Sukses

4 Cara Memperoleh Kehamilan Kembar

Bermimpi punya anak kembar? Coba ikuti empat cara ini untuk membantu memperoleh kehamilan kembar.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki keturunan sudah pasti menjadi impian setiap pasangan. Ada saja angan-angan yang dimiliki setiap pasangan terhadap keturunannya kelak. Misalnya ingin hamil anak pertama laki-laki, atau anak kembar! Ya, tak sedikit orang tua yang menginginkan anak kembar. Sayangnya, sampai saat ini belum ada cara pasti untuk bisa hamil anak kembar. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa meningkatkan peluang untuk Anda memperoleh kehamilan kembar.

Keempat cara di bawah ini bisa Anda jadikan acuan untuk mendapatkan kehamilan kembar:

1. Program bayi tabung

Saat ini, program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) menjadi salah satu solusi bagi pasangan yang kesulitan untuk memperoleh momongan. Pada program bayi tabung, dilakukan metode pengambilan sperma dan sel telur untuk dipertemukan di luar organ wanita agar terjadi proses pembuahan. Setelah pembuahan terjadi, hasilnya (embrio) akan dimasukkan kembali ke dalam rahim wanita, dengan harapan dapat berlanjut menjadi kehamilan.

Untuk meningkatkan keberhasilan terjadinya kehamilan, jumlah embrio yang dimasukan bisa lebih dari satu. Kondisi tersebut dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan kembar.

Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) tahun 2014, jumlah kejadian kehamilan kembar mencapai 12,1 persen pada wanita berusia kurang dari 35 tahun yang melakukan program bayi tabung.

2. Konsumsi obat subur

Konsumsi obat subur dipercaya dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan kembar. Obat subur digunakan untuk meningkatkan jumlah sel telur (ovum) yang dilepaskan dari indung telur (ovarium) saat proses ovulasi.

Dengan lebih banyak sel telur yang dilepaskan, maka lebih tinggi pula kemungkinan terjadinya pembuahan sel telur lebih dari satu yang berujung pada terjadinya kehamilan kembar. The American Society for Reproductive Medicine memperkirakan terdapat 30 persen kehamilan kembar atau ganda.

Umumnya, obat subur yang sering digunakan adalah clomiphene dan gonadotrofin. Obat clomiphene biasa diberikan lewat oral. Obat ini memicu kelenjar pituitari dan hipotalamus di otak melepaskan hormon-hormon yang merangsang terjadinya pelepasan sel telur.

Sementara itu, obat gonadotrofin biasanya diberikan melalui suntikan. Obat gonadotrofin dapat mengandung dua hormon yang secara alami diproduksi tubuh wanita, yaitu follicle-stimulating hormone dan luteinizing hormone. Kedua hormon tersebut bekerja dengan cara memengaruhi indung telur untuk melepaskan lebih banyak sel telur.

3. Inseminasi buatan

Inseminasi buatan atau inseminasi intrauterine merupakan metode penyuntikan sperma ke dalam rahim. Metode ini membantu untuk memudahkan terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma.

Biasanya, inseminasi buatan dilakukan pada pasangan yang sulit memperoleh kehamilan. Lebih lanjut, tindakan inseminasi buatan yang disertai pemberian obat subur dipercaya juga dapat meningkatkan kemungkinan mengalami kehamilan kembar.

4. Pilih nutrisi yang tepat

Asupan nutrisi yang sehat memiliki peran yang penting dalam menjaga kondisi kesehatan secara umum, tak terkecuali bagi Anda yang sedang dalam program hamil. Beberapa asupan makanan dipercaya dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan kembar. Di antaranya asam folat, makanan yang tinggi protein, rendah lemak, produk olahan susu, dan zink.

Beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan hormon pertumbuhan (growth hormone) pada susu dapat meningkatkan kemungkinan hamil kembar. Kemudian, sebuah penelitian di Australia menyatakan bahwa wanita yang mengonsumsi asam folat sejak sebelum kehamilan lebih berpotensi mengalami kehamilan kembar. Sementara itu, memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zink dapat meningkatkan produksi sperma. Semakin banyak jumlah sperma, maka dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan lebih dari satu sel telur.

Jika Anda mendambakan anak kembar, empat cara di atas bisa menjadi panduan. Meski begitu, Anda juga perlu mengetahui bahwa kehamilan kembar dipengaruhi banyak faktor, di antaranya riwayat kembar dalam keluarga, usia, berat badan, tinggi badan, frekuensi kehamilan, dan ras. Semoga berhasil memperoleh kehamilan kembar!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar