Sukses

4 Ide Hadiah Seru untuk Bikin Ibu Sehat di Hari Ibu

Ingin mengungkapkan kasih sayang pada ibunda di Hari Ibu? Empat ide hadiah ini bisa membuat ibu sehat dan bahagia.

Klikdokter.com, Jakarta Ingatkah Anda bahwa setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu? Hari ini bisa jadi momen yang tepat bagi Anda untuk menyatakan rasa sayang pada ibunda tercinta. Berikut ini adalah ide hadiah yang bisa jadi inspirasi Anda. Selain membuat ibu sehat, hadiah-hadiah berikut juga akan membuatnya bahagia.

1. Tanaman dalam pot

Memiliki iklim tropis, Indonesia merupakan tempat yang baik untuk menumbuhkan berbagai tanaman bunga yang cantik atau tanaman buah dalam pot. Nah, tanaman dalam pot, seperti lidah buaya, anggrek, atau tanaman rambat, bisa menjadi ide hadiah yang unik dan tentu saja menyehatkan untuk ibu.

Kini di pasaran juga telah tersedia paket tanaman dalam pot yang disertai tata cara menanam dan merawat. Tanaman dalam pot seperti ini akan memudahkan ibu Anda yang mungkin sudah berusia lanjut.

Berbagai studi yang dilakukan di Asia, Eropa, Amerika Serikat, dan Timur Tengah membuktikan bahwa memelihara tanaman dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi kesehatan. Orang yang memiliki kebiasaan merawat tanaman ternyata memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami depresi, cemas, dan obesitas. Selain itu, bercocok tanam juga terbukti meningkatkan kepuasan hidup dan kualitas hidup.

2. Akuarium berisi sekumpulan ikan

Akuarium ternyata tak hanya bermanfaat untuk mempercantik rumah saja, melainkan juga berguna untuk menunjang kesehatan. Studi membuktikan bahwa memandang dan memperhatikan akuarium akan memperbaiki suasana hati seseorang, sehingga memengaruhi tekanan darah dan denyut jantung.

Tak butuh waktu lama untuk mendapatkan manfaat baik dari akuarium. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa dampak akuarium terhadap suasana hati sudah mulai terjadi dalam lima menit pertama seseorang memandang akuarium. Dan jika hal ini dilakukan setiap hari, seseorang akan cenderung lebih bahagia.

Memberikan akuarium sebagai hadiah di hari ibu tak harus selalu disertai dengan banyak ikan di dalamnya. Memandang akuarium berisi air dan batu-batuan saja akan menurunkan denyut jantung sebesar tiga persen. Lebih lanjut, jika seseorang memandang akuarium berisi air dan banyak ikan, denyut jantungnya bisa turun hingga tujuh persen atau lebih.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Tes kesehatan untuk screening berbagai penyakit

Semakin lanjut usia seseorang, risikonya mengalami beberapa jenis penyakit cenderung meningkat, mulai dari diabetes, osteoporosis, hingga kanker. Meski demikian, sebetulnya penyakit-penyakit tersebut bisa dideteksi sejak dini melalui tes kesehatan, sehingga tak menimbulkan dampak kesehatan yang berat di kemudian hari.

Terdapat beberapa pemeriksaan screening yang sebaiknya dilakukan untuk ibu, terutama yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Di antaranya adalah:

  • Pemeriksaan klinis payudara dan mammografi untuk screening kanker payudara.
  • Pap smear dan pemeriksaan human papillomavirus (HPV) untuk mengetahui keberadaan kanker serviks.
  • Pengecekan gula darah untuk diabetes mellitus.
  • Pemeriksaan profil kolesterol lengkap untuk menilai risiko penyakit jantung koroner.
  • Rekam jantung dan treadmill test untuk mendeteksi risiko penyempitan pembuluh darah jantung.
  • Bone Mineral Density (BMD) untuk mendeteksi dini adanya osteoporosis.

4. Joging atau melakukan olahraga lain bersama-sama

Memberi hadiah untuk ibu tak selalu harus merogoh kocek. Mengajak ibu untuk joging atau melakukan olahraga lainnya bisa jadi hadiah yang sederhana namun bermanfaat bagi kesehatan. Secara psikologis, melakukan olahraga bersama-sama akan meningkatkan motivasi seseorang untuk tetap aktif bergerak, serta memperbaiki suasana hati.

Jika joging tak mungkin dilakukan, alternatif olahraga lain yang baik untuk dilakukan bersama-sama adalah jalan santai, dansa, berenang, bersepeda, senam, atau yoga. Prinsipnya, pilih olahraga untuk lansia yang intensitasnya rendah atau sedang dan lakukan dalam waktu minimal 30 menit.

Hari Ibu jatuh di hari ini. Beragam ide hadiah di atas akan membuat ibu sehat dan merasa dicintai. Jadi, hadiah seperti apa yang akan Anda berikan untuk ibu nanti?

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar