Sukses

Telinga Anda Sering Berdenging? Awas Tinnitus!

Apakah telinga Anda sering berdenging tanpa sebab yang jelas? Bisa jadi itu tinnitus. Kenali gejala dan tandanya!

Klikdokter.com, Jakarta Ketika telinga berdenging, sebagian orang mungkin mengaitkannya dengan akan terjadinya suatu peristiwa. Hal itu sebenarnya hanya mitos belaka. Pasalnya, dalam dunia medis, telinga yang sering berdenging tanpa sebab yang jelas dikenal sebagai gejala tinnitus.

Tinnitus adalah sensasi mendengar bunyi tanpa adanya sumber suara dari luar. Keadaan ini bisa terjadi akibat adanya gangguan pada organ pendengaran atau gangguan di dalam kepala. Tinnitus bukanlah penyakit, namun gejala dari penyakit yang mendasarinya.

Gejala dan jenis tinnitus

Gejala tinnitus cukup bervariasi. Biasanya, penderita dapat mengeluh adanya kebisingan di telinga seperti suara mendenging, berdering, mendesis, atau bersiul. Kebisingan yang terjadi dapat bersifat sementara atau permanen.

Terdapat dua jenis tinnitus, yaitu tipe subjektif dan objektif.

  • Tinnitus subjektif

Tinnitus subjektif adalah suara yang hanya dapat didengar oleh orang tersebut. Ini adalah jenis tinnitus yang paling umum terjadi.

  • Tinnitus objektif

Jika suara yang terjadi di telinga pasien hingga terdengar oleh dokter yang memeriksa, maka kondisi tersebut adalah tinnitus objektif. Jenis tinnitus ini lebih jarang terjadi.

Tinnitus objektif disebabkan oleh berbagai efek fisik, seperti spasme otot-otot kecil di telinga tengah, kelainan pada pembuluh darah, atau peningkatan aliran darah ke telinga.

1 dari 2 halaman

Apa penyebab tinnitus?

Terdapat berbagai macam penyebab tinnitus. Terlepas dari itu, keluhan ini secara umum akan mengakibatkan perubahan pada transmisi sinyal suara dari telinga ke bagian otak di mana suara diproses (korteks pendengaran).

Pada seseorang yang mengalami tinnitus, beberapa bagian dari korteks pendengaran tidak menerima sinyal seperti biasanya. Dalam beberapa kasus, area tersebut bereaksi dengan membentuk ilusi suara yang didengar seperti suara mendenging.

Terdapat beberapa faktor penyebab tinnitus, di antaranya:

  • Kehilangan pendengaran

Tinnitus sering terjadi bersamaan dengan beberapa gangguan pendengaran. Kendati begitu, sekitar satu dari tiga orang dengan tinnitus tidak memiliki masalah dengan pendengaran mereka.

  • Paparan suara keras

Satu kali paparan suara keras dalam jarak dekat dapat merusak pendengaran Anda. Jika paparan tersebut terjadi secara berulang, kerusakan pendengaran bisa bersifat permanen.

  • Cedera telinga atau kepala

Cedera kepala dapat menyebabkan gangguan pada bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengolah suara. Keadaan itu membuat fungsi dari bagian tersebut mengalami gangguan, sehingga tinnitus tak bisa dihindari lagi.

  • Infeksi telinga

Setiap infeksi telinga dapat menyebabkan penyumbatan pendengaran, sehingga menyebabkan terjadinya tinnitus.

  • Efek samping obat

Tinnitus dapat terjadi sebagai efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu. Diperkirakan terdapat sekitar 200 obat resep dan non-resep yang dapat menyebabkan keluhan tersebut.

Mengatasi dan mencegah tinnitus

Pengobatan tinnitus bergantung pada penyebabnya. Tidak ada obat khusus untuk keluhan tersebut, karena hal yang paling penting adalah menghilangkan pencetus atau menyembuhkan penyebab.

Jadi, jika Anda memiliki gejala tinnitus, maka perlu dicari tahu penyebab yang mendasarinya. Misalnya, jika akibatnya adalah tekanan darah tinggi, maka Anda perlu melakukan upaya agar tekanan darah bisa kembali ke rentang normal.

Sedangkan, apabila kebisingan disertai dengan rasa sakit atau keluarnya sekret dari telinga, bisa jadi merupakan tanda dari infeksi telinga. Dan, tinnitus yang disertai dengan sensasi pusing bisa jadi tanda dari penyakit Meniere.

Anda pun dapat mengurangi risiko terjadinya tinnitus dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Hindari paparan suara keras
  • Jika Anda menderita tekanan darah tinggi (hipertensi), jangan lupa untuk kontrol rutin ke dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat
  • Hindari memasukkan benda asing ke dalam telinga

Apabila Anda pernah mengalami gejala telinga berdenging, berdesis, atau mendengar suara yang sebenarnya tidak ada, jangan tunda untuk segera berobat ke dokter. Semakin cepat penyebab tinnitus dideteksi dan diatasi, semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh.

[NB/ RVS]

3 Komentar

  • Arwhit Ed

    selamat siang dok, saya baru saja merasakan bunyi yang tak kunjung berhenti di telinga, bunyi seperti jangkrik di malam hari, kemarin periksa darah ternyata darah saya tinggi, apakah kemungkinan besar telinga berdenging ini di akibatkan karna tekanan darah saya tinggi?, dan bagaimana cara perawatannya di rumah?

  • ari wicaksono

    dan menurut dokter yang memeriksa saya,saya mengalami trauma suara???

  • ari wicaksono

    selamat siang dokter.... saya mau tanya,kemarin waktu malam pergantian tahun baru saya terjadi ledakan kembang api yang menyebabkan telinga saya berdengung atau mengeluarkan suara aneh....saya sudah memeriksakan gejala ini ke dokter THT dan diberi obat....saya udah meminum obat tersebut hingga habis...tetapi kenapa gejalannya tidak hilang....hanya berkurang sedikit...apakah gejala tinnitus dapat diobati???