Sukses

Panduan untuk Ayah Milenial dalam Merawat Ibu Hamil

Anda Ayah milenial yang tengah menantikan kelahiran buah hati? Ketahui trik berikut ini untuk merawat ibu hamil.

Klikdokter.com, Jakarta Hingga kini masih banyak calon Ayah milenial yang beranggapan bahwa merawat ibu hamil itu repot. Padahal, bila tahu triknya tentu tak akan merepotkan. Ingat, kesehatan Bunda adalah kunci kelahiran bayi yang sehat dan kuat.

Di zaman teknologi yang serba maju saat ini, berbagai akses informasi maupun fasilitas bisa didapat dengan mudah. Berikut ini adalah tips merawat ibu hamil bagi Anda para calon Ayah milenial, khususnya yang baru pertama kali menghadapi momen kehamilan istri.

  1. Ajak Bunda rutin periksa kandungan

Ayah bisa mulai mencari informasi dokter spesialis kandungan yang dipercaya. Cukup banyak informasi dan ulasan mengenai rekomendasi dokter pilihan.

Jika sudah mendapatkan dokter yang cocok, ajak Bunda rutin memeriksakan kandungan untuk melihat perkembangan janin. Dengan teknologi USG 4D Ayah dan Bunda bisa melihat jelas wajah dan bentuk tubuh kaki tangan si Kecil. Kira-kira mirip siapa, ya?

  1. Jangan segan menawarkan bantuan

Tawarkan bantuan kepada Bunda agar lebih banyak waktu istirahat. Misalnya dengan membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga mulai dari memasak, menyetrika, menyapu, dan mengepel rumah.

  1. Berikan kejutan-kejutan kecil

Bawakan hadiah yang sederhana. Misalnya makanan atau minuman kesukaan Bunda, baju hamil yang lucu, atau sekedar bunga. Jika ada waktu lebih, Ayah juga bisa menyiapkan makan malam romantis. Bunda pun akan merasa lebih diperhatikan dan bahagia.

  1. Ajak Bunda jalan-jalan

Jalan-jalan ke tempat wisata atau sekadar ke pusat perbelanjaan bisa jadi hal yang menyenangkan bagi Bunda. Selain menghilangkan rasa bosan, ibu hamil juga perlu banyak bergerak.

Tapi ingat, lakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Karena ada beberapa kondisi kehamilan yang menuntut Bunda untuk beristirahat penuh.

  1. Mendampingi Bunda di kelas olahraga kehamilan

Biasanya rumah sakit bersalin menawarkan program ini secara berkala. Atau, Ayah juga bisa bantu mencarikan tempat olahraga kehamilan untuk Bunda.

Jika sudah ketemu, temani Bunda setiap berolahraga agar ia semangat. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah prenatal yoga.

  1. Sering-sering menanyakan keadaannya

Wanita hamil terkadang bisa lebih sensitif. Jadi, berikan perhatian lebih padanya. Usahakan untuk meluangkan waktu mendengarkan keluh kesahnya. Cara ini akan membantu Bunda melewati hari yang melelahkan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Ajak bicara janin di dalam perut

Ajaklah janin di dalam kandungan berbicara. Ayah juga bisa menyapa dengan, “Hai sayang, ini Ayah sudah tak sabar ingin cepat bertemu.”

Ayah juga bisa membacakan cerita untuk bayi dalam kandungan. Melihatnya, Bunda pasti akan senang.

  1. Berikan pijatan lembut

Tawarkan pijatan di punggung dan kaki Bunda, terutama di malam hari sebelum tidur. Pijatan pada ibu hamil ini bermanfaat untuk menyeimbangkan otot tulang belakang. Sebab, ibu hamil sering merasakan sakit di bagian punggung dan pinggang karena beban berlebih di tubuh bagian depan.

  1. Memastikan gizi dan asupan makanan yang cukup

Ajak Bunda berdiskusi seputar menu makanannya agar terpenuhi kecukupan asupan gizinya. Konsultasikan ke dokter spesialis kandungan, atau bila perlu spesialis gizi, untuk mendapatkan rekomendasi menu makanan yang sebaiknya didapatkan.

  1. Menyediakan perlengkapan ibu hamil dan bayi

Carikan perlengkapan khusus ibu hamil. Misalnya bantal sandaran untuk menyangga perut Bunda saat tidur, bantalan pada sandal atau sepatu untuk mengurangi sakit saat harus sering berjalan.

Bila masa kehadiran si Kecil telah dekat, Ayah juga bisa mulai membantu mencari produk perawatan bayi yang aman bagi bayi. Tenang saja, kini telah banyak situs e-commerce yang bisa diakses untuk mendapatkan barang-barang tersebut dengan mudah.

  1. Jalani pola hidup sehat

Kesehatan Bunda adalah kunci kesehatan si Kecil. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan-kebiasaan yang merusak pola hidup sehat –seperti kebiasaan merokok.

Jangan lupa, pilih juga asupan makanan dan minuman yang bergizi baik dan berolahraga secara rutin.

Berbagai bantuan Ayah untuk memudahkan Bunda dalam menjaga kesehatan fisik dan mental selama masa kehamilan sangat berarti. Jadikan proses kehamilan sebagai momen yang tidak terlupakan bagi Ayah dan Bunda.

Ingatlah, keterlibatan Ayah selama proses kehamilan juga merupakan wujud kepedulian pada keluarga. Hal ini dapat menyemangati Bunda yang menanggung beban kehamilan selama 9 bulan.

Jadi, Ayah milenial yang belum memahami momen kehamilan kini tak perlu panik saat mendampingi ibu hamil. Ikuti cara-cara di atas, dan bersiaplah menghadapi momen kehamilan hingga persalinan dengan tenang dan lancar.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar