Sukses

Siapkan 4 Menu Sehat Ini untuk Ibu di Hari Ibu

Hadiah untuk ibu tak harus selalu mahal. Sebagai inspirasi, Anda bisa menyiapkan menu sehat untuknya di Hari Ibu.

Klikdokter.com, Jakarta Di Indonesia, setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Di momen yang spesial ini, tunjukkanlah kasih sayang ekstra kepada ibunda, bisa lewat hadiah, perlakuan khusus, atau keduanya. Karena setiap hari ibu bekerja keras mengurus rumah dan/atau menggeluti karier, maka kebahagiaan dan kesehatannya juga harus menjadi prioritas. Untuk itu, sebagai inspirasi hadiah Hari Ibu, Anda bisa menyiapkan menu sehat untuknya yang Anda masak sendiri.

Nah, intip menu sehat yang bisa Anda buat sendiri untuk ibunda tercinta.

  1. Salad buah

Selain segar, salad buah kaya akan gizi. Kombinasikan buah-buahan yang manis (mangga, pepaya, semangka, atau melon) dan yang memiliki cita rasa asam (jeruk, apel stroberi, blueberry, atau kiwi). Cara membuatnya pun mudah. Anda tinggal memotong kecil buah-buahan tertentu, lalu letakkan ke mangkuk salad. Untuk sentuhan air, beri perasan air lemon.

Untuk yang sehat, Anda bisa menggunakan plain yogurt (bukan yang varian rasa) untuk menghindari kadar gula yang tinggi. Jika ingin menambahkan rasa manis, Anda bisa menggunakan madu murni. Jangan lupa taburkan rajangan kacang (misalnya almon) untuk menambah tekstur, lalu hias dengan daun min segar. Hindari menambahkan bahan-bahan seperti keju parut atau kental manis, karena justru bisa merusak nutrisi dari buah-buahan.

Ide lain adalah dengan memakai salad dressing yang terbuat dari olive oil atau minyak zaitun. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition, mereka yang mengonsumsi minyak zaitun berisiko lebih kecil mengalami penyakit jantung dan diabetes dibanding mereka yang mengonsumsi mentega atau mayones.

  1. Cokelat isi rasberi

Jika cokelat adalah salah satu makanan favorit ibu, buatlah sendiri cokelat yang spesial untuknya. Anda bisa membuat cokelat isi rasberi. Untuk bahan cokelatnya, gunakan dark chocolate yang kandungan kakaonya di atas 50 persen (jika tersedia, gunakan yang 70 persen.

Kenapa dark chocolate? Menurut studi yang dimuat di jurnal “European Review for Medical and Pharmacological Studies” tahun 2013 silam, konsumsi dark chocolate yang mengandung kakao 70 persen dapat meningkatkan kadar kolesterol baik serta mengurangi lemak di tubuh.

Lalu, dari banyaknya jenis buah, kenapa rasberi yang dijadikan isian cokelat? Rasberi dikatakan memiliki karakter rasa yang paling cocok untuk dikombinasikan dengan pahitnya dark chocolate. Selain itu, rasberi juga diperkuat dengan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

Dilansir dari laman Taste of Home, cara membuat cokelat isi rasberi sangat mudah. Campurkan rasberi ke dalam dark chocolate yang sudah dilelehkan bersama dengan mentega dan susu. Selanjutnya, tuang di atas loyang, lalu masukkan ke dalam kulkas minimal selama satu jam. Setelah cokelat mengeras, potong rapi, lalu taburi dengan bubuk kakao dan sedikit gula. Tata di dalam kotak karton atau kaleng, hias dengan cantik, letakkan kartu ucapan Hari Ibu di atas tutupnya, lalu lilit dengan pita.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Teh jahe kayu manis dalam botol kaca

Ingin membuat ibu merasa tetap hangat dan tidak mudah sakit saat musim hujan sekarang ini? Buatkan beliau teh jahe kreasi Anda. Tak hanya bisa menghangatkan badan, meredakan batuk, melegakan pernapasan, tapi teh jahe juga punya sifat antibakteri alami.

Cara membuat teh jahe ini juga sangat mudah. Masukkan potongan jahe segar dan kayu manis ke dalam air mendidih. Setelah 20 menit, saring larutan dan tuang ke dalam potol kaca polos. Tutup rapat, lalu ikat dengan tali rami. Berikan teh ke ibu sebagai hadiah. Jika ibu Anda penyuka rasa manis, tuangkan madu secukupnya dalam cangkir, kemudian tuangkan teh jahe kayu manis ke dalamnya.

Dilansir Healthline, beberapa manfaat jahe untuk tubuh di antaranya bisa mengurangi nyeri otot, sebagai antiinflamasi untuk meredakan osteoatritis, dan menjaga kesehatan jantung. Jadi, menyiapkan teh jahe untuk ibu di Hari Ibu bisa menjadi ide yang bagus.

  1. Sushi dan teppanyaki

Jika ibunda penggemar kuliner Jepang, Anda bisa membuatkannya sushi dan teppanyaki rumahan. Untuk sushi, Anda bisa mengisinya dengan potongan ikan salmon dan alpukat. Keduanya mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa rumput laut atau nori untuk menambah rasa gurih. Rumput laut juga diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Jika Anda memiliki penggorengan khusus teppanyaki (teppanyaki table grill), Anda bisa membuatnya bersama ibunda. Tumisannya bisa berupa sayuran seperti taoge, irisan wortel, sawi, lalu tambahkan irisan daging sapi atau ikan salmon. Jika sudah, hidangkan di atas piring ibu sambil mengatakan “itadakimasu”, yang artinya adalah selamat makan.

Menyiapkan hadiah spesial Hari Ibu untuk ibunda tak harus mahal. Akan lebih bermakna jika Anda membuat dan menyiapkan sendiri kado untuk ibu, yang salah satu contohnya adalah menu makanan sehat seperti yang disebutkan di atas. Meski sederhana, tapi jika Anda memberikannya dengan perasaan sayang, ibu Anda tentu dapat merasakannya.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar