Sukses

4 Perilaku Sehat dari Suami untuk Istri di Hari Ibu

Memperingati Hari Ibu, tidak ada salahnya bagi para suami untuk memperlakukan sang istri dengan lebih istimewa.

Klikdokter.com, Jakarta Tanggal 22 Desember setiap tahun selalu diperingati sebagai Hari Ibu. Tanggal tersebut dipilih oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno, karena bertepatan dengan Kongres Wanita pada 22 Desember 1928 silam. Ditetapkannya tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu memiliki tujuan awal untuk merayakan semangat wanita Indonesia, juga untuk meningkatkan kesadaran dalam berbangsa dan bernegara.

Kini arti Hari Ibu telah banyak berubah. Hari Ibu di era sekarang umumnya hanya diperingati sebagai ucapan rasa cinta terhadap ibu di rumah. Hal itu memang tidak ada salahnya, namun akan lebih baik bila ucapan tersebut disertai dengan bentuk nyata berupa perilaku kasih dan sayang yang lebih dalam kepada sang ibu.

Nah, bagi pria yang sudah memiliki istri, perwujudan Hari Ibu tak cukup hanya dipertuntukkan pada ibu di rumah. Anda juga wajib mengungkapkannya pada sang istri tercinta.

Bagi para suami, Anda bisa memperlakukan sang istri dengan lebih istimewa lagi. Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar sang istri merasa diistimewakan, yaitu:

  1. Bersih-bersih rumah

Bersihkan rumah secara menyeluruh. Meski terasa melelahkan, Anda harus tetap melontarkan senyuman. Bila perlu, ajak anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan ini.

"Aktivitas beres-beres rumah itu memang sesuatu yang menyehatkan. Asal tenaganya benar-benar dikeluarkan, dengan sepenuh hati saat mengerjakannya," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

“Kalau misalnya menyapu atau mengepel dengan setengah hati, tidak ada gunanya. Kalau dilakukan dengan benar-benar intens, pekerjaan rumah bisa sangat membantu Anda," sambung dr. Ega.

Senada dengan itu, dr. Citra Roseno mengatakan bahwa bersih-bersih rumah memang bisa membakar kalori. Kisarannya antara 19 sampai 43 kalori.

  1. Masak makanan sehat

Di Hari Ibu, cobalah untuk menggantikan istri Anda memasak. Cobalah untuk menyajikan menu makanan sehat dan lezat, yang memang menjadi favorit istri Anda.

Dengan memasak, Anda juga turut membakar kalori, lho! Menurut dr. Citra, memasak atau menyiapkan makanan selama 15 menit dapat membakar 19 kalori. Apabila memasak selama 1 jam, Anda telah membakar 75 kalori.

  1. Memijat istri

Cobalah untuk membuat istri Anda menjadi "ratu sehari". Anda mungkin bisa memijat istri sebagai bagian dari layanan yang diberikan di hari tersebut.

"Selain dapat meringankan rasa nyeri dan pegal, pijat juga dapat memberikan efek relaksasi dan menenangkan. Selain itu, terapi pijat juga efektif dalam mengurangi nyeri kepala, gangguan cemas, dan susah tidur," ujar dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

  1. Berkebun

Ingin membuat istri Anda merasa lebih relaks selagi di rumah? Cobalah berkebun! Anda dapat menerapkan metode urban farming, agar tercipta kebun yang indah di pelataran rumah.

"Sekarang juga lagi booming soal urban farming atau membuat kebun di sekitar rumah. Aktivitas itu sangat baik. Menggali atau menyangkul tanah dalam aktivitas berkebun bisa disebut sebagai aktivitas seperti olahraga pada umumnya," jelas dr. Ega.

Mana yang kira-kira akan Anda lakukan untuk membuat istri merasa istimewa di Hari Ibu? Atau, Anda punya rencana sendiri yang lebih istimewa lagi? Apa pun yang Anda lakukan, pastikan sang istri merasa diistimewakan. Jangan lupa untuk selalu berupaya agar perilaku istimewa yang Anda lakukan di Hari Ibu, baik untuk ibu di rumah maupun sang istri tercinta, bisa terus dilakukan secara konsisten, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar