Sukses

Mandi di Malam Hari, Bermanfaat atau Tidak?

Mungkin Anda pernah mendengar berbagai mitos terkait mandi di malam hari. Apakah benar bahwa mandi malam hari memiliki manfaat khusus?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai orang Indonesia, kita diajarkan untuk mandi setidaknya dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari. Namun, bagi yang kerap pulang malam bahkan menjelang tengah malam, mandi usai tiba di rumah kadang menjadi dilema tersendiri. Mereka khawatir mandi di malam hari akan dapat menyebabkan masuk angin, nyeri otot, atau efek kesehatan buruk lainnya pada tubuh. Apakah ini benar?

Mandi, lebih baik pagi atau malam hari?

Mandi adalah kegiatan untuk membersihkan diri dan perlu Anda lakukan secara rutin. Belum ada penelitian yang secara pasti membuktikan manfaat mandi pada waktu tertentu. Pada dasarnya, mandi dapat dilakukan kapan saja. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Mandi pada pagi hari dapat menghilangkan rasa kantuk yang masih tersisa setelah Anda bangun tidur. Mandi pada pagi hari dapat mengembalikan kesegaran. Anda pun dapat memulai rutinitas dengan fisik yang lebih siap. Namun, hindari mandi menggunakan air yang sangat dingin untuk mencegah penurunan suhu yang drastis.

Selain itu, mandi pada pagi hari juga dapat membersihkan diri Anda dari kuman yang menempel pada tubuh Anda selama tertidur. Kuman dan debu dapat menempel pada kulit karena seprai atau kasur yang Anda gunakan dapat mengandung kuman yang dapat berpindah ke tubuh Anda.

Jika Anda selesai bekerja malam hari dan ingin mandi pada malam hari, Anda tidak perlu khawatir! Tidak ada larangan untuk mandi pada malam hari. Mandi dengan air hangat pada malam hari dapat membantu Anda untuk tidur dengan lebih cepat. Mandi dengan air hangat juga dapat membantu Anda menjadi lebih rileks dan melemaskan ketegangan otot, yang pada akhirnya dapat membantu tidur lebih cepat.

Berendam atau mandi menggunakan air hangat setelah bekerja sepanjang hari adalah ide yang baik. Namun, Anda perlu ingat untuk menghindari mandi dalam waktu yang lama. Berendam dengan air hangat pada waktu yang lama dapat menghilangkan minyak pada kulit dan menyebabkan kulit Anda kering. Anda tentu tidak mau kulit Anda menjadi kering akibat berkurangnya kandungan minyak pada kulit, bukan? Batasi mandi Anda selama 5 sampai 10 menit untuk menghindari hal ini.

Mitos seputar mandi malam hari

Sampai saat ini belum ada bukti yang menunjukkan efek buruk dari mandi malam hari. Namun, banyak orang yang percaya mitos yang mengatakan bahwa mandi di malam hari dapat menyebabkan rematik. Faktanya, sejauh ini belum ada bukti yang mendukung anggapan bahwa mandi malam dapat memperburuk gejala penyakit rematik. Jadi Anda tidak perlu takut untuk mandi pada malam hari. 

Pada dasarnya tidak ada hubungan antara mandi malam hari dan kejadian rematik. Namun, jika Anda mandi menggunakan air dingin, maka air dingin dapat membuat otot atau mengalami spasm. Kondisi ini dapat membuat sendi tertekan sehingga memicu rasa sakit.

Kini, Anda tidak perlu khawatir untuk mandi di malam hari. Yang terpenting, perhatikan durasi mandi agar tidak terlalu lama. Mandi dapat mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit akibat kuman yang menempel di tubuh.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar