Sukses

Redakan Inflamasi dengan 7 Makanan Ini

Mengonsumsi ragam makanan yang merupakan bahan alami ternyata juga mampu membantu meredakan inflamasi dan mencegahnya datang kembali.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika radang sendi menyerang, tentu Anda akan merasa tidak nyaman. Bagaimana tidak? Rasa nyeri-nyeri yang ditimbulkannya membuat Anda kesulitan dalam beraktivitas. Mau gerak sedikit saja, pasti kaki atau tangan terasa nyeri. Untuk mengatasinya, biasanya dokter akan memberikan obat topikal yang dioles atau obat oral yang diminum untuk meredakan inflamasi.

Meski demikian, sebenarnya Anda juga bisa membantu kinerja obat pereda inflamasi dengan mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung zat tertentu. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah makanan yang dapat merawat peradangan dan mengurangi efek bengkak pada persendian Anda:

1. Buah yang tinggi antioksidan

Menurut Arthritus Foundation yang dikutip dari Healthline, ketimbang mengonsumsi camilan yang tinggi kadar garam dan gula buatan, sebaiknya konsumsi buah-buahan yang tinggi kadar antioksidan, seperti apel, blueberry, ceri, nanas, raspberry, dan stroberi.

Aneka buah tersebut sebaiknya dimakan langsung, tidak diolah menjadi jus yang kemudian dicampurkan dengan gula atau kental manis, agar nutrisinya tidak berkurang.

Dengan menjadikan buah-buahan tersebut sebagai menu camilan, Anda akan terhindar dari kerusakan sel dan sendi yang semakin parah. Sehingga, gejala nyeri dan bengkak bisa berkurang.

2. Ikan

Bila radang sendi sedang kumat, sebaiknya ganti dulu asupan daging merah dengan ikan. Karena daging merah lebih tinggi kadar lemak jahat dan garamnya. Anda bisa memilih ikan salmon, kakap, tuna, kod, halibut, dan ikan bas yang mengandung asam lemak omega-3 lebih tinggi.

Asam lemak omega-3 bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan. Dilansir dari Healthline, jika Anda memiliki alergi makanan laut dan tak bisa mengganti daging merah dengan ikan, sebaiknya pilihlah daging merah yang organik.

Pasalnya, daging organik yang berasal dari sapi yang diberikan makan rumput mengandung asam lemak omega-3 yang lebih tinggi.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Alpukat

Alpukat termasuk buah yang spesial. Sebab, buah yang sekarang sedang tren dimakan bersama telur setengah matang, roti gandum, dan ikan salmon ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan memiliki kadar vitamin E yang tinggi.

Kedua zat tersebut berkaitan dengan penurunan risiko kerusakan sendi di level awal. Lagi pula, mengonsumsi alpukat secara teratur tak cuma bisa meredakan gejala nyeri sendi, tetapi juga bekerja mengontrol kadar lemak di dalam darah.

4. Bawang putih dan bawang bombay

Tak cuma sebagai antibiotik alami, bawang putih dan bawang bombay juga dikenal sebagai bumbu dapur yang berkhasiat untuk meredakan gejala radang sendi. Anda dapat menambahkan bawang putih atau bawang bombay ke dalam masakan untuk menyedapkan rasa. Masakan pun tak hanya enak, tapi juga berkhasiat sebagai antiradang.

5. Cokelat hitam atau dark chocolate

Jika ingin makan cokelat, pilihlah cokelat dengan kandungan 70 persen cokelat murni. Hindari mengonsumsi cokelat susu dan cokelat putih. Karena dua jenis cokelat tersebut mengandung gula dan lemak yang cukup tinggi. Bukannya sembuh, bisa-bisa Anda malah terkena diabetes.

6. Makanan berserat tinggi

Serat diketahui dapat menurunkan protein C-reaktif (CRP), yakni zat yang berada di dalam darah Anda dan berkaitan dengan peradangan. Tak cuma dari sayur dan buah, Anda bisa mendapatkan serat dari makanan seperti kacang polong, gandum utuh (oatmeal), beras merah, ataupun quinoa.

7. Kacang polong

Dalam 1 cangkir kacang polong mengandung 15 gram protein yang baik bagi tubuh. Selain ramah di kantong, kacang polong juga mengandung serat dan fitonutrien yang bekerja membantu mengurangi peradangan. Kacang yang kerap kali ditemukan dalam hidangan sup ataupun nasi goreng ini bahkan juga kaya akan magnesium, zat besi, dan kalium.

Meredakan inflamasi yang menghambat aktivitas Anda nyatanya tak sulit. Dengan menjalani pengobatan sesuai anjuran dokter dan mengonsumsi berbagai makanan di atas, radang sendi Anda akan sembuh lebih cepat. Selain itu, asupan menu di atas juga mampu mencegah peradangan menyerang kembali.

[NP/ RVS]

1 Komentar