HomeInfo SehatKesehatan UmumManfaat Sulfur untuk Kesehatan Tubuh Anda
Kesehatan Umum

Manfaat Sulfur untuk Kesehatan Tubuh Anda

dr. Sara Elise Wijono MRes, 16 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sulfur atau belerang disebut-sebut sebagai zat yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Apa kata medis terkait manfaat belerang alias sulfur? Ini faktanya!

Manfaat Sulfur untuk Kesehatan Tubuh Anda

Sulfur alias belerang merupakan komponen penting yang dapat memberikan asupan protein pada tubuh. Unsur alami yang ada di dalam senyawa tersebut bahkan dipercaya dapat mengobati berbagai macam masalah yang muncul di kulit.

Tak hanya itu, bawang putih, bawang merah, telur, dan asupan lain yang mengandung sulfur juga dituding dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan, seperti alergi, osteoartritis, dan nyeri otot.

Apalagi manfaat sulfur atau belerang yang terdapat di dalam bawang merah dan makanan lainnya? Ini dia beberapa manfaat belerang bagi kesehatan Anda:

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kandungan sulfur dalam bawang merah terbukti dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. 

Tak heran, senyawa tersebut turut memberikan manfaat untuk wanita yang telah memasuki masa menopause. Pasalnya, di masa menopause, wanita kerap mengalami osteoporosis yang timbul sebagai akibat dari berkurangnya tingkat kepadatan tulang.

Lebih lanjut, wanita yang telah memasuki usia menopause dan rutin mengonsumsi bawang merah juga memiliki risiko osteoporosis yang lebih rendah.

Konsumsi makanan mengandung sulfur seperti bawang merah secara teratur juga disebut mampu menurunkan risiko tubuh bungkuk pada usia lanjut. Hal itu karena sulfur memainkan peran dalam membantu pembentukan jaringan ikat dan memperkuat konektor jaringan.

Artikel Lainnya: Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan Tubuh

2. Mengatasi Osteoartritis

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Osteoarthritis Cartilage mengkaji sulfur sebagai bahan pengobatan osteoartritis. Para peneliti berhipotesis, senyawa tersebut memiliki khasiat yang lebih unggul daripada plasebo dalam pengobatan osteoartritis derajat ringan hingga sedang.

Ada juga bukti lain yang mengatakan, balneoterapi atau mandi belerang yang mengandung zat sulfur dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan osteoartritis. 

Berdasarkan laporan dari Cochrane Database of Systematic Review, para ilmuwan mengukur tujuh percobaan pada penggunaan balneoterapi dalam pengobatan osteoartritis. Hasilnya, terapi tersebut terbukti dapat mengurangi  rasa sakit dan memperbaiki kualitas hidup penderita osteoartritis secara keseluruhan.

3. Meringankan Gejala Alergi

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, partisipan studi yang mengonsumsi suplemen sulfur mengalami perbaikan gejala alergi saluran pernapasan lebih signifikan daripada mengonsumsi plasebo.

4. Perawatan Rambut Berketombe

Manfaat belerang untuk mengatasi ketombe sudah diketahui secara luas. Bahan ini juga sudah termasuk sebagai zat yang disetujui FDA (Food and Drug Administration) sebagai pengobatan ketombe. 

Jika Anda amati di pasaran, memang banyak sampo untuk mengatasi ketombe yang mengandung sulfur sebagai salah satu bahannya.

5. Pengobatan Infeksi Skabies

Skabies adalah salah satu infeksi yang dapat terjadi pada kulit. Gejalanya berupa keluhan gatal, yang sering memburuk saat malam hari; ketika berkeringat atau terpapar cuaca panas. 

Salah satu manfaat belerang untuk kesehatan adalah dapat mengobati infeksi skabies. Terapi berupa salep mengandung belerang atau sulfur dapat dioleskan pada bagian kulit yang terinfeksi untuk hasil yang optimal.

Artikel Lainnya: 8 Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan

6. Mempercepat Penyembuhan Setelah Olahraga

Pernah merasa pegal atau nyeri otot setelah berolahraga terlalu intens? Keluhan ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung belerang alias sulfur, lho!

Belerang atau sulfur ternyata membantu pemulihan otot setelah olahraga dengan cara mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

7. Mengurangi Gejala Rhinitis Alergi

Keluhan yang bisa dirasakan penderita rhinitis alergi, yaitu bersin-bersin, hidung gatal dan mampet, serta mata berair. Sulfur dapat meredakan peradangan sehingga turut mengurangi berbagai keluhan tersebut.

8. Memperkuat Keratin

Sulfur merupakan salah satu zat pembangun keratin. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan mengandung sulfur secara rutin dan teratur dapat membantu memperkuat keratin. 

Keratin itu sendiri merupakan struktur utama pembentuk kulit, rambut, dan kuku. Jadi, jika ingin kulit, rambut, dan kuku yang sehat dan kuat; jangan lupakan konsumsi sulfur, ya.

9. Meredakan Gejala Dermatitis

Manfaat belerang ternyata juga bisa mengurangi kemerahan akibat peradangan, seperti dalam kasus penyakit seperti eczema (eksim atau dermatitis atopik), dermatitis seboroik, dan dermatitis numularis.

10. Perawatan Kulit

Sulfur juga digunakan sebagai bahan dalam beberapa produk perawatan kulit. Ketika diaplikasikan, senyawa tersebut dianggap mampu mengobati jerawatrosacea, dan kutil

Itu dia beragam manfaat belerang atau sulfur bagi kesehatan. Apakah Anda tertarik untuk membuktikannya seluruh manfaat tersebut? 

Jika hendak menggunakan produk yang mengandung sulfur, pastikan Anda tidak lupa membaca label peringatan, dosis yang dianjurkan, dan efek samping yang mungkin terjadi. 

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengimbangi penggunaan produk mengandung sulfur dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga rutin dan teratur, serta menghindari rokok maupun alkohol. Dengan demikian, manfaat sulfur yang Anda rasakan bisa lebih optimal.

Ingin menikmati manfaat belerang tanpa perlu khawatir efek samping merugikan? Sebaiknya konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Belerang Sulfur

Konsultasi Dokter Terkait