Sukses

5 Cara Tepat Cegah Serangan Jantung pada Wanita

Saat ini semakin banyak kasus serangan jantung pada wanita. Jangan sampai Anda jadi korban berikutnya. Cegah dengan cara ini!

Klikdokter.com, Jakarta Dahulu, serangan jantung diidentikkan sebagai penyakitnya pria dewasa. Namun sekarang, predikat “penyakit identik” tersebut sudah tidak berlaku lagi. Pasalnya, dilansir dari Reader’s Digest, serangan jantung telah berhasil membunuh satu wanita setiap 80 detik!

Atas dasar itu, setiap wanita diminta untuk terus waspada dan segera menerapkan gaya hidup sehat. Menurut American Red Association’s Go Red for Women, 80 persen penyakit jantung terbukti dapat dihindari dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko penyakit jantung adalah sebagai berikut:

1. Kontrol tekanan darah

Dalam 30 tahun terakhir, jumlah wanita di bawah usia 45 tahun dengan tekanan darah tinggi telah meningkat drastis. Karenanya, American College of Cardiology dan American Heart Association mengeluarkan rekomendasi baru dimana orang-orang dengan tekanan darah 130/80 mmHg harus dirawat, karena hal itu sudah termasuk sebagai gejala hipertensi.

Untuk menekan angka tersebut, lakukanlah olahraga secara teratur, diet rendah sodium, konsumsi menu yang mengandung banyak buah, sayuran, gandum utuh, dan asam lemak omega-3.

2. Perhatikan kadar HDL

HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Seseorang disarankan untuk memiliki kadar HDL di atas 60. Untuk ini, Anda bisa mengupayakannya sebelum memasuki masa menopause. Sebab, hormon estrogen yang masih terproduksi (masa sebelum menopause) juga turut memengaruhi tingkat HDL.

Jika hormon estrogen sudah mengalami penurunan yang signifikan (saat menopause), itu berarti Anda perlu usaha yang lebih ekstra untuk meningkatkan kadar HDL. Jika keadaannya seperti ini, Anda wajib berolahraga kardio secara teratur dan mengonsumsi menu yang mengandung lemak baik, seperti alpukat dan ikan-ikanan.

3. Usir lemak dari perut

Perut besar yang dipenuhi lemak akan “membungkus” organ Anda, menciptakan peradangan, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dikutip dari Reader’s Digest, pinggang seorang wanita harus berukuran tidak lebih dari 35 inci. Untuk mendapatkan ukuran pinggang dan perut yang ideal, sebaiknya mulai sekarang hindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, minyak, dan gula. Serta, jangan terlalu lama berdiam (diri, tiduran, atau duduk), dan perbanyak aktivitas fisik sehingga lemak tidak mengendap di dalam tubuh.

4. Hentikan kebiasaan merokok

Rokok mengandung ribuan zat berbahaya, yang beberapa di antaranya terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Jadi, jika Anda tak ingin berakhir pada kondisi tersebut, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga.

5. Kelola stres dan jaga kesehatan mental

Sulit memang untuk menghindari stres, terutama bagi wanita karier yang merangkap sebagai ibu rumah tangga. Namun, jika Anda tidak pandai-pandai mengelola perasaan tertekan, hal tersebut hanya akan meningkatkan risiko gangguan kecemasan, penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Meski tidak langsung membuat jantung Anda mengalami kerusakan, tetapi stres terbukti bisa meningkatkan tekanan darah secara signifikan. Kemudian, tekanan darah yang sudah naik itu akan meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Oleh karena itu, penting bagi wanita usia produktif untuk menentukan prioritas, sering berbagi cerita kepada teman-temannya, bermeditasi, tetap menjalankan hobinya, serta meningkatkan kegiatan spiritual untuk lebih menenangkan diri dari segala tekanan. Dengan begitu, stres dan dampak buruknya bisa dicegah.

Saat ini, serangan jantung memang kian sering membidik kaum wanita. Namun dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda bisa menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Lakukanlah dengan serius dan berkelanjutan, untuk menghindari serangan jantung, atau stroke di masa depan.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar