Sukses

Alasan Mengapa Pria Rentan Lemas dan Kehabisan Energi

Seorang pria terkadang rentan kehabisan energi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari adanya penyakit hingga kurang berolahraga.

Seorang pria identik dengan sifat kuat, maskulin, kekar, dan tegas. Namun, pada kenyataannya tidak selalu demikian. Pria juga terkadang rentan kehabisan energi sehingga membuatnya lemah.

Selain gaya hidup, kondisi medis tertentu juga dapat menjadi penyebab badan cepat lelah pada pria. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja pemicu badan lemas pada pria. 

Tanda-Tanda Pria Kehabisan Energi

Manusia bukanlah robot. Seorang pria tidak selalu kuat, ada kalanya ia kehabisan energi dan membutuhkan istirahat. Hal tersebut wajar terjadi.

Akan tetapi, beda halnya jika stamina pria sering menurun. Bisa jadi itu merupakan indikasi dari suatu penyakit atau kondisi medis tertentu. 

Artikel Lainnya: 11 Makanan untuk Mengatasi Badan Lemas

Berikut adalah beberapa tanda dan gejala yang bisa muncul saat seorang pria kehabisan energi:

  • Lemah

Lemah merupakan tanda kurang energi yang paling awal. Saat kekurangan energi, seorang pria tidak memiliki kekuatan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat yang biasa ia lakukan.

  • Mudah Lelah

Pria yang kekurangan energi tidak hanya lemah dalam melakukan pekerjaan, tapi juga mudah lelah saat melakukan suatu pekerjaan.

  • Sering Mengantuk dan Banyak Tidur

Tanda pria kehabisan energi lainnya adalah mudah mengantuk dan banyak tidur. Karena tidur adalah salah satu cara yang efektif untuk mengembalikan energi.

  • Tidak Memiliki Gairah Seksual

Selain hal-hal di atas, pria yang kehabisan energi juga tidak memiliki gairah seksual karena aktivitas seksual membutuhkan energi.

1 dari 2 halaman

Penyebab yang Harus Diketahui

Setelah mengetahui tanda dan gejalanya, kini saatnya kita membahas apa saja penyebab badan cepat lelah pada pria. Ini adalah delapan alasan yang bisa membuat stamina pria menurun: 

  1. Hipoglikemia

Salah satu penyebab kekurangan energi adalah hipoglikemia. Hipoglikemia terjadi saat tubuh kekurangan asupan makanan, misalnya saat sedang berpuasa atau setelah melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang berat.

Artikel Lainnya: Badan Lemas karena Lelah atau Malnutrisi, Apa Bedanya?

  1. Masalah Hormon

Pada pria, masalah hormon juga dapat menjadi salah satu penyebab badan cepat lelah. Misalnya kekurangan hormon insulin pada pria dengan diabetes. Pada kondisi ini, gula dalam darah tinggi tetapi tidak dapat masuk ke dalam sel. Akibatnya sel-sel tubuh tidak mendapatkan sumber energi.

Kekurangan tiroid juga dapat menyebabkan tubuh pria lemah, karena hormon ini berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Selain itu, kekurangan testosteron juga dapat menyebabkan pria lebih lemah dan hasrat seksual berkurang.

  1. Anemia

Lemas adalah salah satu gejala anemia yang paling umum. Hal ini dapat terjadi karena rendahnya kadar hemoglobin pada sel darah merah. Padahal hemoglobin dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Chronic Fatigue Syndrome

Aktivitas fisik terlalu berat atau begadang terus-menerus akan membuat seorang pria mengalami chronic fatigue syndrome. Salah satu gejalanya adalah kekurangan energi. 

Artikel Lainnya: Kelelahan Berkepanjangan, Hati-hati Chronic Fatigue Syndrome

  1. Kurang Olahraga

Olahraga penting untuk memelihara kebugaran tubuh. Aktivitas ini merangsang pemecahan lemak tubuh menjadi sumber energi. Karena itu, berolahragalah dengan teratur dan tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk menjaga asupan nutrisi setelah berolahraga.

  1. Depresi

Tidak hanya masalah fisik, masalah psikologis seperti depresi juga dapat menyebabkan stamina pria berkurang. Kurang bersemangat, malas berinteraksi, selalu ingin tidur, dan perasaan bersedih merupakan beberapa gejala dari depresi

  1. Masalah Jantung

Cepat lelah dan sesak napas jika melakukan aktivitas berat merupakan salah satu gejala masalah jantung, terutama pada pria lansia. Penyakit jantung koroner lebih rentan terjadi pada pria dibandingkan wanita.

Jika tidak segera ditangani atau tidak berobat secara teratur, penyakit jantung koroner dapat menyebabkan pria mengalami gagal jantung. Salah satu gejala gagal jantung adalah cepat lelah.

  1. Masalah Saraf

Masalah saraf, seperti myasthenia gravis, juga dapat menjadi salah satu penyebab badan lemas pada pria. Penyakit ini menyebabkan gangguan penghantaran sinyal saraf ke otot sehingga kontraksi otot berkurang.

Biasanya gejala muncul pada sore atau malam hari setelah seharian beraktivitas. Lalu stamina akan kembali lagi pada pagi hari setelah bangun tidur. Selain kekurangan energi, gejala myasthenia gravis lainnya adalah kelopak mata turun atau sayu pada sore hari.

Kini, Anda telah mengetahui apa saja penyebab kondisi kehabisan energi pada pria. Jika masih memiliki pertanyaan seputar badan lemas atau masalah kesehatan lainnya, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. 

[RF/WA]

0 Komentar

Belum ada komentar