kering. Setelah itu, menyikat gigi bisa jadi tindakan antisipasi agar tidak ada lagi sisa buah yang tersangkut di celah gigi.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk terus rutin merawat gigi, salah satunya adalah menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi. drg. Arni Maharani dari KlikDokter menyarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung HAP mineral dan fluoride.

“Penggunaan pasta gigi yang mengandung HAP Mineral dan fluoride dapat membantu proses remineralisasi permukaan email gigi serta kandungan microgranule, yakni butiran halus yang mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi,” tuturnya.

Jadi, batasi diri Anda saat mengonsumsi empat makanan di atas agar kesehatan gigi dapat terus terjaga. Selain itu, jangan lupa untuk menyikat gigi sekurangnya dua kali sehari untuk menjaga kebersihan gigi. Periksakan juga gigi Anda ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali, ya.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar