Sukses

Cegah Infeksi dari Rumah Sakit dengan Cara Ini

Infeksi nosokomial dapat terjadi ketika Anda berada di rumah sakit, baik saat berobat atau membesuk. Lakukan pencegahan infeksi dengan cara ini.

Biasanya Anda berkunjung ke rumah sakit untuk berobat, menjalani rawat inap, atau mengunjungi teman yang sedang sakit. Tapi sudahkah Anda menerapkan aturan kebersihan yang baik selama berada di rumah sakit? Meski terkesan bersih dan steril, rumah sakit sebenarnya bisa menjadi sarang penularan berbagai penyakit. 

Anda mungkin belum tahu, berada atau menjalani perawatan di rumah sakit bisa menimbulkan risiko infeksi yang disebut infeksi nosokomial. Baik pasien, pekerja rumah sakit, atau pengunjung sama-sama bisa terkena infeksi ini. 

Mari kenali lebih jauh mengenai infeksi nosokomial serta cara mencegahya. 

1 dari 3 halaman

Mengenal Infeksi Nosokomial yang Terjadi di Rumah Sakit

Kunjungan ke rumah sakit, khususnya dalam waktu yang lama seperti rawat inap, ternyata memiliki risiko. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah infeksi nosokomial, atau disebut juga healthcare-associated infection (HAI).

Artikel lainnya:  Infeksi yang Disertai Demam, Gejala Apa?

Infeksi nosokomial adalah infeksi yang berkembang saat seseorang berada di rumah sakit. Infeksi nosokomial dapat terjadi pada pasien saat menerima perawatan di rumah sakit, petugas kesehatan, maupun pengunjung. 

Jenis infeksi nosokomial yang paling umum, antara lain infeksi saluran kemih, infeksi luka operasi, dan pneumonia. Infeksi nosokomial ini dapat terjadi di semua rangkaian perawatan, mulai dari ruang rawat inap, pusat bedah, hingga fasilitas rehabilitasi.

Semua pasien yang dirawat di rumah sakit rentan tertular infeksi nosokomial. Tapi, beberapa pasien berisiko lebih besar daripada yang lain, seperti anak-anak, orang tua, dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun. 

Faktor risiko lain dari infeksi nosokomial adalah lamanya waktu perawatan di rumah sakit, penggunaan kateter urine, kebersihan diri yang tidak baik, dan penggunaan antibiotik yang tidak tepat.

Artikel lainnya: Daftar Rumah Sakit Rujukan Pasien COVID-19 di Seluruh Indonesia

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Infeksi di Rumah Sakit

Rumah sakit yang merupakan tempat untuk menyembuhkan orang, ternyata tidak bisa lepas dari infeksi. Hal itu karena rumah sakit yang biasanya sedemikian rupa dijaga kebersihannya belum tentu aman dari penyebaran infeksi. Untuk itu, Anda harus tahu pencegahan infeksi dari rumah sakit.

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko terkena infeksi di rumah sakit. Patuhilah berbagai aturan kebersihan yang ada di rumah sakit. Berikut adalah beberapa prinsip umum yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko terkena infeksi di rumah sakit.

  1. Cuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun dan air (atau hand sanitizer dengan alkohol minimal 60 persen) dapat mengurangi penyebaran atau penularan infeksi. Kebiasaan ini harus dilakukan sebelum dan sesudah mengunjungi pasien. Walaupun terkesan mudah, nyatanya mencuci tangan kerap dilupakan.

  1. Jangan Menyentuh Wajah

Anda pasti sering menyentuh wajah, sengaja atau tidak, mungkin bisa 15 kali dalam satu jam. Padahal hal tersebut bisa membuat Anda terpapar virus.

Karena meskipun tidak terlihat kotor, bisa saja tangan Anda penuh dengan kuman dan bakteri tak kasat mata. Apabila Anda menyentuh wajah, kuman dan bakteri yang ada di tangan dapat menempel di mulut atau bibir, kemudian masuk ke dalam tubuh.

Artikel lainnya: 5 Benda di Rumah Sakit yang Sebaiknya Tidak Anda Sentuh

  1. Jalani Vaksinasi Sesuai Anjuran

Vaksinasi adalah salah satu tindakan pencegahan sebelum penyakit datang. Oleh karena itu, melakukan vaksinasi tidak hanya dapat melindungi diri Anda tetapi juga orang lain yang lebih rentan, seperti anak-anak dan orang tua.

  1. Tetap di Rumah Jika Anda Sakit

Hindari mengunjungi rekan Anda di rumah sakit ketika Anda sendiri sedang sakit. Selain bisa memperburuk kondisi Anda yang sedang lemah, Anda juga dapat turut menyebarkan virus atau bakteri di rumah sakit.

Rumah sakit penuh dengan peralatan medis yang sangat mungkin terkontaminasi oleh virus dan bakteri. Cara-cara di atas dapat Anda terapkan agar tidak terkena infeksi dari rumah sakit. Selalu jaga diri Anda dan keluarga dari kemungkinan tertular penyakit, saat membesuk rekan atau keluarga yang sedang dirawat di rumah sakit.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai pencegahan infeksi dari rumah sakit, jangan sungkan untuk bertanya kepada tim dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar