Sukses

6 Tips Memperlambat Proses Penuaan

Penuaan adalah suatu hal yang pasti. Meski demikian kondisi itu bisa diperlambat dengan berbagai cara.

Klikdokter.com, Jakarta Penuaan pasti akan dialami oleh semua orang, tanpa terkecuali. Kerutan di wajah, otot mengendur, kehilangan memori, itu semua tidak bisa Anda hindari. Akan tetapi, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat penuaan tersebut.

Sebenarnya, hal yang paling ditakutkan dari penuaan adalah ketika ia datang lebih dini. Bayangkan jika Anda masih berusia 30 tahun, tapi sudah muncul banyak kerutan di wajah. Tentunya  semua orang tak ingin mengalami itu.

Faktor-faktor seseorang mengalami penuaan dini ada banyak, bisa dari dalam tubuh sendiri atau lingkungan. “Beberapa faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini antara lain faktor keturunan, stres, konsumsi alkohol, rokok, asupan nutrisi yang buruk karena kurang sayur dan buah, sering terpapar sinar matahari dan polusi,” ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Seperti yang disebutkan, datangnya penuaan bisa diperlambat. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan agar penuaan tidak datang lebih dini:

1. Makan dengan baik

Dalam beberapa dekade terakhir, makanan olahan (processed food) telah menjadi bagian dari hidup manusia. Padahal, sering mengonsumsi makanan olahan dapat membuat organ-organ tubuh Anda terganggu. Jika mereka sudah rusak, berbagai masalah kesehatan yang serius pun mengintai, termasuk penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.

Untuk menghindari penuaan, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Kurangi makanan olahan dan hindari minuman manis. Makanlah lebih banyak buah, sayuran, serat, dan protein tanpa lemak.

2. Jangan merokok

Anda masih merokok? Berhentilah dari sekarang. Tidak ada kata terlambat sama sekali. Berhenti merokok dapat meningkatkan sirkulasi dan tekanan darah, dan secara drastis mengurangi risiko terkena kanker. Jika merasa kesulitan untuk berhenti, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter untuk diberikan terapi yang cocok untuk Anda.

3. Olahraga

Para ahli sepakat bahwa Anda harus berolahraga sebanyak 30 menit per hari. Tapi seperti yang Anda tahu, ada saja hambatan yang membuat olahraga sulit untuk dilakukan secara rutin. Kabar baiknya, melakukan aktivitas fisik selama 15 menit pun sebenarnya tidak masalah. Jalan kaki atau naik sepeda termasuk olahraga yang ringan dan tidak perlu repot. Ingat, aktivitas fisik apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

4. Bersosialisasi

Sosialisasi membuat Anda selalu muda dan membantu Anda mendapatkan umur panjang. Pertahankan hubungan yang baik dan sehat dengan orang lain. Pastikan Anda tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda cintai.

5. Tidur cukup

Tanpa tidur, manusia tidak akan berfungsi dengan baik. Para ahli mengatakan bahwa Anda harus memenuhi waktu tidur 6-8 jam per hari. Tidur yang cukup akan mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tingkat stres Anda.

6. Kelola stres

Stres, kemarahan, dan menyimpan dendam bisa sangat merusak tubuh Anda. Cobalah untuk mengurangi tingkat stres dalam tubuh dengan cara-cara di atas. Bermeditasi atau yoga juga pilihan yang baik untuk membantu menghilangkan stres. Jika stres hilang, hidup lebih senang, dan Anda akan mendapatkan umur panjang.

Proses penuaan dapat diperlambat dengan enam cara tersebut. Jika dipikir-pikir, tips yang telah dijelaskan cukup mudah tapi kenapa melaksanakannya terasa sulit? Karena Anda tak hanya butuh “ingin”, tapi juga niat dan komitmen jangka panjang. Percayalah bahwa gaya hidup sehat tak hanya membuat Anda awet muda tetapi juga sehat secara fisik maupun mental.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar