Sukses

Manfaat Menghias Pohon Natal bagi Kesehatan

Tak sepele, pohon Natal ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Benarkah pohon Natal asli lebih baik bagi kesehatan? Ini lengkapnya.

Sebulan hingga beberapa hari sebelum hari Natal, umat Kristiani akan memasang pohon natal di rumah. Tak lupa, macam-macam hiasan akan disematkan agar cemara tampak makin cantik.

Sayangnya, semangat untuk memasang pohon Natal yang sudah menjadi tradisi sejak abad ke-16 ini agaknya makin berkurang. Bahkan, banyak yang memilih memasang dan menghias pohon Natal menjelang hari H.

Padahal, memasang pohon Natal menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, utamanya bagi kesehatan mental.

1 dari 3 halaman

Manfaat di Balik Pasang Pohon Natal

Memasang pohon Natal jauh sebelum Natalan tiba faktanya bisa meningkatkan kebahagiaan seseorang. Sebab, kegiatan tersebut menciptakan sensasi nostalgia yang bisa mengurangi perasaan stres dan cemas berlebih setelah sepanjang tahun sibuk beraktivitas.

Hal serupa juga diungkap psikoterapis sekaligus penulis buku 13 Things Mentally Strong People Don’t Do, Amy Morin.

Menurut Morin, berpartisipasi menyambut Natal dengan memasang pohon Natal dan berbagai atribut lain bisa menghubungkan seseorang dengan masa lalunya. Mereka pun akan lebih mudah dalam memahami jati dirinya sendiri.

Artikel lainnya: 5 Inspirasi Menu Sehat Natal untuk Dinikmati Bersama

Lebih dari itu, menyiapkan kebutuhan Natal dapat mengajarkan seseorang untuk mencintai kehidupan dan mensyukuri segala berkah yang didapatkan sepanjang tahun. Jadi, sebelum merayakan akhir tahun, Natal bisa diibaratkan sebagai teaser penutup tahun yang indah.

Kondisi psikologis yang bahagia pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan seseorang. Antara lain dengan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

2 dari 3 halaman

Pohon Natal Asli Lebih Menyehatkan

Agar manfaat pohon Natal lebih maksimal, Anda lebih disarankan untuk menggunakan pohon cemara atau pinus asli, ketimbang yang berbahan plastik. Berikut beberapa kelebihan pohon Natal asli:

1. Pohon Natal Asli Bebas dari Bahan Berbahaya

Kelompok petani di Amerika Serikat, Coalition of Environmentally Conscious Growers, mengampanyekan masyarakat agar memasang pohon Natal asli ketimbang berbahan dasar polyvinyl chloride (PVC).

Pasalnya, pohon Natal plastik yang diimpor dari Tiongkok umumnya memiliki kandungan timbal yang berbahaya bagi kesehatan. Kendati demikian, memang cukup sulit mencari pohon cemara asli di Indonesia, kecuali Anda bepergian ke wilayah dataran tinggi.

2. Pewangi Ruangan Alami

Pohon cemara asli dapat menjadi pewangi ruangan alami untuk rumah Anda. Wangi cemara sendiri cukup digemari masyarakat.

Buktinya, banyak produk pengharum, seperti karbol hingga pewangi ruangan dan mobil, menggunakan aroma cemara. Dengan memasang pohon asli, rumah Anda pun ikut beraroma “Natal”.

Artikel lainnya: 5 Manfaat Sehat Merayakan Natal Bersama Keluarga

3. Menghasilkan Oksigen

Pohon asli lebih memberi manfaat karena dapat menghasilkan oksigen bagi manusia. Jika tidak bisa menemukan pohon Natal asli, Anda juga bisa, kok, menggunakan tanaman berukuran sedang lainnya. Namun, pastikan tanaman bisa dimasukkan ke dalam rumah.

Selanjutnya, hias saja semenarik dan secantik mungkin dengan ornamen Natal. Sensasi nostalgia didapatkan, tambahan cadangan oksigen juga bisa Anda nikmati, bukan?

4. Baik untuk Kesehatan Mental

Memiliki tanaman hidup di lingkungan sekitar terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental. Misalnya, mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan mood positif.

Jika pohon Natal bisa dilihat dari tempat kerja Anda, kemungkinan juga bermanfaat bagi pekerjaan. Berdekatan dengan tanaman hidup diketahui meningkatkan perhatian dan memori, meningkatkan produktivitas, juga membuat Anda semakin kreatif.

5. Baik untuk Lingkungan

Kegunaan pohon pinus di habitat aslinya adalah menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida dari lingkungan.

Setelah digunakan sebagai pohon Natal, pinus bisa terurai dengan baik, tidak seperti yang berbahan plastik.

Memasang pohon Natal bisa menjadi kegiatan yang membahagiakan sekaligus menyehatkan. Ajak pasangan, anak, orang tua, atau teman untuk memasang dan menghiasnya bersama agar lebih seru dan menyenangkan.

Anda ingin berkonsultasi lebih mendalam tentang topik kesehatan lainnya? Manfaatkan layanan Live Chat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar