Sukses

Anak Bosan? Yuk, Ajak Bermain Ini!

Masa kanak-kanak adalah masa untuk bermain. Bila anak bosan, tak perlu cemas. Tawarkan sederet permainan seru berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai orang tua, tentunya Bunda ingin melihat si Kecil selalu ceria. Sayangnya, terkadang anak juga bisa merasa bosan dengan situasi atau permainan yang ada. Nah, untuk mengatasi anak bosan, Bunda bisa coba mengajaknya melakukan ide permainan berikut ini:

  • Menyentuh dan merasakan benda-benda di sekitarnya

Memfokuskan anak pada sentuhan merupakan salah satu cara yang baik untuk belajar. Pada usia dini, umumnya anak hanya mendapat informasi melalui indra penglihatan. Nah, sentuhan akan mengenalkan si Kecil untuk mencerna informasi dari sisi lain. 

Bagaimana caranya? Bunda bisa menempatkan benda-benda menarik ke dalam wadah yang aman digunakan si Kecil untuk bermain dan membantunya mengidentifikasi benda-benda tersebut tanpa melihat.

Supaya mudah, gunakan bekas kotak sepatu yang sudah dibersihkan sebagai wadah. Bunda dapat melibatkan si Kecil ketika membuatnya. Aktivitas ini bisa jadi momen yang menyenangkan bagi si Kecil. Agar lebih seru, ajak si Kecil menggambar dan mewarnai kotak tersebut sesuka hatinya.

Setelah wadahnya jadi, letakkan beberapa benda yang berbeda di dalam kotak dan minta si Kecil menebak benda apa yang ia sentuh dengan mata tertutup. Bila perlu, Bunda boleh memberikan petunjuk seputar barang yang disentuh.

Setelah si Kecil dapat mengidentifikasi barang, Bunda boleh berganti menutup mata dan menebak barang di dalam wadah.

  • Memilah barang

Mengidentifikasi barang dan kemudian mengelompokkannya, ternyata bisa jadi aktivitas yang menyenangkan, lho. Ajak buah hati Anda untuk memilah barang yang terbuat dari kayu, plastik dan logam. Untuk anak yang usianya lebih muda, pengelompokan barang dapat dimulai dengan memilah warnanya.

Misalnya, Bunda dapat mengarahkan si Kecil untuk memilih lima barang yang berwarna merah dan memasukkannya ke dalam keranjang. Supaya lebih seru, buatlah kompetisi antara Bunda dan si Kecil agar ia bersemangat untuk bermain. Siapa yang tercepat, berhak membuat soal berikutnya.

  • Balok keseimbangan

Terdengar repot, namun bermain balok keseimbangan bisa menjadi mudah dan menyenangkan. Caranya, siapkan selotip dan cari ubin yang berpola kotak-kotak. Kemudian rekatkan selotip di sepanjang garis dan permainan pun dapat dimulai.

Supaya lebih menantang, bentuk alur yang tidak melulu garis lurus. Bunda bisa mencoba pola bisa zig-zag, trapesium, segitiga, dan lainnya.  Tantang si Kecil untuk berjalan di garis. Agar lebih seru, permainan dilakukan dengan mata tertutup.

Biarkan si Kecil mengenali pola selotip dengan sensasi pada kulitnya. Bila berhasil kembali ke titik awal, maka ia berhak mendapat poin. Lakukan permainan ini secara bergantian dengan si Kecil. Siapa yang mengumpulkan poin terbanyak, dialah yang menang.

  • Tebak benda

Permainan ini membantu mengenalkan si Kecil dengan dunia sekitarnya. Bunda dapat memberikan contoh pertanyaan tebakan yang pertama. Misalnya, “Aku terbuat dari besi. Aku berwarna putih dan fungsiku adalah untuk mengukur berat badan seseorang.”

Kemudian si Kecil dapat mulai menebak sejak pernyataan yang pertama. Semakin cepat menebak, maka poinnya semakin besar. Permainan ini akan lebih seru bila melibatkan lebih dari 1 anak. Bunda bisa mempraktikannya saat playdate atau saat teman si Kecil datang ke rumah.

Jika si Kecil belum pernah memainkannya, Bunda dapat memulai dengan memilih sebuah objek dengan tampilan biasa dan umum. Misalnya sendok, garpu, atau mainan kesukaannya.

Jika si Kecil bermain sendiri, maka ia dapat terus menebak sampai mendapatkan jawabannya. Namun bila ada banyak anak yang terlibat, mereka dapat bergiliran menebak. Anak pertama yang benar akan memberikan pertanyaan tebakan berikutnya. Sederhana dan menyenangkan, bukan?

Hal yang paling penting diingat selama masa tumbuh kembang anak, aktivitas bermain dapat menjadi media belajar yang utama bagi si Kecil. Oleh karena itu, sediakan waktu khusus untuk bermain bersama si Kecil. Agar tak bosan, Bunda dapat memodifikasi permainan.

Jadi, mengatasi anak bosan tidak melulu harus pergi ke mal atau membeli mainan mahal. Mengajaknya bermain dengan benda sekitar ternyata bisa sama menyenangkannya, bukan? Hal yang tak kalah penting, jangan lupa tetap lindungi tubuh si Kecil dengan asupan yang bergizi dan produk perawatan kulit yang aman bagi anak sebelum bermain. Selamat bermain!

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar