Sukses

Penting! Persiapan Fisik Sebelum Liburan

Perjalanan selama liburan dapat melelahkan. Oleh karena itu, pastikan fisik Anda dalam keadaan bugar sebelum liburan!

Klikdokter.com, Jakarta Momen akhir tahun menjadi waktu yang ditunggu-tunggu setiap orang. Setelah setahun menghabiskan waktu dalam rutinitas, Anda bisa melepas penat dengan berlibur di akhir tahun. Tidak hanya itu, liburan akhir tahun dapat memberikan waktu yang cukup panjang bagi Anda untuk berkumpul bersama orang-orang terkasih.

Nah, supaya liburan berkualitas, tentu sangat penting mempersiapkan kesehatan tubuh Anda tetap prima. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya dengan saksama!

  • Olahraga secara rutin

Ketika pergi liburan, tempat wisata yang Anda kunjungi merupakan lingkungan yang baru dan cenderung dikunjungi banyak orang. Kondisi tersebut dapat membuat Anda lebih berisiko terpapar berbagai penyakit.

 Olahraga secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Sistem kekebalan yang baik dapat membantu dalam mencegah penyakit menghampiri tubuh Anda. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya Anda melakukan olahraga 3-5 hari dalam seminggu, dengan durasi 30-60 menit.

  • Cukupi waktu tidur

Tidur malam dengan waktu yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga fungsi tubuh. Selain itu, tidur malam juga menjadi waktu bagi tubuh untuk mengisi energi kembali setelah seharian beraktivitas. Sebaiknya, cukupi waktu tidur malam Anda selama 7-8 jam.

Selain itu, tidur malam juga menjadi waktu bagi tubuh untuk mengisi energi kembali setelah seharian beraktivitas. Kekurangan waktu tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan hormon stres. Kedua kondisi tersebut dapat membuat tubuh Anda lebih rentan terkena berbagai penyakit.

  • Jaga pola makan

Setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Hal tersebut dianjurkan karena merupakan “bahan bakar” terbaik bagi tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Dengan nutrisi yang seimbang, tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Pastikan Anda memperoleh asupan nutrisi utama dari menu makanan sehari-hari. Kalaupun diperlukan, suplemen bisa menjadi penunjang untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian.

  • Kelola stres

Menjelang libur akhir tahun, bisa saja Anda harus bekerja melebihi porsi pekerjaan Anda biasanya. Pasalnya, banyak pekerjaan yang memiliki tenggat waktu di akhir tahun. Kondisi pekerjaan itu berisiko membuat Anda stres. Jika stres tidak dikelola dengan baik maka dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda bisa mengelola stres Anda. Cobalah berpikir lebih positif dan bekerja sama dengan rekan kerja dalam menyelesaikan pekerjaan Anda. Bila perlu, lakukan beberapa pekerjaan yang mungkin dicicil sejak dari bulan sebelumnya.

  • Periksakan kondisi kesehatan

Tidak ada salahnya Anda mengunjungi dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda sebelum pergi liburan. Apalagi jika Anda akan pergi jauh. Belum lagi, ada kalanya Anda melakukan perjalanan liburan ke wilayah yang mengalami endemis penyakit tertentu. Untuk itu, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah Anda memerlukan vaksinasi atau upaya preventif lainnya sebelum berangkat liburan.

Jadwalkan waktu konsultasi tersebut dengan waktu yang cukup jauh dari tanggal keberangkatan Anda. Hal ini diperlukan sebagai antisipasi waktu yang dibutuhkan vaksin untuk bekerja dengan maksimal.

Liburan memang waktunya untuk bersenang-senang setelah Anda disibukkan dengan rutinitas. Akan tetapi, agar bisa bersenang-senang, tentu fisik Anda harus dalam keadaan sehat. Jangan sampai sakit menghambat rencana liburan Anda. Oleh karena itu, sebelum berangkat liburan persiapkan kesehatan Anda sebaik mungkin!

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar