Sukses

Pasang Pohon Natal Ada Gunanya untuk Kesehatan

Selain menyemarakkan suasana saat Natal, memasang pohon Natal juga ada manfaatnya untuk kesehatan. Tak percaya? Ini buktinya.

Klikdokter.com, Jakarta Biasanya, sebulan hingga beberapa hari sebelum merayakan Hari Natal, umat Kristiani akan memasang pohon Natal di ruang keluarga. Tak lupa, macam-macam hiasan akan disematkan supaya pohon Natal tampak makin cantik Sayangnya kini, entah karena kesibukan atau alasan lain, semangat untuk memasang pohon Natal yang sudah menjadi tradisi sejak abad ke-16 ini menjadi berkurang.

Bahkan, Anda mungkin sempat berpikir untuk memasangnya nanti saja saat Malam Natal tiba. Padahal, pasang pohon Natal menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, terutama kesehatan mental Anda.

Manfaat di balik pasang pohon Natal

Dilansir Independent, seorang pakar psikologi asal Inggris bernama Steve McKeown mengatakan bahwa memasang pohon Natal jauh sebelum hari Natal tiba bisa meningkatkan kebahagiaan seseorang. Sebab, kegiatan tersebut menciptakan sensasi nostalgia yang bisa mengurangi perasaan stres dan cemas berlebihan setelah sepanjang tahun berkutat dengan pekerjaan.

“Di dunia yang penuh stres dan kecemasan ini, orang senang mencari hal-hal yang membuat mereka bahagia. Memasang dekorasi Natal akan membangkitkan perasaan dan kenangan di masa kecil Anda,” katanya.

Hal tersebut rupanya juga disetujui oleh seorang psikoterapis sekaligus penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do, Amy Morin. Menurutnya, berpartisipasi dalam penyambutan Natal dengan cara memasang pohon Natal dan berbagai atribut lainnya bisa menghubungkan seseorang dengan masa lalunya. Mereka pun akan lebih mudah dalam memahami jati dirinya sendiri.

Lebih dari itu, menyiapkan berbagai kebutuhan Natal dapat mengajarkan seseorang untuk bisa mencintai kehidupan dan mensyukuri segala berkah yang telah didapatkan sepanjang tahun. Jadi, sebelum merayakan akhir tahun 2018, Natal bisa Anda ibaratkan sebagai teaser penutup tahun yang begitu indah.

Sementara itu, Laura Kubzansky, profesor ilmu sosial dan perilaku dari Harvard School of Public Health, menuturkan bahwa kondisi psikologis yang bahagia akan memengaruhi kesehatan seseorang, yakni dengan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

Pohon Natal yang asli lebih menyehatkan

Di sisi lain, sejumlah petani di Amerika Serikat yang tergabung dalam Coalition of Environmentally Conscious Growers mempromosikan kepada masyarakat agar lebih tertarik untuk memasang pohon Natal yang asli ketimbang yang terbuat dari plastik berbahan dasar polyvinyl chloride (PVC).

Pasalnya, pohon Natal plastik yang diimpor dari Cina umumnya memiliki kandungan timbal yang berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan pohon asli lebih memberi manfaat karena dapat menghasilkan oksigen bagi manusia. Kendati demikian, pada kenyataannya memang cukup sulit mencari pohon cemara asli di Indonesia, kecuali Anda bepergian ke wilayah dataran tinggi.

Lagi pula, sebenarnya Anda juga bisa, kok, menggunakan tanaman berukuran sedang lainnya asalkan dapat dimasukkan ke dalam rumah. Tinggal hias saja sama persis seperti Anda menghias pohon Natal pada umumnya. Sehingga, sensasi nostalgianya didapatkan, tambahan cadangan oksigennya pun juga bisa Anda nikmati.

Memasang pohon Natal bisa menjadi kegiatan yang membahagiakan sekaligus menyehatkan. Jika Anda terlalu repot melakukannya sendirian atau sedang tinggal merantau sendiri, tak ada salahnya untuk mengajak sejumlah teman yang bersedia membantu Anda memasang pohon Natal. Dengan begitu, Anda bisa mengenang dan merasakan kebahagiaan masa lampau tanpa harus merasa sedih.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar