Sukses

Bolehkah Ibu Hamil Makan Es Krim?

Hampir tidak ada orang yang bisa menolak kenikmatan mengonsumsi es krim. Namun, apa boleh ibu hamil makan es krim?

Kehamilan merupakan momen seorang wanita sering mengalami ngidam terhadap makanan tertentu. Selain itu, makan dalam porsi lebih banyak dari biasanya dengan alasan untuk calon bayi, menjadi “senjata” ibu hamil untuk makan apa pun tanpa terkontrol.

Sayangnya, tidak semua makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil baik untuk kesehatan ibu dan calon bayi, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu makanan yang sering difavoritkan saat ngidam adalah es krim. Bolehkah ibu hamil makan es krim?

Nutrisi dalam Es Krim

Meskipun nustrisinya jauh lebih sedikit dibanding bahan makanan lain, es krim mengandung nutrisi esensial yang diperlukan ibu hamil, seperti kalsium, vitamin, dan mineral.

Es krim menyediakan beragam vitamin seperti vitamin A dan vitamin B12 dalam jumlah sedang. Tubuh mendapatkan sekitar 20 persen RDA fosfor dan 17 persen kalsium esensial dalam setiap 100 gram es krim. Dua kandungan ini penting bagi kesehatan tulang, sendi, dan fungsi jantung.

Artikel Lainnya: Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Makanan Pedas?

Karena kandungan nutrisi dalam es krim diperlukan ibu hamil, lalu bolehkah ibu hamil makan es krim?

1 dari 3 halaman

Ibu Hamil Makan Es Krim, Bolehkah?

Es krim terbuat dari campuran produk olahan susu (susu, krim), gula, dan telur (tidak selalu) yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Sebagai perasa, es krim biasanya ditambahkan buah atau perasa tertentu. Aman atau tidaknya es krim dikonsumsi oleh ibu hamil bergantung dari komposisinya dan jumlah es krim yang dikonsumsi.

Jika menggunakan bahan dasar susu dan telur, pastikan produk yang digunakan sudah dipasteurisasi untuk menghilangkan risiko kontaminasi bakteri. Selain itu, pastikan juga proses pengolahan es krim tersebut higienis untuk menghindari risiko infeksi.

Ibu hamil yang memiliki riwayat alergi makanan perlu berhati-hati. Pasalnya, sebagian es krim menggunakan bahan yang sering memicu reaksi alergi, antara lain produk olahan susu, telur, atau tambahan lain seperti kacang dan cokelat.

Artikel Lainnya: Ibu Hamil Malas Makan, Apa Pengaruhnya pada Janin?

Jika Anda memiliki riwayat alergi akan bahan makanan tersebut, sebaiknya hindari makan es krim terutama saat sedang hamil.

2 dari 3 halaman

Risiko Makan Es Krim Berlebihan

Jika Anda penggemar es krim, konsumsilah dalam porsi yang wajar. Hal ini juga berlaku bagi ibu hamil. Es krim yang mengandung tinggi lemak dapat menurunkan suhu tubuh ibu hamil. Mengonsumsi terlalu banyak es krim juga bisa menghambat metabolisme tubuh dan mengganggu sistem pencernaan.

Apabila ibu hamil makan es krim dalam jumlah yang berlebihan, maka dapat meningkatkan berbagai risiko berikut:

1. Obesitas

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Appetite, disebutkan bahwa ngidam makanan manis seperti es krim sering dialami oleh ibu hamil. Mengingat kalorinya yang tinggi, sebaiknya batasi konsumsi es krim saat hamil.

Berdasarkan kandungannya, menurut the United States Department of Agriculture, dalam 100 gram es krim dapat terdiri atas setidaknya 200 kalori, 2,8 g protein, 24,29 g karbohidrat, 22,86 g gula, 114 mg kalsium, 43 mg sodium, dan 429 IU vitamin A.

Artikel Lainnya: Ibu Hamil Hobi Makanan Berlemak, Ini Akibatnya pada Janin

Makan es krim secara berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas karena kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi di dalamnya. Ibu hamil yang obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes pada kehamilan dan bahkan diabetes pada calon bayi.

2. Infeksi

Bahaya makan es krim saat hamil lainnya, yaitu dapat meningkatkan risiko infeksi. Ibu hamil rentan mengalami infeksi. Ketika Anda mengonsumsi es krim yang mengandung telur mentah dan susu yang tidak terpasteurisasi, Anda akan berisiko mengalami infeksi berbahaya, seperti listeriosis dan toksoplasmosis.

3. Diabetes Gestasional

Es krim mengandung jumlah gula yang tinggi. Apabila mengonsumsinya dalam porsi yang tidak sedikit saat hamil, maka dapat meningkatkan kemungkinan terkena diabetes gestasional, yakni tingginya kadar gula darah saat kehamilan.

4. Sinus dan Infeksi Pernapasan pada Ibu

Sinus dan infeksi pernapasan menjadi salah satu bahaya makan es krim saat hamil. Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh ibu ditekan. Mengonsumsi terlalu banyak es krim bisa meningkatkan risiko masalah sinus dan infeksi saluran pernapasan.

Makan es krim saat hamil boleh-boleh saja. Namun, batasi konsumsinya agar tidak berlebihan. Berikut beberapa tipsnya:

  • Dibandingkan es krim, yoghurt beku dapat menjadi alternatif yang lebih sehat karena kandungan kalori, karbohidrat, dan lemak yang lebih rendah.
  • Hindari menambahkan topping tertentu, seperti cokelat keping atau kacang pada es krim karena dapat menambah kalori yang masuk.
  • Pastikan es krim yang dikonsumsi higienis dan tidak menggunakan telur mentah dalam proses pembuatannya. Hindari juga es krim yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi.
  • Pilihlah es krim dari merek yang sudah terjamin dan memiliki reputasi produk yang baik.

Makan es krim saat hamil boleh saja dilakukan, namun perhatikan komposisi bahan dari es krim tersebut. Hindari juga mengonsumsi es krim secara berlebihan agar terhindar dari obesitas dan diabetes pada kehamilan.

Bagi Anda yang memiliki pertanyaan seputar kesehatan ibu hamil lainnya, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter melalui layanan Live Chat di KlikDokter. Semoga bermanfaat!

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar