Sukses

Makanan yang Wajib Dikonsumsi dan Mana yang Perlu Dihindari Pria

Bagi pria, ada sejumlah makanan yang wajib dikonsumsi dan mana yang harus dihindari. Pilih yang bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Memperhatikan makanan yang dikonsumsi tak hanya perlu dilakukan oleh wanita, tapi pria juga. Hal ini karena ada beberapa jenis makanan yang sangat bermanfaat bila dikonsumsi oleh pria. Namun demikian ada pula makanan yang harus dihindari karena bisa mendatangkan beragam dampak buruk. Atas dasar itu, pria harus benar-benar memerhatikan asupan harian mereka dengan mulai sekarang.

Makanan wajib konsumsi untuk pria

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya tidak dilewatkan untuk dikonsumsi oleh pria:

  • Ikan berlemak

Menurut ahli diet, Cara Walsh, ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden adalah menu yang sangat baik untuk pria. Itu karena makanan tersebut terbukti mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah penyakit jantung.

“Ikan-ikan tersebut adalah sumber asam lemak omega-3 dan vitamin D. Pria disarankan untuk mengonsumsi menu ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu,” katanya.

  • Biji-bijian utuh

American Heart Association (AHA) merekomendasikan biji-bijian utuh sebagai menu makan sehari-hari. Biji-bijian mengandung serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan jantung.  Khusus untuk pria separuh baya, biji-bijian lebih dari sekadar membuat jantung Anda lebih kuat, asupan tersebut turut membantu memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

  • Sayuran berwarna gelap

Ahli diet, Natalie Rizzo, MS, RD, mengatakan bahwa sayuran berwarna gelap adalah pendamping yang pas untuk pilihan daging yang sehat.

"Sayuran berwarna gelap kaya akan antioksidan yang melawan radikal bebas di dalam tubuh. Hal itu turut melindungi Anda dari peradangan sendi, penyakit jantung, dan mungkin kanker,” ujar Rizzo.

  • Kacang-kacangan

Pria perlu mengonsumsi kacang almond atau biji bunga matahari. Jenis makanan ini bisa membuat Anda kenyang sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

“Kacang-kacangan memasok lemak sehat, serta berbagai mineral dan antioksidan yang diperlukan tubuh, terutama jantung. Kacang-kacangan adalah sumber vitamin E yang baik, yang bisa membantu mengurangi plak arteri dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL),” kata ahli diet, Bridget Swinney MS, RD.

  • Alpukat

Seorang ahli menjelaskan, alpukat adalah buah yang paling sehat karena menawarkan dosis besar lemak tak jenuh tunggal dan kalium. Dua kandungan tersebut sangat bagus untuk menstabilkan tekanan darah.

“Alpukat juga memiliki serat, vitamin E, vitamin B, dan asam folat. Vitamin E dan asam folat merupakan antioksidan kuat yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh," tegas Swinney.

1 dari 2 halaman

Makanan ini wajib dihindari oleh pria

Setelah Anda membaca beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi pria, berikut ini adalah daftar beberapa makanan yang wajib dihindari oleh pria:

  • Makanan cepat saji (junk food)

Burger yang dijual oleh restoran cepat saji sangat menggoda dan nikmat, tapi itu harus dihindari. Menurut Swinney kebanyakan makanan cepat saji mengandung 50 hingga 100 persen kebutuhan sodium dan lemak jenuh harian.

“Natrium menyebabkan retensi cairan dan meningkatkan tekanan darah pada banyak orang,” tegas Swinney.

Sementara menurut Walsh, kentang goreng yang dimasak dengan minyak tidak sehat adalah penyebab utama serangan jantung. Selain itu, makan terlalu banyak kentang juga dapat meningkatkan kadar insulin.

“Kue, muffin, dan donat mengandung gula dalam jumlah yang banyak, juga berbahaya. Semua makanan yang dipanggang menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat dan fungsi pencernaan yang buruk,” tegas Walsh.

  • Sup kalengan

Jenis makanan ini memang murah dan mudah disajikan. Akan tetapi, sup kalengan dipenuhi dengan bahan-bahan yang tidak bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. “Satu sup kaleng memiliki lebih dari cukup sodium untuk membuat tekanan darah Anda melonjak," kata Walsh.

  • Daging berlemak

Daging berlemak seperti beef bacon dan sosis yang penuh dengan sodium serta lemak jenuh akan membuat tekanan darah Anda menjadi tinggi. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung di kemudian hari.

  • Bir

Hindari bir atau minuman beralkohol jenis lainnya, karena dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan beragam penyakit kronis.

“Beberapa penyakit akibat konsumsi bir adalah sirosis hati, pankreatitis, berbagai jenis kanker, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, bir juga bisa menyebabkan gangguan psikologis," ungkap Rizzo.

Setelah mengetahui daftar tersebut, Anda diharapkan bisa lebih “memilah” jenis makanan yang baik dan harus dikonsumsi, dan mana yang harus dihindari. Satu hal yang perlu diingat, ketika mengonsumsi makanan yang baik, Anda harus tetap membatasi porsinya agar tidak berlebihan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar