Sukses

Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Varises

Tak hanya merusak penampilan, varises juga berbahaya bagi kesehatan Anda. Cegah kemunculannya dengan cara-cara berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Varises adalah gangguan pada pembuluh balik (vena) yang terjadi karena adanya pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah. Kondisi tersebut menyebabkan kegagalan katup pembuluh darah dalam menahan aliran darah kembali ke jantung.

Dilansir dari Liputan6.com, pakar kesehatan dan dokter bedah vaskuler Dr. R. Suhartono, Sp.B(K)V dari Venosan Clinic Indonesia menyatakan bahwa penyumbatan pembuluh darah balik tersebut dapat menyebabkan emboli paru.

Dengan bahaya tersebut, ada baiknya Anda melakukan upaya pencegahan dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Rutin berolahraga

Olahraga sangat disarankan bagi orang yang mengalami varises. Selain baik untuk kesehatan tubuh, rupanya olahraga juga baik untuk menguatkan otot-otot kaki, memperlancar aliran darah, serta membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Terutama bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, olahraga adalah suatu keharusan. Sebab, kegemukan merupakan salah satu faktor risiko terjadinya varises. Dengan berolahraga secara rutin, berat badan Anda dapat kembali ideal dan varises pun bisa dicegah.

Beberapa pilihan olahraga yang dapat dilakukan antara lain adalah berjalan santai, bersepeda, dan melakukan olahraga kaki (seperti bicycle legs dan calf raises).  Jadi, jangan malas untuk berolahraga secara rutin, ya!

  1. Konsumsi makanan sehat

Hati-hati, makanan juga berperan dalam mencegah munculnya varises. Jadi, sebisa mungkin jauhi makanan yang mengandung lemak trans, alkohol, kafein, gula, garam, makanan olahan ataupun makanan cepat saji, karena dapat berpengaruh terhadap kesehatan pembuluh darah.

Pilihlah makanan yang mengandung serat dan antioksidan seperti vitamin C, E dan flavonoid. Makanan yang mengandung serat dipercaya membuat jantung lebih sehat dan menurunkan risiko varises untuk muncul. Contoh makanan yang kaya serat antara lain adalah gandum, beras cokelat, sayuran, dan buah-buahan.

Sedangkan, makanan yang mengandung antioksidan seperti alpukat maupun blueberry berguna untuk membantu memelihara kesehatan pembuluh darah dan melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

  1. Penggunaan stoking kompresi

Penggunaan stoking kompresi bermanfaat untuk memberikan tekanan pada pembuluh darah, sehingga pembuluh darah kembali ke jantung dengan maksimal. Penggunaan stoking kompresi ini disarankan bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi atau sering berdiri dalam jangka waktu yang lama. Pilihlah stoking yang nyaman, tidak terlalu ketat, tetapi juga tidak terlalu longgar.

  1. Mengenakan alas kaki yang nyaman

Pilihlah alas kaki yang nyaman sesuai dengan bentuk kaki Anda. Sebisa mungkin, hindari alas kaki yang memiliki hak tinggi atau sol yang keras. Jika memang terpaksa harus menggunakan sepatu berhak tinggi, jangan lupa gunakan stoking kompresi dan istirahatkan kaki setiap 15 menit.

  1. Hindari berdiri atau duduk dalam jangka waktu lama

Baik posisi berdiri maupun duduk, jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama akan semakin memperburuk keadaan varises Anda. Jika Anda memang harus berdiri dalam jangka waktu yang lama, usahakan untuk memindahkan beban tubuh dari kaki satu ke kaki yang lain secara bergantian. Jika memungkinkan, istirahatlah dengan duduk sejenak.

Atau jika memang Anda diharuskan bekerja dalam posisi duduk dalam jangka waktu yang lama, usahakan untuk berdiri dan bergerak setiap 45 menit untuk memperlancar peredaran darah.

Lakukan gerakan sederhana seperti memutar-mutarkan pergelangan kaki dan meluruskan kaki juga untuk memperlancar peredaran darah.

Demikian langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah varises dan meredakannya. Apabila Anda terlanjur mengalami varises dan kondisinya tak membaik meski telah melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis bedah vaskular untuk mendapatkan terapi lebih lanjut.

[NP/ RVS]

1 Komentar