Sukses

Fakta di Balik Pembalut Wanita yang Harus Anda Tahu

Pembalut sudah menjadi bagian penting dari kehidupan wanita. Tapi ada beberapa fakta menarik tentang pembalut wanita yang jarang diketahui orang. Apa saja?

Pembalut sudah menjadi bagian penting dari kehidupan wanita. Meski demikian, ada beberapa fakta tentang pembalut wanita yang masih jarang diketahui orang. Apa saja?

Fakta Tentang Pembalut Wanita

Berikut beberapa fakta tentang pembalut wanita yang perlu Anda tahu:

  1. Pembalut terdiri atas dua tipe

Terdapat dua tipe pembalut secara umum, yaitu pembalut sekali pakai atau disposable menstrual pads, dan pembalut yang dapat digunakan kembali atau reusable menstrual pads.

Kebanyakan wanita di dunia menggunakan pembalut sekali pakai dengan alasan kehigienisan. 

Artikel lainnya: Malas Ganti Pembalut Picu Kanker Serviks?

Pembalut wanita sekali pakai biasanya mempunyai desain dasar yang sama, yaitu bahan penyerap selulosa yang ditempatkan di antara permukaan yang dapat menyerap cairan (lembaran atas) dan lapisan kedap air (lembaran belakang). Penambahan lainnya berupa sayap agar pembalut tetap pada tempatnya.

  1. Pembalut bisa sebabkan ruam

Terkadang, pemakaian pembalut dapat menyebabkan timbulnya ruam. Gejalanya meliputi gatal, bengkak, dan kulit yang kemerahan. Jadi Anda harus waspada dengan bahaya pembalut wanita yang satu ini.

Biasanya ruam terjadi karena kulit Anda sensitif terhadap bahan-bahan dalam pembalut tersebut. Bisa juga karena pewangi tambahan yang ada pada beberapa produk pembalut.

Untuk mengatasi ruam akibat pemakaian pembalut, cara-cara yang bisa Anda lakukan antara lain dengan memilih pembalut tanpa pewangi tambahan, menggunakan celana dalam berbahan katun yang tidak terlalu ketat, dan mengoleskan krim hidrokortison di bagian luar vagina yang mengalami iritasi.

Artikel lainnya:  9 Hal yang Harus Dilakukan Saat Anak Pertama Haid

  1. Kandungan pembalut dalam wanita

Untuk kandungan pembalut wanita itu sendiri, dapat berbeda-beda tergantung dari produsen yang mengeluarkan produk pembalut tersebut. 

Disarankan bagi wanita untuk membaca label dengan jelas sebelum membeli, guna mengetahui apakah ada bahan-bahan yang dapat menjadi ancaman bagi dirinya.

1 dari 2 halaman

Tips Memilih Pembalut yang Baik untuk Kesehatan

Dalam memilih pembalut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tetap aman. Pasalnya, ada bahan-bahan lain yang sering ditambahkan pada pembalut dan beberapa di antaranya diduga berbahaya untuk kesehatan. Contohnya saja kandungan klorin yang biasa digunakan sebagai pemutih, sering kali ditemukan pada pembalut. 

Berikut cara memilih pembalut wanita yang aman dan sehat:

  • Pastikan produk pembalut tersebut sudah memiliki izin dari Kemenkes RI atau memiliki tulisan SNI (Standar Nasional Indonesia).
  • Sebaiknya Anda tidak menggunakan pembalut yang mengandung pewangi tambahan. Untuk wanita yang kulitnya sensitif, pembalut dengan pewangi tambahan ini bisa saja membuat kulit iritasi.
  • Periksa tanggal kedaluwarsa produk pembalut tersebut. Jangan sampai Anda membeli produk yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa.

Artikel lainnya: Cara Mencegah Infeksi Akibat Pembalut

Cara Menggunakan Pembalut yang Benar

Setelah mengetahui fakta-fakta di atas, Anda juga perlu tahu cara pemakaian pembalut wanita yang benar. 

  • Pilih pembalut yang sesuai dengan kebutuhan. Misal, Anda bisa membeli pembalut yang lebih tebal dan bersayap untuk haid hari pertama.
  • Sebelum menggunakan pembalut, bersihkan vagina terlebih dulu dengan air lalu keringkan.
  • Rekatkan pembalut pada celana dalam. Jika menggunakan pembalut bersayap, pastikan untuk merekatkan sayap pada bagian luar celana dalam.
  • Gantilah pembalut setiap beberapa jam sekali, terutama ketika darah sedang deras-derasnya. 
  • Buanglah pembalut pada tempat sampah setelah selesai digunakan. 

Demikian beberapa fakta tentang pembalut wanita yang perlu Anda tahu. Pilihlah pembalut yang baik untuk kesehatan dengan memperhatikan tips yang telah dijelaskan. Ingat, apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, tidak disarankan untuk menggunakan pembalut dengan pewangi tambahan karena dapat berisiko iritasi.  

Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai kesehatan organ intim wanita, jangan sungkan untuk langsung bertanya kepada tim dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. 

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar