Kehamilan

Aktivitas Seru dan Sehat yang Bisa Ibu Hamil Lakukan

dr. Dyah Novita Anggraini, 12 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Hamil bukan berarti tak boleh melakukan aktivitas apa pun. Ini rekomendasi kegiatan seru untuk ibu hamil.

Aktivitas Seru dan Sehat yang Bisa Ibu Hamil Lakukan

Memang tidak mudah menjaga kehamilan selama sembilan bulan lamanya. Ada saja hal-hal yang perlu dihindari oleh ibu hamil.

Bahkan, tidak sedikit ibu hamil yang membatasi aktivitas secara berlebihan karena khawatir akan membahayakan dirinya maupun janin. Misalnya saja, berhenti bekerja dan banyak menghabiskan waktu di rumah.

Meski harus berhati-hati, sebenarnya para ibu hamil tetap dapat menjalani berbagai aktivitas. 

Lalu, aktivitas apa saja yang baik untuk ibu hamil? Dan kegiatan seru apa yang bisa dilakukan saat hamil? Berikut beberapa di antaranya:

1. Makan di Luar Rumah

Tidak ada salahnya jika Anda ingin pergi makan di luar rumah. Kegiatan seru ini bisa dilakukan ibu hamil. Anda dapat memilih restoran dengan pemandangan yang menyegarkan mata.

Namun, pastikan makanan yang dipilih dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, yakni mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Selain memperhatikan kandungan nutrisi, ibu hamil juga harus memastikan kebersihan makanan. Jadi, pilih tempat makan yang sudah terjamin kebersihannya.

Sebaiknya hindari juga makanan mentah karena dapat mengandung kuman yang menyebabkan infeksi dan membahayakan kondisi kehamilan.

2. Olahraga

Saat hamil, bukan berarti Anda tidak boleh melakukan aktivitas fisik. Justru ibu hamil dianjurkan untuk berolahraga secara rutin.

Olahraga merupakan kegiatan yang baik untuk ibu hamil. Manfaatnya mulai dari mencegah peningkatan berat badan, meningkatkan kemampuan otak bayi, hingga menurunkan risiko diabetes dan hipertensi selama kehamilan.

Sebelum berolahraga, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi kehamilan dengan dokter. Bila terbukti sehat, beberapa olahraga yang dapat dilakukan di antaranya berenang, jalan cepat, sepeda statis, aerobik ringan, yoga, dan pilates.

Lakukan olahraga dengan durasi selama 30 menit, sebanyak 3-5 kali per minggu. Pastikan Anda mencukupi asupan air putih selama olahraga agar tidak dehidrasi.

3. Berbelanja

Berbelanja tentunya bisa menjadi kegiatan seru untuk ibu hamil. Hal ini dapat menghilangkan penat sekaligus membuat tubuh lebih aktif bergerak sehingga Anda lebih bugar.

Pilihlah tempat berbelanja yang menyediakan sarana yang ramah terhadap ibu hamil. Jangan lupa untuk menggunakan lift dibandingkan eskalator. Selain itu, Anda harus mengenali batas kemampuan tubuh.

Jika sudah merasa lelah, istirahatlah beberapa menit. Hindari mengangkat barang belanjaan sendiri, sebaiknya gunakan troli atau minta bantuan orang lain.

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Sehat dari Olahraga saat Hamil

4. Pijat Hamil

Berat badan yang makin bertambah dan perubahan postur dapat menimbulkan berbagai keluhan pada ibu hamil. Salah satunya rasa sakit di bagian punggung bawah.

Pijat dapat membantu mengurangi masalah tersebut sekaligus menjadi kegiatan seru untuk ibu hamil.

Manfaat pijat hamil juga tidak main-main. Kegiatan ini dapat menurunkan kadar hormon stres, memperbaiki suasana hati, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Jika tidak ada kelainan pada kehamilan, pijat hamil dapat dilakukan pada usia kehamilan setelah 12 minggu hingga sebelum 32 minggu.

Sebaiknya pijat dilakukan di tempat pijat khusus ibu hamil. Pasalnya, mereka umumnya sudah memiliki pemijat terlatih dan fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan ibu hamil.

5. Lakukan Hobi

Kehamilan bukanlah suatu alasan untuk berhenti melakukan hobi. Dengan tetap menjalankan hobi, Anda akan terhindar dari stres.

Namun demikian, pilihlah hobi yang aman untuk dilakukan saat hamil.

Anda bisa berkebun, melukis, menulis, memasak, memotret, atau bermain musik. Menariknya, hobi yang Anda lakukan tersebut bisa saja menjadi sumber tambahan penghasilan.

Artikel Lainnya: Gerakan Senam Ibu Hamil untuk Melancarkan Persalinan

6. Pergi Liburan

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh liburan? Kegiatan seru untuk ibu hamil ini ampuh untuk menghilangkan kepenatan setelah menjalankan rutinitas, sekaligus bisa menjadi ajang babymoon bersama pasangan.

Namun, tetap perhatikan beberapa hal berikut:

  • Pilihlah tempat liburan secara bijaksana.
  • Hindari pergi ke tempat yang terlalu jauh sehingga membutuhkan waktu perjalanan yang lama.
  • Jika harus naik pesawat, pastikan usia kehamilan Anda sudah memasuki trimester kedua dan sebelum 35 minggu. Hindari durasi perjalanan dengan pesawat yang terlalu lama. Penerbangan rata-rata 74 jam dalam satu bulan dapat meningkatkan risiko keguguran.
  • Sebaiknya Anda tidak berkunjung ke tempat yang sedang mengalami endemis penyakit.

7. Mendokumentasikan Kehamilan 

Anda dapat mendokumentasikan perjalanan kehamilan melalui foto atau video yang dibuat sendiri atau menyewa jasa fotografi. Hal ini akan menjadi cerita indah yang dapat disampaikan kepada anak Anda setelah lahir. 

8. Membaca Buku Tentang Kehamilan

Aktivitas lainnya yang baik untuk ibu hamil adalah membaca buku tentang kehamilan. Kegiatan ini akan menambah pengetahuan Anda tentang tumbuh kembang dan asupan nutrisi yang baik untuk anak. 

9. Menonton Film 

Tidak hanya melawan rasa bosan, menonton juga bisa menjadi kegiatan seru untuk ibu hamil. Ibu dapat melihat film mengenai kehamilan yang isinya memberikan dukungan kepada ibu hamil dan menambah informasi selama masa kehamilan.

Itulah beberapa kegiatan seru dan sehat yang dapat dilakukan ibu hamil tanpa harus khawatir. Melakukan aktivitas yang beragam dapat menghilangkan kebosanan selama kehamilan. Jauh dari kebosanan tentunya bisa membantu mengatasi stres dan meningkatkan kualitas kesehatan ibu serta janin.

Informasi lainnya seputar kehamilan bisa Anda baca dengan mengunduh aplikasi Klikdokter. Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter seputar kehamilan melalui fitur Live Chat.

[WA]

Kehamilam

Konsultasi Dokter Terkait