Sukses

Pentingnya Merawat Kuku, Ini Tips dan Caranya

Layaknya anggota tubuh lain, kuku juga perlu diperhatikan kesehatannya. Ini dia cara merawat kuku yang benar menurut medis.

Klikdokter.com, Jakarta Kuku yang sehat dan terawat dengan baik adalah bagian penting dari penampilan yang rapi nan menarik. Tanpa penampilan dan kondisi kuku yang sempurna, Anda mungkin akan merasa tidak percaya diri sehingga kian terganggu saat beraktivitas.

Faktanya, kuku terdiri dari protein keratin seperti yang terdapat pada rambut. Anggota tubuh ini memiliki fungsi utama untuk melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta meningkatkan sensasi saat menyentuh. Pada kulit di bawah kuku bahkan terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat. Ini jugalah yang membuat tampilan di bawah kuku Anda berwarna kemerah-merahan.

Tips merawat kuku

Merawat kuku tak melulu harus dilakukan di salon. Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya pun terbilang sederhana namun memberikan hasil yang efektif. Tips dan cara merawat kuku adalah sebagai berikut:

  • Jaga agar kuku tetap kering dan bersih

Kuku yang basah dapat menjadi sumber kuman. Atas dasar ini, Anda disarankan untuk menggunakan sarung tangan karet ketika mencuci piring atau baju untuk menghindari bahan kimia yang dapat merusak kuku.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pelembap khusus untuk dioleskan di kuku dan kutikula (kulit paling luar). Dengan begini, kuku dan kulit di sekitarnya akan tetap terhidrasi sehingga kesehatannya lebih terjaga.

  • Potong kuku yang sudah panjang

Potong kuku yang panjang secara rutin, kemudian kikir ujungnya agar tidak terlalu tajam. Kuku yang panjang dapat menyimpan banyak kotoran dan berpotensi menyebabkan luka.

Hindari mengelupas atau memotong bagian kutikula, karena berfungsi sebagai pelindung kuku. Celah yang terbuka antara kuku dan kutikula menjadi faktor risiko terhadap infeksi.

  • Hindari terlalu sering menggunakan kuteks

Penggunaan kuteks yang terlalu sering dapat menyebabkan kuku kering, dan membuatnya lebih tipis. Hal ini terjadi karena kuku sebenarnya mudah menyerap bahan kimia, meski terlihat kuat dan tebal.

Oleh sebab itu, berilah jeda pada pemberian kuteks agar kuku bisa “beristirahat”. Anda pun sebaiknya menghindari penggunaan aseton sebagai pembersih kuteks. Aseton mengandung bahan kimia yang dapat membuat kuku menjadi lebih rapuh.

  • Rendam di perasan jeruk lemon

Rendam tangan Anda dengan air perasan jeruk lemon hangat atau air garam. Diamkan selama beberapa saat, kemudian berikan beberapa tetes tea tree oil atau lavender oil.

  • Jangan gigit kuku

Hindari mengigit kuku. Pasalnya, tidakan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kuku dan gigi. Selain itu, mengigit kuku juga berpotensi menyebabkan kuman berbahaya untuk masuk dan menginfeksi tubuh Anda.

  • Konsumsi makanan sehat

Zat besi, seng, vitamin C, dan biotin telah terbukti secara klinis dapat menjaga kesehatan dan kekuatan kuku. Anda bisa menemukan kombinasi zat gizi tersebut pada telur, ikan, daging, biji-bijian, kacang-kacangan, salmon, dan ubi jalar.

Guna memiliki kesehatan tubuh yang hakiki, Anda disarankan untuk tidak lupa memperhatikan kesehatan kuku dengan saksama. Jika merasa bahwa kuku Anda tidak tumbuh sebagaimana mestinya atau terkena gangguan tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar