Sukses

6 Aktivitas Seru dan Sehat yang Bisa Ibu Hamil Lakukan

Hamil bukan berarti tak boleh melakukan aktivitas apa pun. Ini rekomendasi kegiatan seru untuk ibu hamil.

Klikdokter.com, Jakarta Tidaklah mudah menjaga kehamilan agar tetap sehat selama 9 bulan. Ada saja hal-hal yang dihindari. Bahkan, tidak sedikit ibu hamil yang membatasi aktivitas secara berlebihan karena khawatir akan membahayakan dirinya maupun janin. Misalnya saja, berhenti bekerja dan banyak menghabiskan waktu di rumah.

Meski harus berhati-hati menjaga kehamilan, sebenarnya para ibu hamil tetap bisa melakukan berbagai kegiatan. Untuk itu, janganlah khawatir secara berlebihan. Anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa aktivitas seru yang menyehatkan berikut ini:

  1. Makan di luar rumah

Tidak ada salahnya jika Anda ingin pergi makan di luar rumah. Mungkin Anda bisa memilih resto yang memiliki pemandangan yang menyegarkan mata. Namun, pastikan makanan yang dipilih dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, yakni mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Selain memperhatikan kandungan nutrisi, ibu hamil juga harus memastikan kebersihan makanan. Jadi pilih tempat makan yang sudah terjamin kebersihannya. Sebaiknya ibu hamil juga tidak mengonsumsi makanan mentah karena dapat mengandung kuman yang menyebabkan infeksi dan membahayakan kondisi kehamilan.

  1. Olahraga

Saat hamil, bukan berarti Anda tidak boleh melakukan aktivitas fisik. Justru ibu hamil dianjurkan untuk berolahraga secara rutin. Olahraga selama kehamilan memberikan banyak manfaat. Mulai dari mencegah peningkatan berat badan, meningkatkan kemampuan otak bayi, hingga menurunkan risiko diabetes dan hipertensi selama kehamilan.

Sebelum berolahraga, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi kehamilan dengan dokter. Bila terbukti sehat, beberapa olahraga yang dapat dilakukan di antaranya berenang, jalan cepat, sepeda statis, aerobik ringan, yoga, dan pilates.

Lakukan olahraga dengan durasi selama 30 menit, 3-5 kali per minggu. Pastikan Anda mencukupi asupan air putih selama olahraga agar tidak dehidrasi.

  1. Berbelanja

Selama kehamilan, Anda juga tetap bisa pergi berbelanja. Kegiatan ini dapat menghilangkan penat sekaligus membuat tubuh lebih aktif bergerak, sehingga Anda lebih bugar.

Pilihlah tempat berbelanja yang menyediakan sarana yang ramah terhadap ibu hamil. Pilih menggunakan lift dibandingkan eskalator. Selain itu, Anda harus mengenali batas kemampuan tubuh.

Jika sudah merasa lelah, istirahatlah beberapa menit. Hindari mengangkat barang belanjaan sendiri, sebaiknya gunakan troli atau minta bantuan orang lain.

  1. Pijat hamil

Berat badan yang makin bertambah dan perubahan postur dapat menimbulkan berbagai keluhan pada ibu hamil. Salah satunya rasa sakit di bagian punggung bawah. Pijat dapat membantu mengurangi masalah tersebut. Tak hanya itu, pijat hamil dapat menurunkan kadar hormon stres, memperbaiki suasana hati, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Jika tidak ada kelainan pada kehamilan, pijat hamil dapat dilakukan pada usia kehamilan setelah 12 minggu hingga sebelum 32 minggu. Sebaiknya pijat dilakukan di tempat pijat khusus ibu hamil karena tentunya mereka memiliki pemijat terlatih dan fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan ibu hamil.

  1. Lakukan hobi

Kehamilan bukan suatu alasan untuk berhenti melakukan hobi. Tetap menjalankan hobi akan membuat ibu hamil jauh dari stres. Sebaiknya Anda melakukan hobi yang aman saat hamil, yang tidak melibatkan aktivitas fisik yang ekstrem.

Saat hamil, Anda bisa berkebun, melukis, menulis, memasak, memotret, atau bermain musik. Menariknya, hobi yang Anda lakukan tersebut bisa saja menjadi sumber tambahan penghasilan.

  1. Pergi liburan

Tentu saja para ibu hamil tetap boleh berlibur. Liburan ampuh untuk menghilangkan kepenatan setelah menjalankan rutinitas, sekaligus bisa menjadi ajang babymoon bersama pasangan.

Pilihlah tempat liburan secara bijaksana. Hindari pergi ke tempat yang terlalu jauh sehingga membutuhkan waktu perjalanan yang lama. Jika harus naik pesawat, pastikan usia kehamilan Anda sudah memasuki trimester kedua dan sebelum 35 minggu.

Kemudian, hindari durasi perjalanan dengan pesawat yang terlalu lama. Penerbangan rata-rata 74 jam dalam satu bulan dapat meningkatkan risiko keguguran pada kehamilan. Selain itu, sebaiknya Anda tidak berkunjung ke tempat yang sedang mengalami endemis penyakit.

Itulah beberapa aktivitas seru dan sehat yang dapat dilakukan ibu hamil tanpa harus khawatir. Melakukan aktivitas yang beragam dapat menghilangkan kebosanan selama kehamilan. Jauh dari kebosanan tentunya dapat membantu mengatasi stres dan meningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil serta janin yang dikandungnya.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar