HomeInfo SehatKesehatan UmumManfaat Menghias Pohon Natal bagi Kesehatan
Kesehatan Umum

Manfaat Menghias Pohon Natal bagi Kesehatan

dr. Sara Elise Wijono MRes, 04 Des 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak sepele, pohon Natal ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Benarkah pohon Natal asli lebih baik bagi kesehatan? Ini lengkapnya.

Manfaat Menghias Pohon Natal bagi Kesehatan

Sebulan hingga beberapa hari sebelum hari Natal, umat Kristiani akan memasang pohon natal di rumah. Tak lupa, macam-macam hiasan akan disematkan agar cemara tampak makin cantik.

Sayangnya, semangat untuk memasang pohon Natal yang sudah menjadi tradisi sejak abad ke-16 ini agaknya makin berkurang. Bahkan, banyak yang memilih memasang dan menghias pohon Natal menjelang hari H.

Padahal, memasang dan menghias pohon Natal memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat Kesehatan di Balik Menghias Pohon Natal

Memasang pohon Natal jauh sebelum Natalan tiba, faktanya bisa meningkatkan kebahagiaan seseorang. Sebab, kegiatan tersebut menciptakan sensasi nostalgia yang bisa mengurangi perasaan stres dan cemas berlebih setelah sepanjang tahun sibuk beraktivitas.

Hal serupa juga diungkap psikoterapis sekaligus penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do, Amy Morin.

Menurut Morin, berpartisipasi menyambut Natal dengan memasang dan menghias pohon Natal serta berbagai atribut lainnya, bisa menghubungkan seseorang dengan masa lalunya. Mereka pun akan lebih mudah dalam memahami jati dirinya sendiri.

Lebih dari itu, menyiapkan kebutuhan Natal dapat mengajarkan seseorang untuk mencintai kehidupan dan mensyukuri segala berkah yang didapatkan sepanjang tahun. Jadi, sebelum merayakan akhir tahun, Natal bisa diibaratkan sebagai teaser penutup tahun yang indah.

Kondisi psikologis yang bahagia pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan seseorang. Antara lain dengan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

Artikel Lainnya: Dampak Baik Menghias Pohon Natal untuk Anak

Menghias Pohon Natal Asli, Lebih Banyak Manfaat 

Agar manfaat pohon Natal lebih maksimal, kamu lebih disarankan untuk menggunakan pohon cemara atau pinus asli, ketimbang yang berbahan plastik. Berikut beberapa manfaat menggunakan pohon Natal asli sebagai hiasan di rumah:

1. Pohon Natal Asli Bebas dari Bahan Berbahaya

Kelompok petani di Amerika Serikat, Coalition of Environmentally Conscious Growers, mengampanyekan masyarakat agar memasang pohon Natal asli ketimbang berbahan dasar polyvinyl chloride (PVC).

Pasalnya, pohon Natal plastik yang diimpor dari Tiongkok umumnya memiliki kandungan timbal yang berbahaya bagi kesehatan. Kendati demikian, memang cukup sulit mencari pohon cemara asli di Indonesia, kecuali kamu bepergian ke wilayah dataran tinggi.

2. Pewangi Ruangan Alami

Pohon cemara asli dapat menjadi pewangi ruangan alami untuk rumahmu. Wangi cemara sendiri cukup digemari masyarakat.

Buktinya, banyak produk pengharum, seperti karbol hingga pewangi ruangan dan mobil, menggunakan aroma cemara. Dengan memasang pohon asli, rumahmu pun ikut beraroma “Natal”.

Menghirup aroma yang menyenangkan dari pohon natal asli ini tentu membuat kamu perasaan kamu jadi lebih baik.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Sehat Merayakan Natal Bersama Keluarga

3. Menghasilkan Oksigen

Menghias pohon Natal asli lebih memberi manfaat karena dapat menghasilkan oksigen bagi manusia. Jika tidak bisa menemukan pohon Natal asli, kamu juga bisa, kok, menggunakan tanaman berukuran sedang lainnya. Namun, pastikan tanaman tersebut bisa dimasukkan ke dalam rumah.

Selanjutnya, hias saja semenarik dan secantik mungkin dengan ornamen Natal. Sensasi nostalgia didapatkan, tambahan cadangan oksigen juga bisa kamu nikmati, bukan?

4. Baik untuk Kesehatan Mental

Memiliki tanaman hidup di lingkungan sekitar terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental. Misalnya, mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan suasana hati.

Jika pohon Natal bisa dilihat dari tempat kerjamu, kemungkinan juga bermanfaat pada kualitas dan produktivitas kerja. Berada di sekitar tanaman hidup diketahui meningkatkan perhatian dan memori, meningkatkan produktivitas, juga membuat kamu semakin kreatif.

5. Baik untuk Lingkungan

Kegunaan pohon pinus di habitat aslinya adalah menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida dari lingkungan. Setelah digunakan sebagai pohon Natal, pinus bisa terurai dengan baik, tidak seperti yang berbahan plastik.

Artikel Lainnya: Manfaat Sehat Tukar Kado Saat Natal

Memasang dan menghias pohon Natal bisa menjadi kegiatan yang membahagiakan sekaligus memberi manfaat untuk kesehatan. Ajak pasangan, anak, orang tua, atau teman untuk memasang dan menghiasnya bersama agar lebih seru dan menyenangkan.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar menjaga hubungan baik dengan keluarga, gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Selain membantu mendapatkan solusi, berbagai artikel kesehatan yang disajikan di aplikasi KlikDokter juga bisa bantu #JagaSehatmu sepanjang hari!

[HNS/JKT]

Pohon natal

Konsultasi Dokter Terkait