Sukses

Ibu Hamil Boleh Makan Es Krim?

Hampir tidak ada orang yang bisa menolak kenikmatan mengonsumsi es krim. Lalu bolehkah ibu hamil makan es krim?

Klikdokter.com, Jakarta Es krim biasanya terbuat dari produk susu dengan tambahan bahan-bahan lain seperti kacang-kacangan, keping cokelat atau potongan-potongan buah. Makanan manis ini biasanya dinikmati sebagai camilan atau makanan pencuci mulut. Tetapi pertanyaan yang umum diajukan adalah bolehkah ibu hamil makan es krim? Jawabannya adalah boleh.

Menurut dr. Fiona Amelia dari Klikdokter, seorang wanita hamil dapat mengonsumsi es krim, asalkan porsinya dibatasi. “Itu karena kandungan gula yang tinggi pada es krim dapat menyebabkan bertambahnya berat badan pada janin. Meski demikian, selama dikonsumsi dalam batas wajar, tentu tidak akan menimbulkan masalah,” kata dr.Fiona.

Selain faktor jumlah, ibu hamil juga harus memperhatikan faktor kebersihan, riwayat alergi, dan masalah medis yang berkaitan dengan kemungkinan terkena flu, diabetes, dan obesitas.  

Nutrisi dalam es krim

Meskipun nustrisinya jauh lebih sedikit dibanding bahan makanan lain, es krim mengandung pasokan nutrisi esensial yang diperlukan ibu hamil, seperti kalsium, vitamin, dan mineral.

Sebanyak 100 gram es krim vanila, misalnya, mengandung lemak 47 persen, dimana 70 persennya adalah lemak jenuh; serta hampir 42 persen karbohidrat dan sekitar 6-7 persen protein. Setiap 100 gram es krim dapat menyumbang 207 kalori untuk tubuh Anda.

Selain itu, es krim juga menyediakan beragam vitamin seperti vitamin A dan vitamin B12 dalam jumlah sedang. Tubuh mendapatkan sekitar 20 persen RDA fosfor dan 17 persen kalsium esensial dalam setiap 100 gram es krim. Dua kandungan ini penting bagi kesehatan tulang, sendi, dan fungsi jantung.

Kini Anda juga punya pilihan mengonsumsi versi es krim yang lebih sehat, yakni es krim rendah lemak, bebas gula, dan berbasis yoghurt.

Jumlah maksimal makan es krim per hari untuk ibu hamil

Jika Anda penggemar es krim, konsumsilah dalam porsi yang wajar. Hal ini juga berlaku bagi ibu hamil. Es krim yang mengandung tinggi lemak dapat menurunkan suhu tubuh ibu hamil. Mengonsumsi terlalu banyak es krim dapat menghambat metabolisme tubuh dan mengganggu sistem pencernaan.

Berlebihan mengonsumsi es krim, ibu hamil berisiko mengalami beberapa kondisi di bawah ini:

  1. Infeksi

Anda dapat terpapar bakteri tertentu dari es krim, seperti listeria yang bisa hidup di suhu sangat rendah, yakni 4 derajat Celsius. Infeksi yang dialami ibu selama kehamilan dapat memengaruhi pertumbuhan plasenta, cairan amnion, dan menyebabkan infeksi kongenital saat kelahiran. Akibatnya, bayi bisa lahir prematur atau ibu hamil bisa mengalami keguguran.

  1. Penambahan berat badan

Kandungan kalori yang tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan berlebih pada ibu hamil, yang pada akhirnya dapat menyebabkan komplikasi saat kelahiran.

  1. Risiko diabetes gestasional

Es krim mengandung gula dalam jumlah tinggi. Hal ini dapat memengaruhi Anda untuk kemungkinan terkena diabetes gestasional, yakni tingginya kadar gula darah saat kehamilan.

  1. Sinus dan infeksi saluran pernapasan pada ibu

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh ibu ditekan. Mengonsumsi terlalu banyak es krim bisa meningkatkan risiko masalah sinus dan infeksi saluran pernapasan.

Berdasarkan uraian di atas, ibu hamil boleh saja mengonsumsi es krim. Namun untuk menghindari beberapa kondisi di atas, batasilah porsi es krim dari jumlah yang biasa Anda konsumsi. Jika ibu hamil ingin mengonsumsi es krim ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kebersihan es krim, kandungan gula, serta tanggal kedaluwarsa produk. Hal ini juga perlu dilakukan untuk menghindarkan ibu hamil dari masalah kesehatan. Baca juga artikel ini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar