Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kiat agar Anak Tetap Nyaman Saat Bepergian dengan Pesawat

Kiat agar Anak Tetap Nyaman Saat Bepergian dengan Pesawat

Bepergian bersama anak dengan menggunakan pesawat terbang? Siapa takut! Intip tipsnya di sini.

Bepergian dengan anak kadang bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi saat bepergian dengan pesawat terbang.

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan agar perjalanan lancar dan tidak bermasalah. Mulai dari faktor anak sendiri, barang bawaan, hingga maskapai.

Berikut adalah beberapa tips bepergian naik pesawat bersama anak yang bisa Anda coba:

1. Kenali Aturan Maskapai Tentang Aturan Bepergian dengan Anak

Naik pesawat dengan anak berarti mempelajari aturan maskapai yang ingin Anda gunakan. Khususnya pada bagian aturan terbang bersama anak. Biasanya aturan ini ada di website semua maskapai penerbangan.

Pastikan usia anak Anda sudah diperbolehkan terbang oleh maskapai tersebut. Lengkapi juga dokumen yang diperlukan, seperti surat keterangan sehat, akta kelahiran, dan dokumen lain sesuai maskapai masing-masing.

2. Pilih Waktu Terbang yang Nyaman Sesuai Durasi Penerbangan

Memilih waktu terbang juga menjadi salah satu tips penting jika Anda membawa anak naik pesawat. Pilihlah waktu terbang yang tidak terlalu pagi karena tentunya mempersiapkan anak akan memakan waktu sehingga dikhawatirkan terlambat.

Hindari juga penerbangan yang terlalu malam. Takutnya saat menunggu penerbangan di bandara, anak sudah mengantuk sehingga sulit untuk dikondisikan.

Artikel Lainnya: Saat Anak Naik Pesawat Sendirian, Persiapkan Ini

1 dari 3 halaman

3. Pastikan Anak dalam Kondisi Sehat

Ya, tentunya kesehatan anak menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum bepergian. Jika akan melakukan perjalanan, apalagi naik pesawat dengan anak,  pastikan kondisinya memang sedang fit. 

4. Pelajari dengan Baik Travel Detail di Tempat Tujuan

Jika ingin melakukan perjalanan dengan anak, Anda harus merencanakan perjalanan dengan baik agar si Kecil nyaman. 

Anda dapat mencari tahu akses transportasi yang akan digunakan dari bandara di kota tujuan, detail penginapan yang akan dituju, makanan yang tersedia di daerah tujuan, dan lain-lain. Ini dilakukan agar perjalanan Anda dan keluarga nyaman dan menyenangkan, serta meminimalkan kemungkinan anak rewel. 

5. Pastikan Anak Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Salah satu tips membawa anak kecil naik pesawat adalah memperhatikan pakaian yang ia gunakan. Selama perjalanan dengan pesawat, pastikan anak mengenakan pakaian yang nyaman.

Umumnya suhu di dalam pesawat akan lebih dingin dibandingkan suhu udara ruang. Oleh karena itu, siapkan pakaian tebal dan jaket untuk anak Anda.

Jika membawa bayi, jangan lupa membawa topi, pakaian yang sesuai, sarung tangan dan kaki, serta selimut agar tidak mengalami hipotermia.

Selain itu, bawa popok dan pakaian ganti bayi dalam tas yang dapat Anda bawa ke dalam pesawat. Ini untuk berjaga-jaga jika bayi perlu ganti pakaian karena muntah atau popoknya penuh.

Artikel Lainnya: Anak Takut Naik Pesawat Terbang, Haruskah Dipaksa?

2 dari 3 halaman

6. Bawa Penutup Telinga

Penutup telinga penting untuk dibawa jika Anda naik pesawat bersama anak.

Terkadang perbedaan tekanan memicu nyeri pada telinga, bahkan gangguan telinga pada bayi dan balita. Apalagi si Kecil belum dapat diinstruksikan menelan ludah untuk menyamakan tekanan dalam dan luar telinga.

Jadi, untuk menghindari hal tersebut, gunakan penutup telinga untuk bayi dan anak Anda.

7. Siapkan Makanan dan Hiburan Selama Penerbangan

Pada kondisi penerbangan jarak jauh, bawalah makanan kesukaan anak agar ia tidak kelaparan selama perjalanan jarak jauh tersebut. 

Hiburan seperti mainan kesayangan anak juga dapat dibawa untuk menghiburnya di kala bosan selama masa penerbangan.

8. Bawa Bantal Kecil Jika Tidak Disediakan oleh Maskapai

Anak umumnya akan tertidur dalam pesawat selama perjalanan, terutama perjalanan panjang.

Agar ia nyaman dan Anda juga tidak terbebani karena harus menjadi tumpuan anak selama perjalanan, bawalah bantal kecil ke dalam kabin pesawat untuk menyangga kepala dan leher anak selama perjalanan.

9. Atur Barang Bawaan

Mengatur barang bawaan juga merupakan hal yang sangat vital jika akan naik pesawat bersama anak. Biasanya, bepergian bersama anak akan membuat barang bawaan Anda akan menjadi jauh lebih banyak dibandingkan berperjalanan sendiri.

Jadi Anda perlu mengatur barang bawaan dengan baik. Kemudian, atur pula mana barang yang dimasukkan ke dalam bagasi dan barang yang harus dibawa ke dalam kabin pesawat.

Demikian beberapa tips naik pesawat bersama anak. Ingatlah bahwa persiapan yang matang akan membuat Anda dan keluarga lebih nyaman di dalam pesawat.

Saat semua persiapan beres, tetapi anak Anda tantrum, tetaplah tenang dan jangan terlalu pedulikan pandangan orang lain. Carilah penyebab anak menangis dengan tenang. Jika ada kesulitan, jangan ragu untuk meminta pertolongan kepada awak kabin pesawat. 

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar